Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cerita Unik Di Balik Gaun-Gaun Termahal Dalam Sejarah Kultur Pop

Dengan harga yang di luar jangkauan kebanyakan orang, tidak ada salahnya mengapresiasi kreasi-kreasi fenomenal ini dari jauh.

Cerita Unik Di Balik Gaun-Gaun Termahal Dalam Sejarah Kultur Pop
(Foto: Courtesy of Ripley's Believe it or Not, Dok. Ripley Entertainment)

Uang tidak dapat membeli segalanya, namun di sejarah fashion dan kultur pop, atau pop culture, momen-momen akbar yang membekas di benak banyak orang kerap melibatkan tampilan fenomenal yang tentunya tidak murah. Teknik kerja tangan presisi, penggunaan material terbaik serta yang tak terduga, not to mention kreativitas dan ciri khas masing-masing desainer yang tidak terduakan menjadi beberapa faktor terbesar dari nilai sebuah busana. Terlintas gaun-gaun legendaris yang berhasil mendaulat status ikonis via layar lebar, karpet merah, maupun pernikahan sosok-sosok tersohor di dunia.

In no particular order, berikut adalah sederet busana ikonis yang membuat pernyataan ekstra, dengan harga yang sepadan.

  • Gaun pernikahan Amal Clooney dengan George Clooney

(Foto: Courtesy of Getty Images)

Dengan estimasi harga $380,000, gaun Oscar de la Renta putih dengan potongan neckline off the shoulder serta material lace Chantilly bermotif floral ini berhasil mengabadikan momen spesial hari pernikahan sosok pengacara serta aktivis berketurunan Lebanon ini dengan aktor George Clooney di tahun 2014 silam.

Dirancang oleh Oscar de la Renta sendiri, tumpukan tule pada bagian bawah menciptakan momen dramatis dengan setiap pergerakkan, disempurnakan dengan bagian bodice yang menampilkan aransemen payet dan kristal yang kaya intrikasi namun tetap subtil dan minimal, sesuai dengan kepribadian Amal.
  • Gaun ‘Happy Birthday Mr. President’ Marilyn Monroe

(Foto: Courtesy of American Foreign Press, Getty Images)


Generasi Z mungkin mengenal wujud legendaris gaun ini setelah dikenakan oleh Kim Kardashian ke ajang Met Ball tahun lalu, namun jejaknya yang penuh skandal melampaui anak-anak tangga di museum Met malam itu. Dirancang oleh Bob Mackie dan Jean Louis, gaun ketat berwarna krem dengan ornamen kristal ini kabarnya diperoleh bintang Hollywood Marilyn Monroe dengan harga $1,440 pada tahun 1962.

Ia mengenakannya untuk menghadiri gala perayaan ulang tahun ke-45 presiden AS kala itu, John F. Kennedy. Kendati rumor yang sudah tersebar luas mengenai hubungan terlarang keduanya, ia mempersembahkan lagu ulang tahun dengan gelagat genit dan suara serak basahnya yang menjadi bahan pembicaraan sejuta umat. Sejak momen itu, nilai gaun ini pun sukses melejit seolah over night. Di tahun 1999, gaun ini dilelang dengan harga $1,6 juta, dan pada tahun 2016, museum Ripley’s Believe it or Not memperolehnya dengan nominal $4,8 juta untuk menjadi eskhibisi tetap di arsipnya.

(Foto: Courtesy of Cindy Ord, The Met Museum, Dok. Getty Images)
  • Gaun strapless putih Jennifer Lawrence untuk ajang Oscars 2013

(Foto: Courtesy of Getty Images)

Beberapa momen mengejutkan pernah terjadi di panggung Oscars, salah satunya ketika sosok aktris Jennifer Lawrence terjatuh di tangga saat menuju panggung untuk menerima penghargaannya dalam predikat Best Actress pada tahun 2013 silam untuk film Silver Lining's Playbook. Terlihat menutupi wajah dengan tangannya karena malu, bidikan puluhan lensa kamera justru berhasil menyorot gaun Christian Dior oleh Raf Simons yang tetap tampil optimal, bahkan elegan. Konstruksi struktural yang kokoh pada siluet menggembung di bagian bawah gaun membentuk lekuk dramatis dengan volume ekstra yang semakin nyata dengan posisi Jennifer saat terjatuh. Kabarnya, gaun ini memiliki nilai lebih dari $4,000,000!

