Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kunci Utama Meraih Healthy Glass Skin

Bagaimana cara mendapatkan wajah dengan efek “tak bercela” yang sedang digandrungi banyak orang?

Kunci Utama Meraih Healthy Glass Skin
Courtesy of 123RF

“I wish I had skin like Jisoo Blackpink or Song Hye Kyo!” Memang penampilan kulit para bintang Korea telah menjadi kiblat kecantikan banyak wanita di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Kalau dahulu banyak orang mendambakan ingin memiliki paras seperti bintang-bintang Hollywood, sebut saja di antaranya seperti keluarga The Kardashians, maka dewasa ini tampilan yang lebih menonjolkan sisi natural, sehat, dan kompleksi yang bercahaya atau yang dikenal juga dengan sebutan healthy glass skin yang justru sedang mengambil alih dunia kecantikan sebab dapat memberikan kesan yang lebih awet muda tanpa intervensi dari penggunaan makeup yang berlebih.

Namun nyatanya untuk meraih tampilan ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak elemen yang perlu diperhatikan mulai dari kesehatan kulit serta pori, teknik pengaplikasikan riasan, hingga rekomendasi terapi pijatan yang dapat Anda coba demi meraih penampilan glass skin yang seutuhnya. Untuk membantu Anda, kami pun berbincang dengan para pakar yang telah terbukti ahli dibidangnya mulai dari dr. Margaretha Indah Maharani, SpDVE, FINSDV, FAADV dari klinik kecantikan Erha, seorang global makeup artist yang memang terkenal akan kemampuannya menciptakan tampilan glass skin, Archangela Chelsea, hingga sosok Master Lee Byung-Chul yang merupakan Chairman sekaligus Founder dari Yakson Beauty.

From the Skin POV

Sebelum melangkah lebih dalam mengetahui tentang cara meraih tampilan healthy glass skin, kita perlu tahu dahulu sampai sejauh mana sebetulnya definisi glass skin itu sendiri. Berbincang dengan seorang ahli dermatologi asal klinik Erha, dr. Margaretha Indah Maharani, SpDVE, FINSDV, FAADV, ia pun mencoba untuk membagikan definisinya. “Glass skin adalah tampilan kulit yang bersih dan bening ibarat kaca. Di sini yang dimaksud adalah tampilan kulit yang halus, jernih, bersinar, dan pori yang terlihat minimalis. Untuk mendapatkan tampilan seperti demikian, maka kulit harus sehat, terhidrasi dengan baik, memiliki kompleksi (warna) kulit yang merata, permukaan kulit dan pori yang halus, kenyal, serta bercahaya.”

Untuk itu ada elemen krusial yang tak bisa kita kesampingkan bila ingin meraih tampilan ini adalah kondisi pori-pori kita. Tak jarang, banyak orang yang mendambakan tampilan pori-pori yang “poreless”, bahkan mungkin sampai terobsesi. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah mungkin kita “menutup” pori-pori kita? Dr. Margaretha pun memaparkannya, “‘Poreless’ di sini bukan berarti porinya menjadi hilang sama sekali, namun ‘poreless’ berarti kulit yang nampak lebih halus, nyaris hampir tidak terlihat,” terangnya. “Tampilan ‘poreless’ ini baru bisa dicapai apabila kulit kita dalam kondisi yang sehat, yaitu kulit dalam keadaan terhidrasi dengan baik, memiliki kompleksi warna yang merata, struktur kulit yang tersusun rapi dan beregenerasi dengan baik sehingga permukaan kulit menjadi halus. Untuk itu bila Anda ingin mendapatkan tampilan glass skin, kondisi kulit Anda tidak boleh dalam keadaan masih berjerawat, memiliki masalah pigmen, kerut, ataupun kendur,” imbuh sang ahli.

Masuk ke realisasinya, lantas bagaimana cara kita membangun rangkaian perawatan harian untuk meraih tampilan yang satu ini? Kalau menurut dr. Margaretha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna merawat kulit dan pori-pori, yang pertama adalah rajin membersihkan wajah setidaknya tiga kali sehari untuk pemilik tipe kulit normal dan empat kali bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Selain itu bila Anda sedang berias, penting agar Anda membersihkan sisa makeup, sisa kotoran debu, serta keringat secara saksama untuk mencegah kemungkinan pori-pori Anda tersumbat.

