Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Inspirasi #OOTD dengan Hijab yang Bisa Anda Tiru Sekarang

Ada banyak cara untuk memadukan busana dengan hijab dan ada banyak jenis hijab yang berfungsi untuk memaksimalkan tampilan.

5 Inspirasi #OOTD dengan Hijab yang Bisa Anda Tiru Sekarang

Tak terasa saat ini kita semua sudah berada di tengah bulan ramadhan dan sebentar lagi akan merayakan hari raya Idulfitri yang sangat kita tunggu-tunggu.

Meski mungkin tahun ini semuanya terasa berbeda dikarenakan kondisi pandemi yang tak memungkinkan kita semua untuk bersilaturahmi secara langsung, namun tak ada salahnya untuk tetap berpakaian rapi dan menyambut bulan ramadhan mengenakan busana muslim yang stylish.

Berikut Bazaar kumpulkan beberapa inspirasi untuk bergaya dengan hijab seperti para sosok di bawah ini untuk segala kesempatan dan saat berkumpul bersama keluarga inti di rumah.


1. Casual


Ketika membahas modest wear tentu trik aplikasi layering adalah salah satu trik padu padan yang dapat diandalkan. Dengan aplikasi layering busana bernapas kasual maupun tipe pakaian yang terlalu terbuka semua bisa dikenakan dan diubah menjadi modest wear. Salah satu inspirasi berbusana muslim yang kasual dengan injeksi aksentuasi yang quirky datang dari penampilan Ayudia Bing Slamet. Upaya sang aktris untuk menggabungkan atasan cropped top tanpa lengan dengan kemeja putih bersiluet longgar merupakan alternatif yang sempurna saat menginjeksi busana dengan potongan ketat atau sedikit terbuka ke dalam tampilan modest.


2. Resort Look


Nyatanya saat mengenakan hijab tak menjadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk menyusun sebuah ansambel bergaya resort yang rileks dan ringan. Coba trik yang dilakukan oleh Allyssa Hawadi Soeleman saat berkunjung ke Pulau Dewata, yang mana dirinya memadankan atasan cardigan dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat bersama rok ala gypsy yang bersiluet longgar dan cukup ringan untuk mengikuti setiap derap langkah. Ia pun kemudian mengenakan strappy sandals dan aksesori tas bahan rotan sebagai komplementer tampilan resort wear miliknya saat itu.


3. Garden Feels


Inspirasi berikutnya datang dari Tantri Namira yang tampilannya di foto tersebut dapat dijadikan panduan bergaya dengan hijab saat akan menghadiri sebuah perayaan, pernikahan, maupun berfoto di hari raya Idulfitri di halaman rumah.

Tampilan feminin dan quirky miliknya, ia susun menggunakan rok maxi, kemeja flannel lengan panjang, yang kemudian seluruhnya ia tumpuk dengan dress transparan berhiaskan tumpukan ruffles sebagai injeksi napas romantis yang segar. Saat mengaplikasikan tampilan semacam dengan gaun berwujud sheer, sebaiknya kenakan hijab bahan chiffon atau bahan lightweight lainnya yang serupa sehingga seluruh tampilan akan tampak senada.


4. Desert Vibe


Kreasikan tampilan hijab konvensional dengan model hijab yang belum pernah Anda coba sebelumnya di bulan ramadhan ini, salah satu gaya hijab yang tak terduga dapat Anda aplikasikan seperti model hijab yang menyerupai turban.

Jadikan tampilan influencer Mega Iskanti saat mengunjungi gurun Sahara yang merubah tampilan hijabnya menjadi turban khas Timur Tengah. Selain bentuknya yang elegan dan klasik, turban juga cukup versatile untuk dipadankan dengan berbagai model modest wear yang modern hingga kaftan tradisional. Injeksikan motif chevron atau motif etnik menggunakan kaftan atau gaun tunik bahan satin atau sutra yang akan membuat tampilan tampak mewah.


5. Preppy Ensemble


Untuk penggemar busana beraliran preppy atau school girl, jadikan sosok desainer Rani Hatta sebagai inspirasi berpakaian Anda. Kepiawaian sang desainer dalam mengombinasikan tampilan boy-sih, ekletik, dan preppy meski mengenakan busana berhijab setiap harinya sungguh inspiratif. Salah satu ansambel yang ia upayakan dan ia bagikan lewat akun Instagramnya turut menarik perhatian kami. Di foto tersebut, sang desainer tampak memadankan rok lipit putih dan kemeja putih bersama luaran blazer berwarna hitam dan hijab berwarna hitam. Tampilan dengan kombinasi dua spektrum warna ini tampak minimalis sekaligus edgy ditambah dengan pemakaian sepasang kaos kaki putih serta sepasang trainers yang semakin mengelevasi seluruh tampilan dengan sempurna.




(Foto: Courtesy of @ayudiac, @allyssahawadi, @tantrinamirah, @megaiskanti, @ranihatta)