Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Frank Ocean: Salah Satu Musisi yang Berpengaruh Di Dekade Ini

Melalui seni dan kehadirannya, Frank telah mencari kebebasan tanpa batas.

Frank Ocean: Salah Satu Musisi yang Berpengaruh Di Dekade Ini
Courtesy of Instagram @blonded

Frank Ocean, penyanyi “Thinkin Bout You” yang berumur 34 tahun, bisa dibilang merupakan salah satu artis paling berpengaruh di bidang musik dan pop culture. Lagu-lagu di Blonde, album terakhir yang dia rilis pada Agustus 2016, melambungkannya ke status icon dan mengukuhkan statusnya sebagai salah satu musisi paling berpengaruh dekade ini. Di antara yang pertama memadukan R&B, soul, rap, rock, dan musik elektronik. Pada tahun 2012, tahun dia merilis album besar pertamanya yang bertajuk Channel Orange yang di nominasi untuk enam Grammy Awards, ia mengungkapkan dalam sebuah surat di platform Tumblr bahwa cinta pertamanya adalah seorang pria, sebuah pengakuan yang luar biasa untuk artis berkulit hitam pada saat itu. 

Courtesy of Instagram @homer
Courtesy of Instagram @homer

Frank Ocean, lahir dengan nama Christopher Edwin Breaux, lahir di New Orleans dan dibesarkan oleh ibunya. Ia bekerja serabutan dari waktu ke waktu, hingga akhirnya menemukan passion nya dalam menulis lagu. Ia memulai karirnya sebagai ghostwriter untuk artis-artis ternama seperti Beyonce, Brandy, Justin Bieber, serta Alicia Keys. 

Saat berbicara tentang musik, Frank mengubah pemahaman kita tentang musik modern. Membahas tema-tema seperti masa muda, kepolosan, kehilangan cinta, kesepian, hasrat, dan kematian dalam musiknya dengan cara Frank yang terasa segar dan luar biasa membuat suara introspektif menjadi universal dan transenden. Ia merupakan seniman kontemporer yang berkomitmen untuk mengeksplorasi dunia artistik dalam arti yang paling mendalam, sehingga itulah mengapa ia bisa disebut salah satu seniman yang menentukan zaman kita. 

Courtesy of Instagram @homer
Courtesy of Instagram @homer

Tak hanya tertarik pada musik dan penulisan lagu, pada Agustus 2021 ia secara terbuka mengumumkan peluncuran Homer, sebuah perusahaan perhiasan mewah dengan desainnya sendiri yang terinspirasi oleh "obsesi masa kecil" dan "warisan sebagai fantasi". Proyek ini telah berjalan selama 3 tahun, dan Frank bertujuan untuk menjangkau penggemarnya yang berusia dua puluhan tahun keatas serta artis-artis yang terlibat di Instagram dengan karya Ben Baller dan Jacob the Jeweler mereka. Koleksi pertama perusahaan ini akan mencakup syal sutra tercetak dan perhiasan yang dibuat dengan tangan menggunakan 18- emas karat, perak murni daur ulang, enamel yang dilukis dengan tangan, dan berlian buatan laboratorium Amerika.   

Courtesy of Instagram @homer
Courtesy of Instagram @homer

Courtesy of Instagram @homer
Courtesy of Instagram @homer

Courtesy of Instagram @homer
Courtesy of Instagram @homer

Meskipun Frank Ocean dikenal sebagai penyanyi yang hobi melakukan hiatus selama 4 tahun setelah merilis album baru, dunia selalu penasaran untuk mengetahui apa langkah yang akan ia lakukan selanjutnya; karya musik maupun desain perhiasannya, yang akan membuat kita kagum seperti biasa.

Penulis: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of Instagram @blonded & @homer