Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Glasses vs. Sunglasses, Apa Perbedaannya?

Mempunyai fungsi dan gaya yang hampir sama, namun masih berbeda. 

Glasses vs. Sunglasses, Apa Perbedaannya?
Courtesy of Pexels

Glasses, atau eye-glasses, dan sunglasses merupakan tipe jenis kacamata yang banyak ditemukan di dunia fashion. Lalu, apa perbedaannya diantara dua kacamata ini? Simak penjelasannya berikut. 

BACA LAGI: Tom Ford Meluncurkan Koleksi Kacamata Terbaru Tahun 2023 di Optik Seis

1. Fungsi

Kacamata biasa, yang bisa disebut juga dengan eye-glasses, mempunyai fungsi yang lebih khusus dibandingkan dengan sunglasses. Fungsi utamanya adalah untuk membantu para individu yang memiliki masalah penglihatan, seperti mata minus, plus, dan silinder, dan menjaga visi mereka agar tidak menjadi lebih parah. Oleh karena itu, lensa di kacamata tersebut membutuhkan lensa khusus karena pembuatannya butuh resep dari dokter. 

Beda dari eye-glasses, sunglasses merupakan kacamata yang melindungi mata dari sinar matahari. Beberapa sunglasses memang butuh resep dari dokter, khususnya bagi mereka yang memang sudah ada masalah penglihatan, tetapi tentu tidak semuanya. Kacamata ini memiliki dua lensa yang digelapkan untuk menyaring cahaya agar penglihatan kita terjaga dari sinar matahari yang terang dan berpotensi merusak mata. 

2. Desain

Dalam segi desain, pastinya kedua tipe kacamata ini pun berbeda. Meskipun masing-masing kacamata biasanya terbuat dari kombinasi antara plastik, dan metal atau logam, desain estetikanya bisa sangat berbeda. Desain eye-glasses biasanya lebih konservatif dan simpel, dibandingkan dengan desain sunglasses yang dapat lebih eksplor dan bereksperimentasi, contohnya dengan bermain dengan warna yang lebih variatif atau ukuran lensa yang besar ataupun kecil. Ini karena sunglasses dapat menjadi sebuah fashion statement piece dan lebih cocok digunakan sebagai aksesoris pelengkap penampilan. 

3. Frekuensi pemakaian

Perbedaan utama antara glasses dan sunglasses pun ada di frekuensi pemakaiannya. Glasses wajib dipakai setiap hari jika Anda memiliki kebutuhan khusus. Jika tidak pun, Anda tetap harus memakai softlens, agar penglihatan lebih jelas. Ini karena penglihatan yang jelas dibutuhkan untuk keseharian Anda, seperti untuk membaca, untuk menyetir, dan untuk segala aktivitas yang dilakukan. Sedangkan, sunglasses biasanya dipakai di hari atau momen tertentu, dan lebih sering dipakai saat liburan musim panas. Karena itu, desain eye-glasses lebih terkesan simpel, sederhana, dan timeless karena lebih mengutamakan functionality dan kepraktisan pemakaian dalam kehidupan sehari-hari para pengguna.

4. Kesesuaian dengan wajah

Biasanya hal ini menjadi penting dalam memilih sebuah kacamata, apalagi eye-glasses, yang dipakai hampir setiap hari dan setiap saat. Dalam memilih sebuah kacamata, penting untuk tahu bentuk wajah kita dan membeli desain yang sesuai agar aksesoris essential dapat melengkapi wajah Anda, bukan merubah penampilannya. Walaupun penting untuk memilih sunglasses dengan pertimbangan yang sama, tidak ada salahnya untuk lebih bereksperimentasi dengan beragam desain dan gaya, apalagi jika Anda memakainya sebagai sebuah statement piece yang ikonis.

BACA LAGI:

Izipizi Memperkenalkan Kacamata Hitam Terbaru Yang Ramah Lingkungan

Aura Audrey Hepburn Ala Kendall Jenner Lewat Perpaduan Headscarf dan Kacamata Hitam

(Penulis: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of Pexels)