Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Omega Memperingati 50 Tahun Kejadian Bersejarah Apollo 13 dan Snoopy

Keduanya adalah bagian bersejarah dari Omega sebagai pembuat jam tangan yang patut dilestarikan.

Omega Memperingati 50 Tahun Kejadian Bersejarah Apollo 13 dan Snoopy

Omega baru saja menandai 50 tahunnya sejak Apollo 13 terjadi, tepatnya pada tanggal 17 April yang lalu. Misi Apollo 13 sendiri diluncurkan di tahun 1970 dan menjadi salah satu kejadian paling bersejarah dan menegangkan. Saat peluncuran terjadi, tak ada satu pun yang mengetahui bahwa akan ada bencana yang akan datang. Lalu, apa hubungannya dengan Omega? Pada kejadian tersebut, jam tangan Omega Speedmaster memiliki peranan penting dalam proses para kru astronot yang bertugas untuk dapat kembali ke bumi dengan selamat.

Sebelumnya, sejak tahun 1965 jam tangan tersebut sudah diberikan kepada para astronot sebagai backup jika saja mereka tidak bisa menggunakan timer digital pada saat misi berlangsung. Kemudian, benar saja, permasalahan besar muncul pada misi Apollo 13 yang tak diduga-duga saat dalam perjalanan ke bulan, yang kemudian jam tangan Speedmaster langsung difungsikan sebagai backup. Permasalahan yang muncul datang dari tangki oksigen yang meledak sehingga menyebabkan para astronot berada di situasi yang berbahaya dan harus melupakan misi untuk pergi ke bulan, dan langsung fokus untuk pulang ke bumi.

Strategi penyelamatan pun dilakukan langsung dari arahan Houston untuk segera memindahkan para astronot ke lunar module. Disayangkan, pesawat yang mereka tumpangi tak dapat mengakomodir banyak orang untuk waktu lama. Sehingga dibutuhkan trik untuk penyimpanan energi, yang mewajibkan seluruh kru mematikan tenaga dan timer digital tak lagi dapat diandalkan sekaligus membuat para astronot tak memiliki penerangan dan dalam keadaan membeku.

Dalam situasi mencengangkan tersebut, Pilot Jack Swigert yang tak lagi memiliki kendali atas timer digital lalu menggunakan jam tangan Omega Speedmaster Professional chronograph, sementara komandan James Lovell memimpin pesawat sambil menggunakan cakrawala bumi sebagai penuntunnya. Manuver unik yang dilakukan lalu bekerja dengan sempurna dan akhirnya, pada tanggal 17 April, setelah 142 jam dan 54 menit perilisan Apollo 13, seluruh kru mendarat dengan selamat di Samudra Pasifik Selatan. Kejadian tersebut lantas mengantarkan Omega yang pada tanggal 5 Oktober 1970, mendapatkan penghargaan Silver Snoopy Award dari NASA sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya dalam peristiwa tersebut. 

Snoopy sendiri menjadi maskot tak resmi untuk penghargaan bergengsi NASA tersebut, karakter tersebut dipilih akibat karakternya yang dapat tetap tenang di situasi yang serius dan sosoknya sebagai safety watchdog. Sejak itu, Omega menjadikan Snoopy dan Apollo 13 sebagai bagian dari Omega dan beberapa jam tangan dengan ilustrasi Snoopy telah dibuat sebagai peringatan anniversary sejak kejadian Apollo 13. Salah satunya adalah Speedmaster "Silver Snoopy Award" 50th Anniversary yang dirilis pada tahun 2020. Jam tersebut memperlihatkan spirit easy going yang dinyatakan Snoopy dengan dial yang menggambarkan Snoopy, sekaligus caseback dinamis dengan grafik Snoopy seakan terbat mengitari orbit mengelilingi bulan.

Tak hanya sebagai jam tangan yang indah dan menyenangkan untuk dipandang, jam tangan ini dapat menjadi atribut yang menghiasi pergelangan tangan Anda dengan cerita bersejarah dibaliknya. Sekaligus sebagai wujud pengingat waktu yang penuh presisi dan tak perlu diragukan lagi, dapat sekali diandalkan. Sebuah mahakarya Omega yang telah menjelajahi luar angkasa selama 60 tahun lamanya.

 (FOTO: Courtesy of Omega)