Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Drama Korea Tentang Fashion dan Beauty Terbaik, Dari Lawas Hingga Terbaru!

Drama Korea ini banyak menampilkan gemerlap industri fashion yang memikat!

12 Drama Korea Tentang Fashion dan Beauty Terbaik, Dari Lawas Hingga Terbaru!

Mode merupakan salah satu hal penting yang tidak bisa dipisahkan dari drama Korea. Tak hanya alur ceritanya saja, visual para aktor dan aktrisnya dengan gaya fashion yang cantik dan trendi membuat dramanya semakin menyenangkan untuk ditonton. 

Namun, dalam beberapa drama Korea ini, fashion bukan hanya sekedar untuk mempercantik dan menghidupkan karakter dalam drama saja, tetapi justru menjadi alur cerita utamanya.

Berikut ini Bazaar telah menyusun daftar 12 drama Korea tentang fashion dan beauty, yang bisa menambah panjang daftar drama Korea favorit Anda:


1. She Was Pretty (2015)

She Was Pretty merupakan drama Korea komedi romantis yang mengikuti kisah Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum), yang bekerja di sebuah majalah fashion. Di sana, ia bertemu dengan teman masa kecilnya, Ji Sung Joon (Park Seo Joon), yang ternyata adalah pemimpin redaksi di tempatnya bekerja tersebut. Berbeda dengan sosok Sung Joon kecil, Hye Jin mengetahui bahwa Sung Joon dewasa adalah atasan yang dingin dan sangat perfeksionis. 

Drama ini banyak menampilkan kehidupan di balik layar redaksi majalah fashion, termasuk tantangan dalam mengkurasi koleksi fashion dan cerita untuk majalah. 

2. Style (2009)

Style merupakan drama Korea tentang fashion lawas yang diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Park Yeong Ok. Dengan total 16 episode, drama Korea ini berfokus pada kisah Lee Seo Jung (Lee Ji Ah) yang mendapatkan pekerjaan di sebuah majalah mode ternama. Di sana, Ji Ah bekerja sebagai asisten Park Ki-Ja (Kim Hye-Soo), editor yang sangat perfeksionis dan dingin. Ia adalah sosok atasan yang ditakuti oleh karyawannya. 

Drama Korea Style ini tak hanya menampilkan kemewahan di industri mode, tetapi juga memberikan gambaran tentang dunia jurnalisme mode yang sangat kompetitif.

3. Fashion King (2012)

Membahas mengenai drama Korea tentang fashion, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan drama Korea Fashion King ke dalam daftar! Drama ini dibintangi oleh Shin Se Kyung, Yoo Ah In, Lee Je Hoon, dan Kwon Yuri sebagai pemeran utama. Tak hanya bertabur bintang, alur cerita dalam drama ini juga sangat menginspirasi, yang bercerita tentang seorang desainer muda berbakat yang memulai semuanya dari bawah hingga akhirnya menjadi seorang desainer mode terkenal. 

4. Cheongdam-dong Alice (2012)

Drama Cheongdam-dong Alice ini mengikuti kisah seorang wanita muda bernama Han Se-Gyung (Moon Geun-Young) dari latar belakang keluarga sederhana, yang bercita-cita menjadi seorang perancang busana terkenal. Dengan usaha yang keras dan jalan yang tidak mudah, ia berusaha memasuki dunia mode kelas atas yang glamor dan sangat kompetitif di Cheongdam-dong.

5. Now, We Are Breaking Up (2021)

Plot utama dalam drama Korea ini sebenarnya berfokus pada kisah cinta dan perpisahan antara Ha Young-Eun (Song Hye-Kyo), seorang pemimpin tim desain di sebuah perusahan fashion, dengan Yoon Jae-Guk (Jang Ki-Yong), seorang fotografer fashion yang bekerja bersama Young-Eun. 

Tetapi dalam drama ini, Anda juga akan melihat proses produksi fashion collection, mulai dari merancang, memproduksi, peluncuran koleksi, pemasaran, hingga penjualan. Dan tentunya, Anda juga akan melihat karakter-karakter dalam drama dibalut pakaian bergaya dan trendi. 

6. Celebrity (2023)

Celebrity adalah drama Korea yang mendalami dunia influencer, yang banyak menampilkan fashion yang bergaya dan glamour. Alur cerita dalam drama ini mengikuti kisah Seo A-Ri (Park Gyu-Young), seorang influencer terkenal, yang mengungkap skandal kehidupan para influencer termasuk penipuan, pelecehan, penggunaan obat-obatan terlarang hingga pembunuhan. 

