Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bebas White Cast, Ini 17 Sunscreen Terbaik untuk Pemilik Kulit Gelap

Formula yang diakui para ahli ini tidak akan meninggalkan noda putih (white cast).

Bebas White Cast, Ini 17 Sunscreen Terbaik untuk Pemilik Kulit Gelap
Courtesy of Bazaar US

Kami yakin Anda sudah sering mendengarnya, sunscreen harus dipakai setiap hari. Namun faktanya, tidak semua formula optimal untuk semua warna kulit, itulah sebabnya mengapa memiliki daftar singkat sunscreen terbaik untuk warna kulit yang lebih gelap adalah kuncinya. Baik sunscreen berbahan kimia maupun mineral, deretan sunscreen  yang digemari ini akan menghilang dengan mulus begitu dioleskan, dengan sedikit ataupun tanpa usaha.

BACA JUGA: Pentingkah Menggunakan Sunscreen di Malam Hari?

"Jika diformulasikan dengan tidak tepat, bahan-bahan buram seperti zinc oxide dan titanium dioxide dapat menyebabkan white cast," ujar Michelle Henry, dokter kulit bersertifikasi dan instruktur klinis dermatologi di Weill Medical College. Daripada tidak menggunakan SPF sama sekali, Henry merekomendasikan untuk mencari formula yang menyertakan versi mikron dari bahan-bahan utamanya, atau menggunakan pigmen penyamaran untuk menghindari kulit yang terlihat putih.

Tentu saja, kami juga merekomendasikan untuk selalu memperhatikan tingkat perlindungan matahari spektrum luas yang tepat dan kapan saatnya untuk mengulanginya. "Saya merekomendasikan SPF 30 untuk penggunaan sehari-hari dan SPF 50 setiap kali Anda berada di luar ruangan lebih dari satu jam. Tabir surya harus dioleskan kembali setiap dua jam," kata Michelle.

Di sini, kami telah mengumpulkan beberapa sunscreen yang disukai para ahli dari merek-merek yang dimiliki oleh pemilik kulit gelap dan telah teruji, seperti Black Girl Sunscreen, EltaMD, dan Fenty Skin, yang membuatnya mudah untuk menjaga kulit yang kaya akan melanin untuk tetap terlindungi dari berbagai elemen. 

SPF terbaik untuk semua jenis kulit

Black Girl Sunscreen Broad Spectrum SPF 30

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Melembapkan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Michelle merekomendasikan Black Girl Sunscreen kepada para kliennya, yang menjadi favorit di antara para pembeli yang telah mencari SPF tinggi dan rendah yang benar-benar menghilang setelah diaplikasikan pada warna kulit yang lebih gelap. Ditambah lagi, tube ini memiliki formula vegan dan bebas pewangi yang dapat digunakan untuk wajah dan tubuh, membuatnya sangat serbaguna.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Ulasan saya adalah satu-satunya yang perlu Anda baca! Meskipun kulit setiap orang berbeda, dari sudut pandang saya, sunscreen ini sempurna! Tidak ada bercak putih, terasa luar biasa di kulit saya, hanya 10/10! (Sekali lagi, setiap orang berbeda, tapi saya sangat menyukainya!)" -Ty

Bahan-bahan utama: Avobenzone (3%), minyak jojoba, kakao, dan alpukat. 

Sunscreen oil terbaik

Mele No Shade Sunscreen Oil

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Menyerap dengan cepat. 
Kekurangan: Kemungkinan tidak cocok bagi Anda yang menyukai formula sunscreen pada umumnya.

Tidak suka dengan rasa sunscreen di wajah Anda? Pertimbangkan untuk menambahkan minyak ke dalam rutinitas harian Anda. Formula SPF 30 Mele yang ringan dibuat khusus untuk kulit yang kaya melanin, dan dibuat tanpa alkohol, minyak mineral, atau paraben.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Sependapat dengan apa yang telah disampaikan oleh banyak ulasan lainnya, sunscreen berbahan dasar minyak ini langsung melebur ke dalam kulit Anda. Sedikit saja sudah cukup dan aromanya yang ringan sangat menyenangkan dan cepat hilang. Bagaimana mungkin sebuah minyak tidak berminyak sama sekali? Sejujurnya, saya sudah terpikat bahkan sebelum saya mengoleskan tabir surya ini karena botolnya sangat indah dan dirancang dengan cerdas. Kelihatannya sangat cantik saat diletakkan di atas meja." - Alexis

Bahan-bahan utama: Avobenzone (3%), octinoxate (7,49%).