Tidak sengaja atau sebuah strategi PR? Either way, iconic!

(Foto: Courtesy of Getty Images)

  • Gaun Royal Wedding Kate Middleton dengan Pangeran William

(Foto: Courtesy of Chris Jackson, Getty Images)

Seperti yang banyak orang ketahui, pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris menjadi sebuah ajang tersendiri yang dinanti-nanti warga negara Inggris, serta seluruh dunia lewat layar televisi. Untuk helatan historis yang berlangsung pada tanggal 29 April 2011 lalu ini, Direktur Kreatif, Sarah Burton, dengan atelier rumah mode Alexander McQueen merancang gaun satin dan lace Chantilly yang menjembatani unsur tradisi dengan sensibilitas modern yang segar.

Siluet santun yang menutup mayoritas dada, bahu, dan lengan ini juga dilengkapi dengan bagian train yang memiliki panjang 2,7 meter, menciptakan momen dramatis yang sekaligus sarat tradisi. Saat diinspeksi lebih lanjut, nyatanya material lace di bagian bodice gaun ini menampilkan motif botani tudor rose, daffodil, Scottish thistle, serta shamrock yang melambangkan bunga-bunga nasional Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Kabarnya, orang tua Kate Middleton membayar £250,000 atau kurang lebih $400,000 untuk gaun pernikahan sang putri.

(Foto: Courtesy of Getty Images)
  • Dress emas Nicole Kidman di Academy Award 1997

(Foto: Courtesy of Kevin Mazur, Wire Images)

Menghadiri ajang prestisius Academy Award yang ke-69 dengan Tom Cruise, suaminya kala itu, Nicole Kidman dibalut dengan rancangan John Galliano untuk rumah mode Christian Dior yang berhasil mencuri bidikan lensa fotografer serta atensi jutaan penonton di rumah. Siluet column yang semakin mengaksentuasikan tubuh ramping dan tinggi Nicole ini terbuat dari material silk dengan imbuhan bordir bunga, sekaligus belahan di sisi dress yang mencapai bagian paha.

Dengan estimasi harga $2,000,000, dress dengan kilau emas ini berhasil menuai status ikonis sebagai dress termahal kedua yang pernah melintasi karpet merah ajang penghargaan dunia sinema. Melalui beberapa wawancara, Nicole pun menyatakan dress ini sebagai salah satu tampilan favorit di sepanjang kariernya. Predikat ikonisnya pun membuahkan kreasi adibusana memukau ini halaman Wikipedia-nya tersendiri.

  • Dress hitam Audrey Hepburn di film Breakfast at Tiffany’s



Siapa yang tak kenal dengan sosok Audrey Hepburn sebagai karakter Holly Golightly di film klasik Breakfast at Tiffany’s? Dipadankan dengan sepasang sarung tangan, kacamata hitam, kalung mutiara, serta tata rambut beehive untuk tampilan chic yang effortless, gaun hitam rancangan rumah mode Givenchy yang menjadi busana pembuka film adaptasi buku Truman Capote ini bisa dibilang menjadi blue print setiap versi baru little black dress yang mengikutinya.

Di tahun 2006, rumah lelang Christie’s mengestimasikan nilai dress ini di kisaran £50,000 hingga £70,000, namun nyatanya berhasil mencapai angka £467,200. Lebih menarik lagi, akuisisi terakhirnya di tahun 2022 mencapai lebih dari $928,000. A piece of cinematic history, for sure.

  • Dress mutiara Lupita Nyong’o untuk ajang Oscars 

(Foto: Courtesy of Dan MacMedan, WireImage)

Diestimasikan mencapai $150,000, kreasi Francisco Costa untuk rumah mode Calvin Klein ini terbuat dari 6000 butir mutiara asli dengan tekstur dan kilau yang berhasil memikat atensi para penonton ajang Oscars tahun 2015 lalu. Beberapa hari setelahnya, dress berpotongan halter neck ini kembali membuat headline ketika sempat menghilang dari kamar hotel sang aktris di West Hollywood, bahkan melibatkan campur tangan polisi setempat untuk akhirnya mendapatkannya kembali.

What a story!