Di tengah-tengah alur ceritanya yang intens, terselip kisah romantis yang ditunjukkan secara implisit, tetapi tetap bisa membuat hati Anda berdebar-debar bahkan jika itu adalah adegan yang tampaknya tidak romantis. 

7. The Park’s Story Marriage Contract (2023)

The Park’s Story Marriage Contract merupakan drama Korea terbaru yang memadukan unsur komedi romantis dan fantasi. Drama ini menceritakan kisah cinta lintas waktu antara Park Yeon Woo (Lee Se Young) dan Kang Tae Ha (Bae In Hyuk). 

Park Yeon Woo merupakan seorang desainer mode misterius terkenal era Joseon, dengan nama samaran Nyonya Kupu-kupu. Setelah kematian suaminya di malam pernikahannya, Yeon Woo mengalami kejadian aneh yang membuatnya melakukan perjalanan waktu ke Korea Selatan era modern. 

Meski masih merasa asing dengan kehidupannya di ‘dunia baru’, Yeon Woo bertekad untuk mengejar mimpinya menjadi seorang desainer mode—yang tidak bisa diraihnya di era Joseon. Kehidupannya di era Joseon memberinya inspirasi untuk membuat hanbok trendi yang lebih modern. 

8. Baby-Faced Beauty (2011)

Drama Korea tentang fashion berikutnya yaitu Baby-Faced Beauty yang tak hanya menampilkan sisi glamor industri mode, tetapi juga aspek negatif dari diskriminasi usia (ageism) dalam industri ini, yang hanya mempekerjakan orang-orang berusia muda. Drama Korea ini berfokus pada kisah Lee So Young (Jang Nara) yang terpaksa memalsukan usia aslinya untuk bekerja di sebuah perusahaan fashion besar sebagai desainer. So Young memiliki wajah cantik dan baby-face, yang membuat orang-orang di kantornya tidak menyadari usia sebenarnya. 

9. Record of Youth

Drama Korea Record of Youth menggambarkan industri fashion dan beauty Korea yang sangat kompetitif. Dalam drama ini, Anda akan melihat sedikit tentang cara kerja industri modeling dan kecantikan di Korea Selatan. 

Sa Hye Jun (Park Bo Gum) adalah seorang model tampan yang sebenarnya bercita-cita menjadi seorang aktor. Sementara itu, Ahn Jeong Ha (Park So Dam) adalah seorang makeup artist muda yang sedang merintis karier, sekaligus penggemar berat Hye Jun. Bersama-sama, Hye Jun dan Jeong Ha mengejar mimpinya masing-masing. 

10. True Beauty (2021)

True Beauty merupakan drama Korea komedi romantis yang menampilkan arti sesungguhnya dari istilah ‘the power of makeup’. Drama Korea ini mengisahkan tentang gadis sekolah menengah bernama Lim Ju Gyeong (Moon Ga Young) yang sehari-harinya menggunakan makeup untuk mengubah penampilannya (dan membuatnya merasa lebih percaya diri). Kecantikannya itu membuatnya menjadi siswi populer di sekolah dan memiliki banyak teman. Tetapi, itu tidak berlangsung selamanya, sampai ketika akhirnya rahasianya itu mulai diketahui oleh teman-teman sekolahnya. 

11. The Fabulous (2022)

Masih terhitung drama baru, The Fabulous adalah drama Korea yang menceritakan tentang seorang editor foto lepas bernama Ji Woo Min (Choi Min Ho) yang sangat kompeten dalam pekerjaannya, tetapi sesungguhnya tidak terlalu bersemangat dengan pekerjaannya itu. Di sisi lain, Pyo Ji Eun (Chae Soo Bin) adalah seorang manager PR merek mewah yang selalu bermimpi bekerja di industri fashion. Drama ini menampilkan gambaran tentang tantangan di masing-masing pekerjaan, sekaligus terselip kisah romansa yang romantis. 

12. Parfum (2019)

Satu lagi drama Korea tentang fashion dengan genre komedi romantis dan fantasi yang berjudul Parfum. Ceritanya berkisar tentang seorang perancang busana, Seo Yi-do (Shin Sung-rok), yang jatuh cinta dengan seorang wanita misterius bernama Min Ye-rin (Go Won Hee), yang mendapat kesempatan kedua menjalani kehidupan dalam versi dirinya yang lebih muda dan lebih bersinar dengan parfum ajaib. 

Itulah 12 drama Korea tentang fashion dan beauty yang wajib Anda tonton. Drama-drama ini banyak menampilkan gemerlap industri fashion yang memikat, sekaligus persaingan yang ketat di dalamnya.