Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Billy Porter Ungkap Bahwa Dirinya Telah Menderita HIV selama 14 Tahun Terakhir

"Saya telah hidup dengan rasa malu itu dalam keheningan."

Billy Porter Ungkap Bahwa Dirinya Telah Menderita HIV selama 14 Tahun Terakhir

Billy Porter telah mengungkapkan bahwa ia telah hidup dengan HIV "dalam diam" selama 14 tahun terakhir.

Ini adalah pertama kalinya sang bintang berbicara tentang penyakitnya sejak didiagnosis pada tahun 2007 silam.

Berbicara kepada sebuah media besar, Billy menjelaskan apa artinya memerankan karakter yang juga menderita HIV di serial televisi Pose.

"Yah, saya hidup agar bisa menceritakan kisahnya," ungkapnya. "Ada seluruh generasi yang hidup di sini, dan saya berdiri di atas bahu mereka."

Konten ini diimpor dari Instagram. Anda mungkin dapat menemukan konten yang sama dalam format lain, atau Anda mungkin dapat menemukan informasi lebih lanjut, di situs web mereka.

(Foto: Courtesy of Instagram @theebillyporter)

"Rasa malu saat itu telah [terakumulasi] dalam hidup saya dan berhasil membungkam saya, dan saya telah hidup dengan rasa malu itu dan dalam keheningan selama 14 tahun terakhir," ceritanya, menjelaskan bahwa ia didiagnosis menderita HIV selama masa sulit kehidupannya. tepatnya secara bersamaan ketika ia juga mengetahui menderita diabetes tipe 2 dan harus menandatangani surat-surat kebangkrutan.

“Mengetahui saya positif HIV, dari tempat saya berasal dan tumbuh di gereja Pantekosta dengan keluarga yang sangat religius, adalah hukuman Tuhan.”

Merasa malu, Billy merahasiakan diagnosisnya dari banyak orang termasuk ibunya sendiri.

"Saya mencoba untuk membangun kehidupan dan karier, namun saya selalu takut kalau-kalau rahasia gelap ini diketahui oleh orang-orang," jelas Billy. "Itu hanya akan menjadi cara lain bagi orang untuk mendiskriminasi saya dalam profesi saya yang sudah diskriminatif."

Setelah setahun menghabiskan waktu untuk merenung selama pandemi, dan memerankan karakter Pray Tell dalam serial Pose yang juga berjuang dengan diagnosis HIV-positifnya sendiri, Billy akhirnya memutuskan sudah waktunya untuk menceritakan kisahnya sendiri.

Ia menggambarkan peran itu sebagai "kesempatan untuk mengatasi rasa malu [HIV]. Dan kecemerlangan Pray Tell dan kesempatan ini adalah bahwa saya dapat mengatakan semua yang ingin saya katakan selama ini lewat karakter Pray Tell."

Setelah memberi tahu ibunya, ia berkata: "Anda telah menyimpan ini selama 14 tahun? Jangan pernah melakukan ini lagi. Saya ibumu, saya mencintaimu apa pun yang terjadi. Dan walaupun saya tahu saya tidak mengerti bagaimana caranya untuk menyimpan hal ini sejak awal, tapi sekarang sudah puluhan tahun."

Billy menikah dengan suaminya Adam Smith tiga tahun lalu dan sekarang mereka mencoba untuk memulai keluarga sendiri.

"Saya yang paling sehat sepanjang hidupku," cerita Billy. "Jadi inilah saatnya untuk melepaskan semua itu dan menceritakan kisah yang berbeda. Tidak ada lagi stigma - mari kita patahkan hal itu."

(Penulis:Jessica Davis; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)