Lalu yang kedua, pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit personal Anda. “Apabila kulit Anda berminyak, gunakan pelembap yang bersifat mengikat air (humektan) dalam bentuk essence ataupun water-base cream. Hindari pelembap yang bersifat oklusif, misalnya yang berbasis minyak. Sedangkan Anda yang memiliki kulit kering, perlu menggunakan pelembap yang mengandung campuran humektan yang dapat mengikat air sekaligus bahan oklusif untuk mempertahankan kelembapan lebih lama. Produk dengan tekstur krim dapat menjadi pilihan yang ideal untuk Anda berkulit kering.”

Dan yang terakhir, yang tak kalah penting adalah selalu lindungi wajah Anda dengan tabir surya untuk menghindari kemungkinan paparan sinar ultraviolet berlebih yang dapat menyebabkan Anda mengalami premature skin aging.

Kami tahu masih ada banyak orang yang enggan melakukan perawatan ke klinik kecantikan karena takut akan tindakan yang melibatkan jarum dan dalam tahap yang lebih ekstrem yaitu pembedahan (atau yang dikenal juga dengan istilah invasif), but rest assured, you are not alone… sebab Bazaar juga demikian. Untuk itu, kami merangkum  opsi perawatan “entry-level” yang bersifat non-invasif yang dapat Anda coba, terutama selama bulan Ramadan ini:

  • Ultimate Skin Restoration by Photo-Ultherapy 
    Merupakan perawatan non-invasif yang menggabungkan dua treatment dalam satu kali tindakan. Perawatan ini mengombinasikan kecanggihan dari Ultherapy dan Photorejuvenation laser. Kombinasi treatment ini menjanjikan total skin restoration solution, di mana tidak hanya mampu memberikan efek lifting dan tightening yang bekerja pada lapisan dermis atau lapisan dalam kulit, tetapi juga dapat memperbaiki struktur dan penampilan kulit (mulai dari brightening, smoothing, hingga pore minimizing) di lapisan atas atau epidermis dengan downtime yang minimal.
  • Ultimate Radiance for Face and Neck Anti Aging
    Mengombinasikan Crystal Dermabrasion, sebuah perawatan yang memanfaatkan teknologi kristal atau diamond tip pada perangkatnya bersama dengan teknologi IPL (Intense Pulsed Light), perawatan ini bertujuan untuk memberikan tampilan kulit wajah dan leher yang lebih halus dan cerah dengan cara mengangkat sel kulit mati agar energi IPL dapat diserap lebih maksimal oleh kulit. Dan, no downtime and it only takes 30 minutes of your precious time! 

Lebih lanjut, dr. Margaretha juga berpesan bahwa kunci untuk meraih tampilan glass skin ini tidak hanya semata-mata terletak pada langkah perawatan kecantikan harian maupun konsistensi Anda dalam melakukan perawatan, tetapi juga perlu didukung dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Ada beberapa saran yang dapat diterapkan dalam membangun gaya hidup yang lebih konstruktif, seperti:

  • Minum air tiga liter per hari untuk orang dengan berat badan 60 kg agar dapat mencukupi asupan air untuk menghidrasi kulit.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi secara berimbang, baik dari sisi nutrisi makronya berupa karbohidrat, protein, dan lemak, tetapi juga nutrisi mikro yang datang dari berbagai jenis vitamin dan mineral.
  • Tidur yang cukup 7-8 jam sehari di malam hari diperlukan untuk regenerasi sel termasuk sel kulit.
  • Hindari hal-hal yang dapat menyebabkan reaksi oksidatif yang dapat berujung munculnya kerusakan sel seperti paparan sinar UV berlebih, polusi, merokok, dan konsumsi alkohol.

Narasumber:
dr. Margaretha Indah Maharani, SpDVE, FINSDV, FAADV
Board certified Dermatology, Venereology and Aesthetic Doctor Erha Derma Center Kemanggisan
Erha Derma Center Kemanggisan
Jl. Kemanggisan Raya no. 50 RT. 10/RW. 6 Kel. Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat

The Whole Shebang

Kulit sehat tidak akan pernah ketinggalan zaman. Seperti tren glass skin yang tengah viral. Di Tanah Air, jagoan untuk glass skin look tak lain dari Archangela Chelsea. Makeup artist yang memiliki portofolio secara ekstensif ini membagi rahasia dan triknya pada Bazaar. Pasti Anda ingin look yang tahan lama dan tidak ada crack, bukan?

