Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Metode Terbaik untuk Menghilangkan Bulu Rambut di Wajah Menurut Para Ahli

Panduan dari para ahli untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan cara yang aman.

10 Metode Terbaik untuk Menghilangkan Bulu Rambut di Wajah Menurut Para Ahli

Anda tentu pernah mendengar tentang waxing dan tweezing — tetapi sebenarnya ada lebih dari sepuluh cara yang telah disetujui para ahli untuk menghilangkan bulu wajah yang tidak diinginkan. Semua metode di bawah ini memiliki satu kesamaan: yaitu dilakukan dengan cara yang lembut, ini tentu menjadi pertimbangan yang penting ketika ingin menghilangkan rambut di wajah karena mengingat kulit wajah memiliki tekstur yang lembut dan mudah iritasi. Dari membentuk alis hingga menghilangkan kumis, berikut adalah panduan komprehensif tentang semua cara menghilangkan bulu wajah.

WAXING

Waxing melibatkan (Anda tentu sudah dapat menebaknya) lilin atau wax untuk menghilangkan rambut di tubuh Anda. Gina Petak selaku manajer pendidikan di European Wax Center, menjelaskan bahwa produk akan melekat pada rambut dan mengangkat hingga ke akarnya. Ini membantu menghindari rambut kasar dan membantu menjaga kulit lebih halus dan lebih lama tumbuh. Lilin biasanya terbuat dari madu atau bahan ramah kulit lainnya.

 
Treat Ingrow Hair Wipes
12,50 dolar (178.750 rupiah)

Spesialis waxing pertama-tama akan mempersiapkan kulit dengan membersihkan riasan, minyak, atau losion yang dapat mencegah wax menjamah rambut dengan benar. Kemudian lilin keras akan dioleskan ke area yang diinginkan. Saat dingin, lilin akan mengeras dan terkelupas dengan lembut. Spesialis kemudian akan membantu menenangkan kulit yang di-wax dengan mengaplikasikan losion atau minyak. Dan proses ini tidak akan memakan waktu lebih dari 15 menit.

Gina juga mengatakan bahwa metode waxing dapat menekan kemungkunan iritasi seminimal mungkin jika dilakukan oleh profesional berlisensi dan bahwa rasa sakit tergantung pada tingkat ketidaknyamanan Anda. Sebelum janji temu, Gina merekomendasikan untuk Anda memastikan terlebih dahulu panjang rambut setidaknya ¼ inci agar produk wax dapat menempel di atasnya. Ia juga merekomendasikan untuk tidak mencukur setidaknya dua minggu sebelum janji temu. Anda juga perlu melakukan eksfoliasi sehari sebelumnya (dan minggu-minggu berikutnya) untuk mengangkat sel kulit mati dan menghasilkan wax yang lebih halus.

Perawatan pasca tindakan juga turut melibatkan menghindari aktivitas tertentu seperti berenang atau berolahraga dan menggunakan scrub yang kasar untuk menghindari iritasi kulit.

Meskipun Anda dapat melakukan waxing di rumah dengan peralatan waxing  rumahan, Gina memperingatkan bahwa margin kesalahan akan meningkat dan Anda mungkin perlu mempersiapkan diri untuk rambut yang tumbuh ke dalam, rusak, dan iritasi kulit.

SUGARING

Mirip dengan waxing, sugaring adalah metode pengangkatan rambut menggunakan pasta — yang terbuat dari lemon, air, dan gula — yang dipanaskan hingga menghasilkan tekstur seperti gula untuk menghilangkan bulu tubuh dari akarnya. Courtney Rashidi, seorang ahli kecantikan berlisensi di Perfect Image, menjelaskan bahwa ada dua perbedaan utama di antara kedua metode.

Pertama, wax biasanya dioleskan ke arah pertumbuhan rambut dan kemudian mengangkatnya ke arah yang berlawanan, sedangkan sugaring melibatkan penempatan zat ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut dan dibuang ke arah yang sama dengan rambut tumbuh. Kedua, pasta gula tidak melekat pada kulit seperti halnya lilin, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi kulit atau kerusakan folikel rambut.


frank body Original Coffee Scrub
6,96 dolar (99.528 rupiah)

Aman untuk sebagian besar tipe kulit, sugaring dianggap sebagai versi waxing yang lebih lembut, meskipun seseorang mungkin tetap akan mengalami kemerahan, iritasi, atau gatal. Mereka yang memiliki kulit sensitif mungkin akan dapat mengalami benjolan atau ruam.