SPF terbaik untuk kulit acne-prone

EltaMD UV Clear Facial Sunscreen Broad-Spectrum SPF 46

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Bagus untuk kulit sensitif. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Dengan lebih dari 5.100 ulasan dan peringkat bintang lima dari pembeli Dermstore, pilihan produk Henry berikutnya untuk kulit yang mengalami melanasi memiliki banyak penggemar. Salah satu alasannya adalah karena UV Clear dari EltaMD merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, karena mengandung bahan-bahan seperti niacinamide dan asam laktat untuk membantu mengontrol minyak.

Seorang pelanggan yang terkesan menulis: "Saya telah menggunakan sunscreen ini selama kurang lebih empat tahun. Produk ini sempurna. Pengaplikasiannya sangat halus dan cepat kering. Rasanya lebih seperti serum daripada tabir surya. Selama bertahun-tahun saya takut menggunakan tabir surya, tapi ini luar biasa. Saya pernah meninggalkan produk ini dari waktu ke waktu, tapi selalu kembali lagi. Tidak ada tabir surya lain yang bisa menandinginya." - Jessica

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, niacinamide, asam hialuronat, antioksidan. 

SPF tinted terbaik untuk kulit kombinasi

CeraVe Hydrating Sunscreen SPF 30 Face Sheer Tint

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Melembapkan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Untuk pilihan kandungan mineral yang telah disetujui oleh para ahli, Michelle juga menyarankan tabir surya berwarna dari CeraVe. Tabir surya ini memberikan perlindungan SPF 30 yang ringan dan memiliki warna yang halus untuk meratakan warna kulit Anda. Dan karena bebas minyak, ringan, dan mengandung niacinamide, produk ini juga cocok untuk kulit kombinasi.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya membeli produk ini pada musim panas lalu dan hasilnya luar biasa! Saya bukan orang yang suka dandan karena kulit saya berminyak dan mudah berjerawat, jadi tabir surya berwarna ini sangat cocok untuk saya! Saya ingin membelikannya untuk Ibu, Bibi, dan siapa pun, sangat merekomendasikan!" -Iris

Bahan-bahan utama: Zinc oxide, titanium dioxide, ceramide, hyaluronic acid, niacinamide.

Sunscreen isi ulang terbaik

Fenty Skin Hydra Vizor SPF 30 Sunscreen Moisturizer

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Vegan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Salah satu tujuan tidak resmi Rihanna dengan merek Fenty Skin yang dinamai sama dengan namanya adalah membuat pelindung matahari yang mewah, dan praktis, untuk semua warna dan jenis kulit. Masuklah: Sunscreen Moisturizer Hydra Vizor SPF 30, yang menggabungkan hidrasi dan perlindungan spektrum luas ke dalam satu langkah mudah.

Seorang pelanggan yang terkesan: Ini adalah pelembap & tabir surya yang sempurna untuk kulit saya. Tidak berminyak atau meninggalkan lapisan di wajah saya. Sempurna untuk digunakan di bawah riasan." - Amy O

Bahan-bahan utama: Melon Kalahari, niacinamide, asam hialuronat, lidah buaya, baobab.

SPF terbaik yang disetujui oleh para selebriti

Kinlò Golden Rays Sunscreen SPF 50+

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Tahan keringat dan air selama 80 menit.  
Kekurangan: Tidak ada. 

Tabir surya berwarna dari koleksi Kinlò milik bintang tenis Naomi Osaka ini merupakan produk wajib dalam rutinitas kecantikannya. "Saya suka menjaga kesederhanaan untuk riasan sehari-hari karena saya tidak terlalu banyak memakai riasan, tetapi untuk persiapan rapat dan wawancara, saya biasanya menggunakan Kinlò Golden Rays Sunscreen," katanya kepada Bazaar. "Produk ini memiliki sedikit warna, yang memberikan saya kilau yang luar biasa pada Zoom. Produk ini juga membantu melindungi kulit saya dari kerusakan akibat sinar biru."

Bahan-bahan utama: Minyak biji jojoba, safflower, dan ekstrak teh hijau.

Pelembap terbaik dengan SPF 40

Relevant Beauty One & Done Everyday Cream Broad-Spectrum SPF 40

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Melembapkan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Inilah pelembap lain yang berfungsi sebagai tabir surya mineral, dari salah satu pendiri Thirteen Lune, Nyakio Grieco. Produk ini juga mengandung niacinamide, ditambah campuran antioksidan yang bekerja dengan baik, untuk aplikasi "sekali pakai dan selesai" yang mencakup semua dasar perawatan kulit.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya suka krim wajah One and Done ini. Krim ini membuat kulit saya sangat halus. Saya suka kelembapan yang diberikannya. Ditambah lagi, saya suka dengan kandungan SPF 40 di dalamnya untuk perlindungan dari sinar matahari - ini benar-benar satu dan selesai. Saya hanya perlu mencuci muka dan semudah itu." - Youngatheart

Bahan-bahan utama: Squalane, natrium hyaluronat, ekstrak buah apel, ekstrak oat.