Sejak awal, Chelsea, begitu sapaan singkatnya, sudah sering mengaplikasikan look ini. Tepatnya, dari sembilan tahun lalu. Banyak yang menjadi kunci dari tren ini. Pertama-tama, harus dipahami kalau glass skin ini bukan wet look. “Ini adalah makeup yang menyerupai kulit Anda, but better. Bukan makeup dengan foundation tidak diset dengan bedak, atau pemakaian highlighter yang berlebihan. Ini banyak orang yang keliru,” ujarnya.

Kunci pertama ada pada skincare.
“It’s crucially important!” Apabila dilakukan dengan benar, skincare regime ini menjadi penyempurna tampilan glass skin Anda.
“Prep and moisturize the skin well.” Cukup detail, tahap ini mencakup membersihkan wajah, memakai toner, serum, kemudian pelembap.
Dilanjutkan dengan illuminating primer, kemudian foundation yang natural to medium coverage dengan glowing finish.

Ada beberapa holy grail dan staple Chelsea untuk signature look ini. 
Mulai dari serum, hingga beauty tool lengkap Chelsea bagi pada Bazaar. Lengkapnya baca di Harper's Bazaar Indonesia edisi April.

Beberapa insight lain dari Chelsea adalah concealer yang cocok mampu mencerahkan under eye, mengaplikasikan foundation dengan teknik buffing akan membawa hasil yang memuaskan, terakhir simpan beauty blender dengan Anda setiap saat!

Skin tone bisa disesuaikan. Namun yang sungguh menantang adalah menemukan produk yang pas dengan kulit Anda. Karena cocok saja tidak cukup. Setiap produk yang dipakai harus mampu meningkatkan look sekaligus kondisi kulit Anda. Begitu juga dengan produk skincare. Cari pelembap oil-free untuk kulit berminyak. Kalau kulit kering, gunakan moistuzier yang melembapkan. Sama halnya dengan primer. Mengetahui fungsi setiap kandungan juga berperan besar pada glass skin look, khasiat memakai produk dengan ceramide atau salicylic acid. Dengan memperhatikan langkah-langkah kecil seperti ini, Anda dapat membuat riasan wajah Anda tahan sepanjang hari. “Crack pada makeup look ini sudah biasa. Ambil beauty blender dan tap tap.”

Nah, bagaimana dengan penyerapan kulit wajah Anda? Glass skin tidak begitu membutuhkan produk yang banyak, namun yang diperlukan adalah daya serap kulit wajah. Salah satu tantangan Chelsea ketika di sebuah set atau wedding adalah membuat makeup tahan lama di kanvasnya alias wajah kliennya.

Bazaar juga menyadari kalau gaya hidup memainkan peran penting agar Anda dapat tampil maksimal dengan glass skin look. Jadi tidak hanya dari faktor perawatan, skincare, dan makeup. Namun juga aktivitas sehari-hari. Sebut saja olahraga, tidur yang cukup, minum air secukupnya, hingga asupan bergizi. 

Pahatan Alami

Bagi Anda yang menginginkan cara natural dalam meraih penampilan paripurna, Bazaar merekomendasikan terapi Golki.

Sebuah terapi kecantikan non-invasif yang berasal dari Korea Selatan. Terapi ini ditemukan pada tahun 1979 oleh Master Lee Byung-Chul, Chairman sekaligus Founder Yakson Beauty, yang menawarkan metode Golki. Dalam bahasa Korea, golki menggabungkan kata “tulang” dan “kekuatan” yang mencerminkan tindakan memberi kekuatan pada tulang. Teknik ini sendiri hanya mengandalkan pijatan tangan secara alami.

