Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rossa Bagikan Trik untuk Memiliki Tabungan Terutama untuk "Menyelamatkan" Diri di Masa Darurat

"Belajarlah sebanyak-banyaknya dan pasti kita akan selamat nantinya," ungkap Rossa.

Rossa Bagikan Trik untuk Memiliki Tabungan Terutama untuk
(Foto: Courtesy of Instagram @itsrossa910)

Di episode terbaru dari seri Brunch with Dave Hendrik, kali ini Dave kembali kedatangan salah satu sosok diva Indonesia, Rossa, yang tak hanya dikenal dengan suaranya yang merdu, kepribadiannya yang selalu ceria namun juga memiliki segudang bisnis selain fokus di dunia tarik suara. Berbincang-bincang seputar tema "Rencana masa depan dan eksplorasi bisnis", di tengah-tengah perbincangan Dave pun sempat bertanya mengenai cara yang dapat Rossa bagikan untuk dapat menjaga serta mempertahankan uang yang dimiliki terutama ketika melewati masa kritis dan darurat seperti masa pandemi ini.

“Waktu pandemi baru mulai teman-teman para pekerja seni kita merasa yang paling cukup terdampak ya Ca ya dengan sepinya pekerjaan, off-air, tidak ada yang manggil manggung, sementara safety net juga tidak terbiasa dibangun, apa yang bisa Ocha katakan untuk para pekerja seni yang baru mulai supaya tidak melakukan kesalahan yang sama yang dilakukan oleh teman-teman kita ini?” tanya Dave.

Menyimak pertanyaan yang dilontarkan oleh Dave, Ocha pun spontan setuju dengan pernyataan Dave mengenai tak sedikit orang yang tak memiliki dana cadangan ketika musibah menerpa kehidupan. “Benar, sebetulnya kesalahan ini bukan hanya terjadi pada penyanyi atau pekerja seni tapi kesalahan dari kita itu adalah kita tak punya tabungan. Tidak terbiasa dengan tabungan, padahal kita tidak pernah tahu kapan kita akan memakai tabungan itu kan. Kalau aku memang terbiasa setiap bulan ada saja yang ditabungkan. Maksudnya jangan mikir berapa, harus besar atau harus kecil, tetapi tabungan itu justru yang akan menyelamatkan kita ketika membutuhkan. Jadi misalnya kita punya gaji satu juta saja, satu juta sedikitnya dua ratus ribu saja ditabungkan. Kalau misalnya ada orang bilang ‘Wah, tidak cukup uangnya untuk kebutuhan sehari-hari’, berarti harus cari pekerjaan sampingan tambahan sehingga tetap masih bisa menabung. Jadi tetap wajib karena kita tidak pernah tahu kan seperti pandemi ini bertahun-tahun kejadiannya dan pasti tabungan kita sudah semakin menipis tapi untunglah masih ada tabungan, masih bisa hidup, dan menolong orang lain lagi kalau bisa.

Nah, lalu kalau misalnya sekarang sudah tidak ada tabungan atau kalau misalnya tabungannya memang sudah habis, berarti kita harus memutar otak bagaimana caranya mencari kerja lain yang bisa menghasilkan juga. Kan sekarang pada pintar-pintar nih yang di rumah banyak yang langsung bikin home industry, yang sudah berhenti dari perusahaan karena perusahaannya juga sudah tidak lagi berjalan dengan baik, mereka membuat  home industry seperti masak, membuat rangkaian bunga lalu dijual, membuat parsel kemarin, dan keterampilan-keterampilan itulah yang menyelamatkan kita. Jadi kalau menurut aku kalau kita belajar nih belajar sesuatu, ilmu itu tidak akan pernah memberatkan kita. Jadi belajarlah sebanyak-banyaknya pasti selamat nantinya,” bagi Rossa. 

Nantikan video perbincangan lengkap Dave Hendrik bersama dengan Rossa dalam episode Brunch with Dave Hendrik yang akan tayang segera di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia.

Baca juga:

Rossa Berbagi Resep Awet Muda

(Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia, @itsrossa910)