Untuk itu, Courtney merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi dan melembapkan kulit beberapa hari sebelum janji temu Anda sehingga perawatan dapat menghilangkan akar rambut dengan benar. Cobalah untuk rileks juga: para ahli mengatakan semakin tegang Anda selama proses tersebut, semakin menyakitkan rasanya. Jika Anda khawatir tentang rasa sakit, Courtney merekomendasikan untuk mengambil pereda nyeri (seperti Advil) satu jam sebelum janji temu Anda.

Perawatan pasca tindakan termasuk menghindari olahraga, losion beraroma, atau suhu panas selama 24 jam untuk mencegah iritasi. (Anda juga sebaiknya menghindari menyentuh area yang baru dilakukan perawatan). Anda dapat mengharapkan hasil untuk bertahan hingga sekitar tiga minggu sebelum rambut mulai tumbuh kembali.

THREADING

Threading adalah teknik penghilangan bulu alis kuno yang menggunakan benang untuk menarik dan menghilangkan rambut dengan cepat. Dua benang panjang dipelintir serempak untuk mencabut rambut dengan gerakan lebih cepat daripada mencabut.

Courtney mengatakan metode threading sangat ideal untuk mereka yang memiliki kulit sensitif atau rentan berjerawat karena kecepatan benang yang bergerak di sepanjang kulit dapat mengurangi kemungkinan iritasi dan rambut tumbuh ke dalam. Sebelum janji temu, ia merekomendasikan untuk melakukan tahap eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika ini pertama kalinya Anda melakukan threading, sensasinya bisa sedikit mengejutkan, Courtney memperingati, dan akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri.

Manfaat lain dari memilih metode threading adalah presisi. Berbeda dengan waxing, threading sebenarnya dapat mengangkat folikel rambut yang paling pendek sekalipun untuk memberi Anda tampilan yang mulus dan bersih. Hasil dari threading juga dapat bertahan hingga empat minggu kedepan.

DERMAPLANING

Dermaplaning adalah perawatan wajah yang mengikis lapisan atas kulit mati dan bulu halus untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah. Ini dapat dilakukan di spa oleh ahli kecantikan berlisensi dengan pisau bedah atau di rumah dengan perangkat dermaplaning. Dara Levy yang adalah pendiri Dermaflash, mengatakan melakukannya di rumah membutuhkan waktu kurang dari sepuluh menit.

Dermaflash Luxe Anti-Aging Dermaplaning Exfoliation Device
199.00 dolar (2.845.700 rupiah)

Pertama, Anda perlu mempersiapkan kulit dengan cara membersihkan untuk menghilangkan minyak berlebih. Dara mengatakan ini akan memungkinkan pengelupasan yang lebih dalam. Tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering dan persiapkan perangkat Anda (Dara merekomendasikan Dermaflash Luxe Anti-Aging Dermaplaning Exfoliation Device). Dengan tangan Anda yang satu lagi, pegang kulit Anda sementara tangan lainnya menggerakkan perangkat ke bawah wajah Anda dalam gerakan pendek yang lembut.

Anda dapat langsung mengoleskan serum, pelembap, atau sheet mask favorit Anda setelahnya, dan tampilan riasan juga akan terlihat lebih halus. Walaupun tak ada waktu pasti yang ditetapkan, tetapi Dara merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 24 jam sebelum menggunakan produk retinol untuk mencegah iritasi.

TWEEZING

Tweezing melibatkan penggunaan alat penjepit (pilihan pribadi kami adalah Slant Tweezer dari Tweezerman) untuk mencabut rambut dari permukaan. Meskipun mudah dilakukan, ada beberapa cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari metode ini. Courtney menganjurkan untuk memastikan kulit Anda bersih sehingga Anda bisa mendapatkan hasil terbaik pada setiap proses pencabutan rambut. Ia juga menyarankan untuk mensterilkan penjepit agar tidak memindahkan bakteri sekaligus mengurangi kemungkinan iritasi. Saat menggunakan pinset, ia mengatakan untuk menarik setiap rambut sedekat mungkin dengan kulit untuk memastikan bahwa seluruh akar folikel rambut terangkat. Jika Anda mencabut terlalu jauh dari kulit, katanya hal itu dapat menyebabkan kerusakan. Jika pinset Anda tumpul, Anda dapat mempertimbangkan untuk menajamkannya — atau pertimbangkan untuk membeli yang baru.