Melalui penelitian panjang yang dilakukan sang master, lahirlah pijatan lembut namun kuat di titik-titik tertentu pada tulang yang bertujuan menstimulasi tulang untuk memperlancar sirkulasi darah dan mampu mengatur ulang struktur tulang. Tetapi bukankah tulang itu keras? Menurut Master Song Yumin yang menangani Bazaar saat mencoba treatment Balance Face Care, “Memang benar tulang itu keras, namun sifat dari tulang itu sendiri akan mengikuti dengan bagaimana ia digunakan. Contohnya meskipun kita punya kebiasaan baik, tulang itu (tetap akan) melebar. Tulang lebih gampang terpengaruh dari yang kita bayangkan. Meskipun tulang itu keras, tulang akan melebar saat digunakan, dan ketika terkena tekanan dari luar, daya serapnya meningkat. Ini bukan hal yang kami klaim, tetapi sudah dinyatakan di riset,” ujarnya. Ia juga menggarisbawahi meski seseorang memiliki tulang yang tidak besar di wajahnya, otot dapat memengaruhi bentuk wajah, “Dan untuk muka, meski tulangnya tidak melebar, jika ototnya keras dan kencang akan membuat wajah terlihat lebih besar.”

Sebelum menerima terapi Golki selama kurang lebih 15 menit, Bazaar dipersilakan untuk berbaring dan menikmati pijatan di seluruh badan. Rupanya, ini adalah standar yang akan Anda nikmati meski Anda hanya ingin fokus merawat wajah. “Alasan melakukan body massage adalah untuk meningkatkan efektivitas perawatan wajah, jika otot-otot tubuh sudah rileks terlebih dahulu maka tulang juga akan lebih rileks. Jika Anda sudah membuat otot lebih rileks terlebih dahulu dan merawatnya, tulang dapat digerakkan dengan lebih baik,” ungkap Master Song.

Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran karena pernah melakukan botoks atau menerima filler, tekanan pijatan ini diakui Master Song tidak akan mengganggu treatment yang sudah Anda terima. “Melakukan operasi plastik, botoks, atau filler, itu ‘kan melakukan sesuatu yang artifisial pada wajah Anda. Saat saya menyentuh muka pasien yang sudah melakukan perawatan artifisial itu, feel wajah mereka pasti berbeda. Ada banyak conglutination di wajah. Orang yang melakukan perawatan buatan pada wajahnya mempunyai conglutination yang parah, jadi tentu saja mereka mempunyai lebih banyak gas, lebih banyak otot keras. Jadi bagi orang-orang itu, bisa atau tidaknya melakukan tetapi tergantung dari jenis operasi yang mereka jalani dan kapan mereka menjalaninya. Tetapi setelah jangka waktu tertentu berlalu, saya merekomendasikannya kepada orang-orang yang sudah menjalani prosedur tersebut.” Ia menambahkan, “Kita merawat otot dengan membuatnya rileks dan membuang racun, jadi terlihat jauh lebih alami dan baik juga untuk tubuh.”

Lalu apa saja yang dapat Anda harapkan dari metode Golki? Selain memperkecil bentuk dan wajah, merampingkan rahang, bahkan juga dapat meninggikan badan (dengan catatan mereka yang memulai prosedurnya dari usia dini), Master Song menambahkan jika treatment ini juga berkaitan dengan anti-aging dan perbaikan kondisi kulit, “Treatment kami membantu mengatasi kerutan yang ringan dan baru mulai muncul. Perawatan kami bukan hanya pada tulang saja, tapi juga otot dan lapisan lemak yang di atas tulang juga. Treatment kami sendiri fokus pada elastisitas.” Sedangkan untuk hasil kondisi yang lebih baik, ia menuturkan, “Karena perawatan kami sendiri sangat membantu melancarkan peredaran darah, memang benar bahwa setelah menerima perawatan, kulit secara keseluruhan menjadi lebih cerah dan glowing,” tutupnya. Jadi selain memperoleh bentuk wajah yang lebih ramping, Anda juga akan mendapat efek tambahan di atas.

Yakson Beauty Indonesia
Grha Tirtadi, Jl. Senopati No.71-75, Selong, Kec. Kby. Baru, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110
Telp: 0811822199

Baca artikel "Kilau Pendar Natural" yang terbit di edisi cetak Harper's Bazaar Indonesia-April 2024; Ditulis oleh Gusti Aditya, Sabrina Sulaiman, dan Janice Mae; Foto: Courtesy of 123RF