Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Film Layar Lebar dengan Wardrobe Paling Ikonis Sepanjang Masa

Berikut adalah deretan film paling stylish yang telah menjadi ikon mode kurasi Bazaar.

10 Film Layar Lebar dengan Wardrobe Paling Ikonis Sepanjang Masa

Dengan lahirnya film-film Hollywood klasik, maka hadir pula deretan busana yang juga berhasil melekat dalam ingatan, menciptakan tren di era tersebut, dan bahkan memengaruhi lemari pakaian Anda atau kalau boleh diterjemahkan secara sederhana berubah menjadi busana ikonis. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Bazaar rangkumkan 10 film dengan deretan penampilan wardrobe fantastis yang awalnya hanya sekadar menjadi busana favorit penggemar namun kemudian berubah statusnya menjadi sebuah ikon.

1. Breakfast at Tiffany’s (1961)

Masih ingat bagaimana fantastisnya penampilan Audrey Hepburn yang tampil dalam balutan little black dress rancangan desainer Hubert de Givenchy? Menjadi salah satu penampilan paling ikonis dalam sepanjang sejarah perfilman, gaun dengan bahan satin tersebut kemudian disandingkan bersama dengan aksesori berupa kalung mutiara karya Tiffany, headpiece yang bertahta di rambutnya, serta sepasang sarung tangan membuat penampilan karakter Holly Golightly menjadi semakin sempurna.

2. Grease (1978)

Kisah cinta anak SMA, Danny (John Travolta) dan Sandy (Olivia Newton-John) dengan deretan busana modis mulai dari off-shoulder bodysuit dan legging ketat, poodle skirt, customised leather jacket, tentu ada begitu banyak momen mode, namun satu tampilan paling tak dapat dilupakan yaitu ketika Sandy mengenakan spaghetti strap dress kuning ketika menari tarian hand jive yang sejujurnya masih kita kenakan hingga hari ini.

3. Clueless (1995)

Tak dapat dipungkiri Clueless menjadi salah satu film yang paling tepat untuk merepresentasikan kejayaan dunia mode di era tahun ‘90-an yang akhirnya juga berhasil menginspirasi beberapa tren terbesar dekade ini seperti celana baggy, rok mini, slip dress, dan kaus kaki di atas lutut. Mari bertaruh, siapa yang tak mau jika diberi kesempatan untuk bisa memiliki lemari pakaian Cher?

4. Titanic (1997)

Tak dapat dipungkiri dari sekian banyak penampilan busana Rose (Kate Winslet), gaun malam dengan detail manik-manik adalah yang paling memesona dan memukau. Kesuksesan film ini tentu hanyalah salah satu alasan lain mengapa gaun ini menjadi ikon.

5. Legally Blonde (2001)

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Elle Woods? Tentu warna pink bukan? Ya, berkat penampilannya yang selalu eksentrik. Elle (Reese Whiterspoon) hadir untuk mengingatkan Anda bahwa warna pink selalu sempurna untuk dikenakan segala kesempatan, entah untuk dikenakan dalam rekaman audisi Harvard atau ketika akhirnya ia sudah masuk beraksi di ruang pengadilan. Apapun acaranya, pink is always right!

6. Marie Antoinette (2006)

Jauh sebelum demam Bridgerton hadir, jangan lupakan film karya Sofia Coppola, Marie Antoinette yang mengangkat kisah mengenai Ratu Prancis terakhir sebelum berakhirnya masa monarki di tahun 1793. Menghabiskan biaya jutaan dolar hanya untuk menciptakan deretan kostum mewah, maka tak heran film yang dibintangi oleh Kirsten Dunst ini berhasil membawa pulang penghargaan Best Costume Design di ajang Academy Award.

7. The Devil Wears Prada (2006)

Siapa yang tak setuju bahwa melihat perjalanan transisi penampilan Andrea Sachs dari seorang anti-mode menjadi salah satu orang paling modis di Runway Magazine membawa kepuasan tersendiri bagi Anda? Dari Chanel, Fendi, hingga (tentu saja) Prada, The Devil Wears Prada tentu adalah suatu kewajiban bagi Anda yang mengaku sebagai pencinta mode garis keras.

8. Sex and the City (2008)

Tak hanya sukses dengan serialnya yang tayang dari tahun 1998-2004, ketika akhirnya keempat wanita yang hidup di kita metropolitan ini akhirnya kembali lagi untuk kedua (dan bahkan ketiga) kalinya lewat film layar lebar dengan judul yang sama, deretan penampilan busana mereka yang begitu stylish dan sangat “New York” pun lagi-lagi tak berhasil mengecewakan para penonton setianya. 

9. The Great Gatsby (2013)

Seperti film Marie Antoinette yang berhasil membawa pulang penghargaan Best Costume Design di ajang Academy Award, kesuksesan yang serupa juga berhasil diraih oleh film rilisan tahun 2013 yang menampilkan deretan aktor dan aktris besar Hollywood mulai dari Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan, hingga Tobey Maguire dengan judul The Great Gatsby. Menciptakan kembali gaya mode yang penuh glamor dan ekstra dari era tahun ‘20-an.

10. Crazy Rich Asians (2018)

Tak afdal memang rasanya jika film dengan judul “Crazy Rich Asians” tak didukung dengan deretan busana dari label mode besar dunia (dan juga Asia). Mulai dari gaun pesta tulle bergaya Cinderella yang dikenakan oleh Rachel Chu (Constance Wu), hingga drop-waist dress berwarna pink muda dengan detail kerah model high shawl rancangan Christian Dior yang dikenakan oleh sepupu Nick, Astrid (Gemma Chan), membahas deretan busana dari film hasil adaptasi novel karya Kevin Kwan memang tak ada habisnya. Oh, dan jangan lupakan juga koleksi lemari pakaian Peik Lin!

(Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of IMDb)