Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Munculnya Cosmetic Bonding: Semua yang Perlu Diketahui tentang Penyesuaian Gigi

Sudah merapikan gigi Anda tetapi ingin bagian tepinya terlihat lebih rapi? Anda perlu tahu tentang 'edge bonding'.

Munculnya Cosmetic Bonding: Semua yang Perlu Diketahui tentang Penyesuaian Gigi
Courtesy of Bazaar UK

Dengan melonjaknya popularitas ortodontik, yang didorong oleh pelurusan gigi melalui kawat gigi yang hampir tak terlihat, munculah perawatan gigi lain yang sedang naik daun: Edge bonding. 

BACA JUGA: Ingin Pakai Veneer Gigi? Ini Pesan Dokter Gigi untuk Anda

Meskipun khusus, ini adalah salah satu prosedur gigi kosmetik yang paling mudah dan paling murah, di mana penambahan resin komposit dipasang pada tepi atau permukaan gigi, dengan tujuan untuk meningkatkan keseragamannya.

"Saya senang melakukan edge setelah perawatan ortodontik, jadi misalnya setelah pemasangan Invisalign," jelas dokter gigi Dr Rhona, pendiri Chelsea Dental Clinic. "Setelah gigi lurus sempurna, kita bisa memasang beberapa ikatan untuk membuat tepi gigi terlihat lebih rapi." Memang, bagi banyak ahli gigi, kawat gigi dan bonding berjalan beriringan, meskipun yang terakhir mungkin lebih jarang dibicarakan di antara keduanya.

Sementara aligner transparan yang digunakan untuk merapikan gigi terasa seperti fenomena yang relatif baru, bonding tentu saja tidak baru, tetapi telah berkembang pesat. "Ini hanyalah bahan tambalan putih yang secara tradisional digunakan untuk gigi belakang. Selama sepuluh tahun terakhir, estetika bonding telah meningkat; konsistensi dan rentang warnanya, serta daya tahannya. Dengan demikian, semakin banyak orang yang menggunakan bonding untuk gigi depan."

Dr. Rhona berteori bahwa 'Boom Zoom' yang diakibatkan oleh pandemi telah menjadi pemicu lain dalam meningkatnya popularitas bonding, dengan orang-orang "tidak hanya memperhatikan citra statis mereka tetapi juga citra dinamis mereka dari melihat wajah dan senyuman mereka yang bergerak". Sebelum tahun 2020, ia banyak menangani pasien berusia 20 hingga 35 tahun, tetapi sekarang ia dibanjiri permintaan dari mereka yang berusia di atas 40 tahun. "Banyak orang yang tidak menginginkan perawatan anti-kerut dan filler menyadari bahwa gigi dapat menciptakan penampilan yang lebih muda."

Di sini, dokter gigi menjelaskan semua hal lain yang perlu Anda ketahui tentang melakukan cosmetic bonding.

Untuk siapa edge bonding cocok digunakan

Kecuali hanya digunakan untuk memperbaiki tampilan gigi yang terkelupas, "edge bonding hanya cocok untuk kasus-kasus di mana gigi lurus sempurna, yang berarti Anda mungkin memerlukan perawatan ortodontik terlebih dahulu," katanya.

Perbedaan antara bonding dan veneer

"Veneer adalah permukaan depan gigi yang benar-benar baru. Veneer lebih invasif, dan mahal, dibandingkan dengan bonding. Namun jika Anda menginginkan 'tampilan Hollywood' yang lebih lengkap, veneer komposit akan memberikan bonding yang lebih baik."

Courtesy of @drrhonaeskander

Edge bonding gigi
Courtesy of @drrhonaeskander

Manfaat utama dari bonding

Selain hasil estetika yang diharapkan, manfaat bonding sangatlah banyak, Dr. Rhona mengatakan: "Sangat baik digunakan untuk mengatasi retakan serta perubahan warna dan untuk memperbaiki ketidaksejajaran gigi," tegasnya. "Tidak ada suntikan yang diperlukan untuk perawatan ini, Anda tidak perlu mengebor gigi untuk memasang bonding, dan dapat dipasang dalam satu atau dua kali perawatan." Ditambah lagi, "jika sepotong bonding terlepas, maka akan mudah diperbaiki".

Prosesnya juga cepat, tambah Dr. Rhona. "Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk menyelesaikan prosedur. Jika Anda melakukan perawatan pada beberapa gigi, Anda mungkin perlu menjadwalkan beberapa kali kunjungan."

Kelemahan dari bonding

"Ini sangat sensitif terhadap teknik dan jika tidak dipasang dengan baik, bonding bisa terlihat sangat buruk," katanya. "Bahkan, jika tidak ditempatkan dengan baik, itu juga dapat menarik plak yang dapat menyebabkan penyakit gusi." Ditambah lagi, perawatannya relatif tinggi dengan potensi mudah pecah dan bernoda: "Anda perlu memastikan bahwa pola makan Anda optimal untuk menjaga agar ikatan tetap terlihat bagus, misalnya tidak terlalu banyak minum kopi hitam, anggur merah, atau merokok."

Daya ketahanan bonding, dan cara mempertahankannya

Hal ini bervariasi, katanya. "Hal ini sepenuhnya tergantung pada bahan apa yang digunakan, seberapa baik bahan tersebut ditempatkan, dan seberapa baik gigi dirawat oleh orang yang telah menjalani perawatan. Secara umum, hal ini dapat bertahan antara dua hingga lima tahun, meskipun orang sering mengalami bahwa bahan tersebut menjadi kusam setelah beberapa tahun."

Seperti yang telah dijelaskan, bonding dapat dengan mudah pecah, mengingat resin komposit tidak sekuat gigi asli, jadi "hindari menggigit kuku atau mengunyah es atau pulpen," sarannya. Orang yang menggunakan bonding juga perlu menjadwalkan janji temu rutin dengan dokter gigi dan ahli kesehatan mereka, sehingga mereka dapat menjaga kesehatan dan penampilan hasilnya.

Perhatian ekstra harus diberikan pada janji temu dengan ahli kesehatan, dan Dr. Rhona menyukai metode pembersihan EMS yang tidak terlalu abrasif, seperti scaler ultrasonik dan pemolesan udara. "Pembersihan profesional harus dilakukan dengan hati-hati untuk menjaga integritas dan penampilan ikatan," katanya.

Bagaimana bonding bekerja dengan whitening

"Bonding tidak dapat diputihkan dengan cara yang sama seperti gigi," ungkap Dr. Rhona. Jadi, jika Anda menginginkan senyum yang lebih cerah saat mempertimbangkan untuk melakukan bonding, "Anda harus memutihkan gigi Anda terlebih dahulu, kemudian dokter gigi Anda akan mencocokkan bahannya dengan warna gigi Anda". Ada batasan seberapa putih Anda bisa mendapatkan senyum Anda ketika Anda melakukan bonding, tambahnya, itulah sebabnya beberapa orang memilih veneer komposit sebagai gantinya.

Berapa biaya edge bonding

Sekali lagi, hal ini tergantung pada praktisi, Dr. Rhona mencatat, "tetapi harga rata-rata untuk perawatan dapat berkisar dari £150-£600". (Atau sekitar 3.000.0000 hingga 12.000.000 Rupiah).

BACA JUGA: 
Cara Pemutihan Gigi Menurut Dokter Gigi Selebriti
Kim Kardashian Membuat Heboh Sosial Media karena Selfie Bebas Filter di Dokter Gigi

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK dan @drrhonaeskander)