Tweezerman Slant Tweezer
23.00 dolat (328.900 rupiah)

COIL REMOVERS

Coil remover mungkin terlihat rumit tetapi sebenarnya cukup mudah digunakan. Anggap saja seperti perpaduan antara penjepit dan benang. Courtney mengatakan untuk menempatkan gelung di atas kulit Anda dan membengkokkannya menjadi bentuk "U" dengan mengambil kedua ujungnya dan menggulung pegangannya ke dalam saat Anda menggesernya ke kulit.

Bellabe Facial Hair Remover
17.99 dolar (257.257 rupiah)

Seperti halnya threading, ia merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi sebelum menggunakan coil remover untuk mengurangi kemungkinan rambut tumbuh ke dalam. Coil remover paling baik untuk rambut yang tumbuh di bibir atas, dagu, dan pipi namun bukan area alis.

KRIM PENGHILANG RAMBUT

Krim penghilang rambut (yang juga dikenal sebagai depilatori) bekerja dengan melarutkan rambut sampai ke akar, menurut Dr. Morgan Rabach, dokter kulit bersertifikat di LM Medical, Kota New York. Dr. Jeannette Graf, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, menambahkan bahwa kerusakan struktur protein pada helai rambut ini memungkinkan rambut mudah terkelupas saat krim diusap.

Namun Dr. Jeannette memperingatkan bahwa krim penghilang bulu dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi dermatologis yang merugikan berdasarkan jenis kulit dan merek yang Anda pilih. “Saya akan mencoba merek ternama seperti Nair dengan ulasan yang bagus terlebih dahulu, tetapi kemanjuran krim penghilang bulu sebenarnya sangat bergantung pada jenis kulit orang tersebut,” ungkapnya. Untuk itu ia merekomendasikan untuk melakukan uji terlebih dahulu di bagian lengan untuk melihat apakah muncul reaksi negatif, dan tunggu sekitar satu hari, lalu lanjutkan dan oleskan krim ke wajah Anda jika terasa aman.

Nair Hair Remover Moisturizing Face Cream
3.69 dolar (52.767 rupiah)

KRIM RESEP

Satu-satunya krim resep untuk menghilangkan rambut yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) adalah Vaniqa (eflornithine). Dr. Morgan menjelaskan bahwa krim ini dapat menghentikan pertumbuhan rambut pada tahap awal produksinya. Ia juga mengatakan bahwa krim hanya bekerja jika Anda terus menggunakannya. “Kalau tidak, rambut akan tumbuh kembali,” ungkapnya.

Dr. Morgan  mengatakan Vaniqa adalah untuk orang-orang dengan kulit yang sangat sensitif dan sebagian besar memenuhi kebutuhan individu (seperti jika Anda memiliki rambut kasar). Sebaliknya, krim penghilang bulu yang dijual bebas lebih umum dan "satu jenis cocok untuk semua".

LASER

Laser adalah pilihan populer untuk menghilangkan rambut. “Energi yang berasal dari laser akan diserap oleh folikel rambut yang kemudian menghancurkan dan mematikan pertumbuhan rambut,” papar Dr. Morgan. “Metode ini juga akan mencegah rambut di masa depan untuk tumbuh di lokasi itu.” Ia kemudian menambahkan bahwa siklus rambut wajah lebih pendek daripada rambut tubuh, jadi perawatan berarti datang setiap empat minggu, bukan setiap delapan minggu.

Mereka yang memiliki kulit lebih gelap sebaiknya hanya pergi ke klinik laser dengan perangkat yang memberikan frekuensi panjang gelombang yang tepat untuk warna kulit mereka. Dr. Morgan juga merekomendasikan tidak menggunakan produk retinol, exfoliant, atau tanning / melakukan sesi berjemur matahari seminggu sebelum janji temu Anda. Kenakan tabir surya setelah janji temu Anda (dan selalu).

ELECTROLISIS

Jika Anda mencari solusi penghilangan rambut yang lebih permanen, ada elektrolisis. Elektrolisis mengirimkan arus listrik melalui folikel untuk mengangkat rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut baru. “Banyak orang menyukai metode elektrolisis karena ini adalah perawatan permanen yang dapat menargetkan area sensitif dengan aman,” bagi Dr. Jeannette.

Elektrolisis adalah proses panjang yang membutuhkan banyak komitmen. Dr. Jeannette mengatakan sesi bulanan dapat berlangsung dari 15 menit hingga satu jam, dan Anda mungkin harus melakukannya setidaknya 10 hingga 30 kali, tergantung pada ukuran dan jumlah rambut Anda.

(Penulis: Audrey Noble; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)