Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mari Mendekorasi Rumah di Hari Idulfitri untuk Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Tidak perlu pergi keluar rumah, penataan ruang keluarga yang memanjakan mata akan membuat suasana intim dengan yang tersayang tak terlupakan.

Mari Mendekorasi Rumah di Hari Idulfitri untuk Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Hari Idulfitri kembali menghampiri, setelah melaksanakan ibadah berpuasa akhirnya kita semua mendekati hari penuh kemenangan yang perlu dirayakan bersama orang terkasih. Saat ini memang kondisi untuk bepergian ke kampung halaman belum dapat dilakukan dengan bebas laksana adanya pandemi. Namun hal itu tak menghalangi, untuk bersilaturahmi dengan orang tersayang baik secara langsung atau lewat fitur teknologi yang saat ini mudah diakses.

Maka itu, dibutuhkan nuansa backdrop untuk melakukan video call atau saling bertukar foto keluarga yang indah dan mendukung momen Idulfitri yang penuh kehangatan. Rencanakan dekorasi ruangan keluarga dengan memilih sudut spesial di dalam rumah dan menyulapnya menjadi tempat instagrammable tanpa repot bepergian keluar rumah. Berikut tips dekorasi sudut ruang untuk hari Idulfitri kali ini.

1. Variasi Bantal

Injeksikan tekstur dan permainan motif bernapas Moroko ke dalam ruang keluarga, lewat peletakkan bantal hias yang disejajarkan bersama-sama. Pilih sarung bantal dengan motif variatif dan warna berani untuk metode tabrak motif yang menghidupkan suasana ruangan.

2. Strategi Tempat Duduk

Bagi Anda dengan anggota keluarga yang berjumlah banyak, atur posisi ruang keluarga dengan menambahkan tempat duduk untuk mengakomodir seluruh keluarga. Tata ruangan dengan mensejajarkan beberapa coffee table secara selaras untuk meletakkan berbagai camilan keluarga dan minuman yang ditata dengan cantik serta tambahan ottoman untuk tambahan ruang duduk. Untuk aksentuasi yang mengelevasi keseluruhan ruangan,
selain menggantung chandelier yang sudah ada. Tambahkan meja bulat sebagai centerpiece yang diisi flower arrangement yang indah serta lilin-lilin dengan holder bersepuh emas yang mewah.

3. Permainan Ilustrasi

Sulap ruang keluarga menjadi lebih artistik dengan membuat kursi dengan lapisan upholstery berupa ilustrasi legenda Timur Tengah. Diisi oleh warna-warna yang menciptakan nuansa segar dan distingtif, pemilihan upholstery yang penuh cita rasa seni tentu akan melekat dalam ingatan siapa pun yang melihatnya.

4. Rupa Cermin

Kumpulkan beberapa cermin dengan bingkai mozaik atau dengan semburat warna-warni yang terdiri dari beberapa bentuk sekaligus. Lalu, pajang seluruhnya di sebuah sudut pada ruangan. Memajangnya di belakang sofa utama tentu sangat ideal sebagai backdrop foto keluarga di Idulfitri kali ini yang akan mengundang decak kagum.

5. Infusi Hijau

Tak ada yang lebih menyenangkan dari menghabiskan waktu berbincang bersama saudara terdekat di ruang semi outdoor yang ada di rumah. Tata bagian tersebut dengan kursi dan bantal yang nyaman untuk bersandar serta tambahan karpet Pakistan dengan bordir yang menawan. Lalu, injeksikan warna hijau dengan menyusun tanaman-tanaman kesayangan di antara tempat duduk yang akan indah dipandang mata dan menambah kesan teduh.

6. Ornamen Poster

Ciptakan komposisi yang berbeda pada tembok di ruang keluarga tanpa harus mengorbankan banyak usaha. Anda bisa mengubah suasana di ruang keluarga yang lama hanya dengan mengumpulkan ragam poster yang dibingkai lalu digantungkan bersama-sama. Maka, ruang keluarga dan tamu Anda seketika tampak seperti baru. Lalu atur coffee table di ruangan dengan susunan buku-buku coffee table book yang berbeda dengan buku-buku yang berhubungan dengan Timur Tengah atau sejarah Muslim dunia.

7. Imbuhan Pernak Pernik

Saat Idul Fitri, kue kering adalah hal yang ditunggu-tunggu. Alih-alih menggunakan toples pada umumnya, pindahkan isi kue kering ke dalam kotak-kotak penyimpanan transparan dengan siluet minimalis yang menciptakan kesan clean. Lalu, susun pernak pernik seperti pot kecil, patung kecil, atau lainnya di atas kotak tersebut. Ciptakan komposisi besar, sedang, kecil, yang akan membuat keseluruhan setting terlihat dinamis.

(FOTO: Courtesy of Instagram.com/@casa.tosca, @the.styling.duo, @yasmininteriors, @asmaturki_home, @enaa.sa, @eva interiors)