SPF terbaik untuk kulit berkilau

Cay Skin Isle Glow Face Moisturizer dengan SPF 45 dan Niacinamide

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Vegan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Produk perawatan kulit dari supermodel Winnie Harlow, Cay Skin, dibuat khusus untuk kulit sensitif. Pelembap bercahaya ini mengandung SPF 45 berspektrum luas bersama dengan niacinamide untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit Anda.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Sunscreen wajah favorit. Meninggalkan kilau yang bagus, tidak berminyak." -bwilso2

Bahan-bahan utama: Niacinamide, lumut laut, nektar yang melembapkan.

SPF terbaik untuk kulit berminyak

Black Girl Sunscreen Make It Matte SPF 45 Sunscreen

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Reef-friendly
Kekurangan: Tidak cocok untuk kulit kering.

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya SPF 45 berspektrum luas dari merek yang tidak hanya bebas pewangi, tetapi juga meninggalkan hasil akhir yang matte.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya suka produk ini. Sangat bagus untuk kulit berminyak dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Tidak terasa berat di wajah saya. Saya biasanya menunggu sekitar lima sampai 10 menit sebelum mengaplikasikan make up." -Jewels

Bahan-bahan utama: Avobenzone (3,0%), shea butter, minyak kelapa. 

Pelembap terbaik dengan SPF yang disetujui oleh editor

Keys Soulcare Protect Your Light Daily Moisturizer Broad-Spectrum SPF 30 Sunscreen

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Ringan. 
Kekurangan: Tidak cocok untuk kulit kering.

Kami menganugerahi pelembap harian Protect Your Light dari Keys Soulcare dengan Penghargaan Perawatan Kulit 2023 karena suatu alasan. Tidak hanya dapat diaplikasikan tanpa terlihat, pelembap ini juga memberikan kulit Anda cahaya yang sehat dan bercahaya setelah diaplikasikan.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Pelembab SPF 30 yang luar biasa! Mudah untuk digunakan! Menyerap dengan cepat ke dalam kulit dan terasa ringan, namun sangat melembapkan! Tidak ada noda putih dan aromanya yang luar biasa dan bersih!" - annac445

Bahan-bahan utama: Avobenzone (3,0%), squalane, niacinamide.

SPF terbaik untuk kulit sensitif

Farmacy Green Defense Daily Broad-Spectrum SPF 30 Mineral Sunscreen

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Reel-safe. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Lebih dari 700 penggemar kecantikan setuju: Tabir surya mineral yang tidak berminyak dari Farmacy ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk warna kulit yang lebih gelap. Selain melindungi dari sinar UV, tabir surya ini juga membantu menangkal kerusakan akibat sinar biru dan juga aman bagi terumbu karang.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya tidak tahu apakah tabir surya bisa lebih baik dari ini. Saya telah mencoba banyak tabir surya berbahan dasar zinc dan sering kali mereka menempel di kulit saya dengan cara yang jelas, membuat saya berjerawat atau terasa terlalu berminyak. Green Defense adalah produk luar biasa yang saya gunakan di akhir rutinitas perawatan kulit saya." - Tricia F.

Bahan-bahan utama: Zync oxide, air daun kelor, ekstrak biji kelor.

SPF tinted terbaik

Unsun Mineral Tinted Face Sunscreen dengan Broad Spectrum SPF 30

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Melembapkan. 
Kekurangan: Tidak ada. 

Tabir surya mineral berwarna dari Unsun ini dibuat dengan warna yang lebih gelap. Tabir surya ini juga bekerja dengan baik sebagai primer dan korektor warna dan tahan air hingga 80 menit per pemakaian.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya memberikan produk ini lima bintang. Saya merasa sangat beruntung telah menemukannya. Saya membelinya dalam warna terang untuk musim dingin dan warna sedang untuk musim panas. Sedikit saja sudah cukup. Saya mengaplikasikannya dengan ujung jari saya dan hasilnya luar biasa. Meninggalkan sedikit warna dan sangat melembapkan. Saya sering menggunakannya dengan setetes pelembap berwarna yang dicampur di dalamnya dan efeknya sangat indah. Ini juga merupakan dasar yang indah untuk alas bedak. Harganya sedikit mahal tapi sangat sepadan!" -Peggymag

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, titanium dioksida, minyak biji safflower, lilin lebah, ekstrak akar bit.

SPF yang paling viral

Supergoop! Unseen Sunscreen SPF 40

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Tanpa kandungan minyak.  
Kekurangan: Tidak ada. 

