Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Fakta Menarik Tentang Penyanyi Anggun C. Sasmi

Disebut sebagai penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus pasar internasional, berikut fakta menarik tentangnya.

20 Fakta Menarik Tentang Penyanyi Anggun C. Sasmi
Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Indonesia

Namanya di dunia tarik suara tentu tidak perlu diragukan lagi. Kulit sawo matang dan rambut panjang menjuntai miliknya sudah menjadi dua ciri khas putri dari penulis Darto Singo, dan Dien Herdina, seorang kerabat Kesultanan Yogyakarta, Anggun C. Sasmi.


Bagi Anda yang masih sempat menjadi penonton setia siaran televisi khusus musik, MTV, pasti tahu siapa sosok perempuan menawan ini. Mengejar mimpinya hingga ke kancah internasional, berikut 15 fakta menarik tentang penyanyi yang mengharumkan nama bangsa Indonesia ini:



1. Selalu dikenal dengan nama lengkapnya, namun tahukah Anda bahwa huruf C pada nama Anggun C. Sasmi merupakan kependekan dari Cipta?



2. Ibu seorang anak perempuan ini terlahir di Jakarta pada tanggal 29 April 1974. She’s a Taurean!


3. Terlahir sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Anggun memutuskan untuk mengejar mimpinya ke Prancis hingga akhirnya mengubah status kewarganegaraannya menjadi warga Prancis. Bukan karena tak cinta, namun karena hal tersebut akan memudahkan perjalanan kariernya.


4. Pernyataan kacang lupa kulitnya sudah seringkali dilontarkan kepadanya, namun baginya, nasionalisme itu lebih dari sekadar status kewarganegaraan. 


5. “Masih banyak orang yang belum paham akan arti nasionalisme yang sebenarnya. Cap di paspor itu bukan bukti, buat apa tinggal di Indonesia jika Anda tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar? Nasionalisme itu ada di dalam bahasa dan apa yang dapat saya berikan ke negara ini,” tuturnya dengan tegas.


6.Dalam satu tahun, paling tidak Anggun dan keluarganya akan pulang ke Indonesia sebanyak empat kali.



7. Meski memiliki rumah di Bali, sang penyanyi juga menganggap Bali sebagai salah satu destinasi wajib untuknya berlibur.


8. Salah satu tradisi Indonesia yang masih dilakukannya adalah masih mengkonsumsi nasi. Diet?” ujarnya sambil tertawa.


9. Kutipan inspiratif yang selalu ia ingat adalah “Kalau gagal, coba lagi”.



10. Ia jarang mengunggah foto anaknya bukan karena semata untuk membuat para penggemarnya penasaran. Lantas karena hukum yang berlaku di Prancis. Tak banyak orang tau bahwa negara yang ditinggalinya ini memiliki aturan untuk tidak mengunggah foto anak ke media sosial. Apabila ketahuan melanggar, Anggun dapat dikenakan denda.




11. Meski demikian, satu hal yang bukan rahasia adalah nama dari putrinya, Kirana Cipta Montana.




12. Apabila merasa sedang buntu, dua hal yang selalu membangkitkan semangatnya adalah anaknya dan rasa cintanya terhadap musik. 



13. Anda dapat menemukan patung lilin Anggun di Museum Madame Tussaud Thailand. Selain dirinya, terdapat tiga tokoh Indonesia yang dapat Anda kunjungi di museum ini, mereka adalah Ir. Soekarno, Rudi Hartono, dan Presiden Joko Widodo.




14. Sejumlah penghargaan telah dinobatkan padanya, seperti Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991, The Cosmopolitan Asia Women Award (2000), The Women Inspire Award (2002), Diamond Award dan Chevalier des Arts et des Lettres yang diberikan oleh Menteri Kebudayaan Prancis, Artis Internasional Terbaik (2006) dari Anugerah Musik Indonesia, World’s Best Selling Indonesian Artist (2014), dan masih banyak lagi.



15. Beberapa saat lalu, lagunya yang bertajuk What We Remember berhasil meraih peringkat Top 10 di Billboard Dance Chart. 




16. Lagu tersebut merupakan single pertama dari album yang berjudul 8 (delapan).



17. Mulai menginjakkan kakinya di dunia musik di umur yang sangat kecil, di usia 12 tahun, Anggun sudah merekam album rock pertamanya yang diberi tajuk Dunia Yang Aku Punya.


18. Tiga tahun sebelum itu, tepatnya di umur sembilan tahun, Anggun sudah memiliki kemampuan untuk menulis lagu.


19. Tak hanya memiliki album dalam bahasa Indonesia, daftar discography yang sudah mendunia miliknya juga terdapat dalam bahasa Inggris dan Prancis.


20. Pada tahun 2009, dirinya menggelar konser di lima kota besar di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Bali, Surabaya, Bandung, dan Medan.


(Foto: courtesy of @anggun_cipta, video: Anggun Video)