Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Film Pendek Maison Martin Margiela

Film Pendek Maison Martin Margiela
Cuplikan The Artist is Absent

Jauh sebelum berada di bawah kendali kreatif John Galliano, label Maison Martin Margiela dilansir dengan mengusung konsep pengkajian desain busana dekonstruktif. Kisah perjalanan Margiela dalam membangun singgasana menginspirasi sutradara Alison Chernik dalam menyusun sebuah film pendek bertajuk “The Artist Is Absent”. Dalam durasi tayang 12 menit, dokumentasi ringkas ini mengajak Anda untuk meninjau kronologi sekaligus mengenang pencapaian desainer misterius asal Belgia tersebut.

Film ini menghadirkan kurasi nama-nama terkemuka dalam industri mode dunia. Jurnalis mode Suzy Menkes, Raf Simons, dan retail entrepreneur Geert Bruloot mengisi cuplikan demi cuplikan adegan yang mengiringi visual portofolio Margiela. Dalam alur cerita tertuang asal muasal reputasi desain yang mengangkat gagasan pengkajian proporsi busana dengan korelasinya pada eksperimen material yang tidak lazim. Singkat kata, ia mengartikan kembali estetika busana melalui pengujian limit kreativitas.

Di balik segala kemahsyuran dan sorotan media, Margiela menyembunyikan identitas asli juga kehidupan pribadinya dari kilau dunia mode. Proses wawancara hanya dijalani via fax dan menghindari perhatian khalayak, sebuah ekspresi anonimitas yang mengesankan.

(Teks: Ardhana Utama, Foto: Courtesy of Yoox)