Para editor dan penggemar kecantikan memuji Unseen Sunscreen dari Supergoop, karena tidak hanya tidak terlihat, tetapi juga bebas minyak dan meninggalkan tekstur yang lembut dan lembut. Formulanya yang serbaguna membantu menyaring sinar biru, dan juga tahan air dan keringat hingga 40 menit.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Ini adalah tabir surya wajah favorit saya. Sangat ringan dan tidak meninggalkan residu. Saya juga suka dengan warnanya yang bening!" - Nancy

Bahan-bahan utama: Avobenzone (3%), ganggang merah, kemenyan, meadow foam seed complex.

SPF terbaik untuk kulit dewasa

Dr. Dennis Gross Skincare All-Physical Lightweight Wrinkle Defense Broad Spectrum Suncreen SPF 30

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Tanpa kandungan minyak, dan reef-safe.
Kekurangan: Tidak ada. 

Dennis Gross Skincare ini dengan mudah melebur ke dalam semua warna kulit, berkat formula zinc oxide yang transparan dan mengandung mikronisasi.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya telah menggunakan produk ini selama 3 minggu dan hasilnya luar biasa. Tidak ada noda putih. Hal terbaik dari produk ini adalah saya memiliki kulit berjerawat dan selama 3 minggu terakhir kulit saya benar-benar bersih. Tidak ada hal lain yang berubah kecuali saya menggunakan produk ini." -SB99

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, bearberry, seabuckthorn, lingonberry, dan asam ferulat.

SPF Reef-safe terbaik

Kinship Self Reflect Sunscreen Broad Spectrum SPF 32

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Membantu menyiapkan kulit untuk riasan.
Kekurangan: Tidak ada. 

Lebih dari 500 pelanggan Credo Beauty dan terus bertambah terus menggunakan tabir surya mineral yang melembapkan dan aman bagi terumbu karang ini. Selain memberikan perlindungan yang luas, tabir surya ini juga menggunakan probiotik nabati untuk membantu memperkuat penghalang kulit, berbicara tentang mendapatkan manfaat yang sepadan dengan harga yang Anda keluarkan.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya menggunakan tabir surya ini setiap hari! Produk ini keluar dari tabung dengan sedikit warna tetapi tetap bening. Sama sekali tidak ada noda putih. Saya telah membuang banyak uang untuk mencoba tabir surya lain yang mengklaim tidak memiliki noda putih, tetapi ini adalah yang terbaik." -SKW

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, minyak biji raspberry merah, ekstrak akar licorice, ekstrak buah apel.

SPF serum terbaik

Eleven by Venus Williams Unrivaled Sun Serum SPF 40

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Ringan.
Kekurangan: Kemungkinan tidak cocok bagi Anda yang menyukai formula sunscreen pada umumnya.

Diciptakan oleh pemain tenis profesional Venus Williams, tabir surya bebas pewangi ini dapat digunakan seperti serum andalan Anda dan mengandung 25 persen zinc oxide. Ditambah dengan kandungan alami yang menenangkan kulit seperti prickly pear, menjadikannya produk yang tepat untuk dipakai setiap hari sebelum melangkah keluar rumah.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Saya langsung menyukai produk ini! Saya belum pernah memakainya saat berolahraga di luar ruangan yang penuh keringat atau apa pun, tetapi ini adalah tabir surya harian yang indah, bercahaya, dan mudah digunakan untuk bekerja. Sangat senang sekali." - Rose

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, minyak kulit jeruk, ekstrak kulit jeruk, ekstrak buah kelapa.

SPF pencerah terbaik

Bolden SPF 30 Brightening Moisturizer

Courtesy of Bazaar US

Kelebihan: Mengandung vitamin C, praktis diaplikasikan, anti-aging.
Kekurangan: Kemungkinan tidak cocok bagi Anda yang menyukai formula sunscreen pada umumnya.

Sebagai pelembap dan tabir surya yang seimbang, formula SPF 30 favorit para penggemar Bolden Skincare ini mengandung vitamin C yang mencerahkan dan squalane yang melembapkan untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit dari waktu ke waktu. Krim yang kaya antioksidan ini juga meminimalkan garis-garis halus dan kerutan dengan baik, dan bersifat non-comedogenic bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat.

Seorang pelanggan yang terkesan: "Ini adalah pelembap favorit saya. Ini membuat kulit saya sangat lembut dan cahayanya mengubah hidup saya." -Tracy H.

Bahan-bahan utama: Zinc oksida, minyak kulit jeruk, ekstrak kulit jeruk, ekstrak buah kelapa.

BACA JUGA:
Ini Sunscreen yang Bisa Lindungi Kulit dari Penuaan Dini Akibat Sinar UVA dan UVB Sekaligus Cocok Buat Makeup
Manfaat Sunscreen yang Tidak Mengandung Vitamin E untuk Kulit Sensitif

(Penulis: Madge Maril dan Tiffany Dodson; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)