Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ternyata Melihat Alur Cerita Duka di Televisi itu Penting!

Karakter yang kita kenal dan sukai di layar dapat memberi kita pemahaman dan kenyamanan yang vital.

Ternyata Melihat Alur Cerita Duka di Televisi itu Penting!
Courtesy of BAZAAR UK

“Dan begitu saja... Big meninggal."

Meskipun itu memengaruhi kita semua di beberapa titik dalam hidup kita, kematian, kesedihan, dan semua perasaan yang menyertainya, tetap sulit untuk dibicarakan. Selama beberapa tahun terakhir, kita telah melihat lebih banyak duka dalam skala global daripada sebelumnya selama hidup kita. Dan, meskipun percakapan tidak diragukan lagi meningkat, kematian masih terasa seperti topik yang tabu – membuat alur cerita kesedihan dan representasi di layar kita begitu penting.

Baca juga: 10 Lagu Paling Membuat Sedih Sepanjang Masa

Baru-baru ini, acara seperti After Life, Euphoria dan reboot Sex And The City; And Just Like That, semuanya kembali ke layar kita dan menggambarkan kesedihan dengan cara yang berbeda. After Life karya Ricky Gervais terus menggambarkan bagaimana kemarahan dapat mengambil alih ketika Anda kehilangan seseorang yang Anda cintai. Peran Zendaya dalam Euphoria sebagai remaja bermasalah, Rue, menunjukkan keputusan buruk yang mungkin kita buat untuk menghilangkan rasa sakit karena kehilangan. Sementara kembalinya Carrie Bradshaw menyoroti kenyataan memilukan sebagai seorang janda.

”Kesedihan sangat mengasingkan dan dapat menyebabkan perasaan kesepian, yang sulit dipahami orang lain,” jelas seorang psikolog, Emma Kenny. “Ketika kesedihan digambarkan dan direpresentasikan di TV dan media sosial, itu mengingatkan individu yang berjuang bahwa mereka tidak sendirian dan, yang lebih penting, bahwa mereka diakui dan dipahami. Kesedihan dapat menimbulkan trauma dan kompleks, jadi ketika mereka melihat orang lain mengatakan bahwa reaksi ini dapat dimengerti dan juga umum, itu dapat membantu meredakan rasa kehilangan.”

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Kehilangan adalah hal yang menakutkan dan mengasingkan yang tampaknya merupakan bahasa asing bagi mereka yang belum pernah mengalaminya, jadi menonton pengalaman karakter di layar dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang belum mereka ketahui. Demikian juga, bagi mereka yang berduka, merasa nyaman bahwa Anda tidak sendirian. Tapi, yang terpenting, cerita-cerita ini memberikan ruang untuk membicarakan kematian dan kesedihan secara lebih terbuka.

Kami tidak hanya di sini untuk diri sendiri, kami di sini untuk orang lain - Tony Johnson, After Life

“Sayangnya, kita hampir tidak berbicara cukup banyak tentang kematian, dan karena kita gagal untuk menormalkan peristiwa manusia yang sepenuhnya alami ini, kita membuat proses berduka terasa seperti pengalaman emosional rahasia yang bisa terasa sangat ditinggalkan,” catat Emma. “Melihat orang lain mencerminkan perasaan, sentimen, proses, dan rasa sakit Anda secara terbuka menciptakan basis izin bagi Anda untuk melakukan hal yang sama.”

Menyaksikan pemakaman Big dengan mata buram, sahabat saya dan saya saling berpelukan. Kami tahu persis saat kami dibawa kembali – mengucapkan selamat tinggal kepada ayah saya, yang meninggal pada tahun 2014. Dia adalah figur ayah yang sama seperti dia bagi saya, secara teratur menggodanya untuk rambut ginger miliknya atau melakukan pertunjukan khusus sebelum tidur dengan boneka kami. Tapi yang terpenting, dia mencintai betapa kami saling mencintai. Hati saya hancur karena dia tidak pernah tahu bahwa kami akhirnya memainkan permainan masa kecil Mary-Kate dan Ashley kami di apartemen New York. Alih-alih menukar East Village dengan flat kami di London bagian timur, atau bahwa setiap kali kami melakukan karaoke, kami menyanyikan hati kami untuk Anastasia, karena itu adalah sebuah guilty pleasure. Menonton adegan bersama hampir memberi kami izin untuk berbicara tentang dia dan kesedihan kami bersama.

“Dengan membuka percakapan ini, kesempatan untuk katarsis emosional dihadirkan,” jelas Emma. “Semakin kesedihan dinormalikan, semakin mereka yang berduka merasa berhak untuk berbicara tentang rasa sakit dan kehilangan mereka.” Memang benar – momen ini membuat saya merasa tidak terlalu sendirian. Ketika kita berduka, mudah untuk tidak meluangkan waktu untuk itu, tetapi momen inilah yang membuat kita melakukan hal itu.“

Sepertinya sudah berapa lama kita mengenalnya, tapi belum cukup lama - Miranda Hobbs, And Just Like That

Saya bukan satu-satunya yang menemukan kenyamanan di layar. “Belum pernah saya membuat saya menyadari bahwa kesedihan datang dengan cara yang berbeda dan Anda harus melakukan yang terbaik untuk Anda,” kata penulis Michelle Theil kepada saya. Dia kehilangan ayahnya pada usia 19 dan mengatakan dia menemukan kenyamanan besar dalam acara Netflix, yang juga membantunya membuat keputusan untuk pergi ke terapi. “Pertunjukan ini memiliki karakter yang kehilangan ayahnya dan dia melanjutkan hal-hal seperti yang saya lakukan, dan untuk waktu yang lama saya terus merasa seperti anak kecil.”

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

“Saya merasa bersalah karena saya tidak berduka dengan cara yang sama seperti ibu saya, tetapi pertunjukan itu membuat saya menyadari bahwa ini adalah perjalanan pribadi dan semua orang melakukannya secara berbeda. Anda tidak perlu melakukan apa yang orang-orang suruh Anda lakukan, butuh waktu untuk menyadari apa yang terbaik untuk Anda.”

Dalam episode terakhir dari musim kedua Euphoria, Zendaya yang memainkan peran Rue membuka kepada Lexi yang diperankan oleh Maude Apatow tentang bagaimana dia menghadapi kehilangan ayahnya dengan membuat dirinya mati rasa karena penyalahgunaan narkoba. Dia telah menyaksikan perjalanannya sendiri yang ditampilkan kembali dalam bentuk drama sekolah Lexi, dan melihat bagaimana perilakunya terlihat melalui mata mantan sahabatnya. Kami menyaksikan pertunjukan itu berulang kali menampilkan pemakaman ayah Rue; bagaimana Rue relapse. Dia menyaksikan hidupnya berubah di atas panggung, tetapi pertunjukan itu juga memberinya perspektif baru tentang traumanya. Dia memutuskan sejak saat itu untuk lebih memaafkan dirinya sendiri.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

“Kami belajar banyak hal dari orang lain, dari TV dan film,” Michelle setuju. “Kami banyak melihat ke dalam diri, jadi jika kami menonton pertunjukan dengan penggambaran kesedihan dan Anda memiliki adegan di mana keluarga dan teman-teman mendukung dan berbicara satu sama lain, maka Anda menyimpannya di belakang pikiran Anda dan menerapkannya pada kehidupan nyata ketika itu terjadi pada seseorang yang dekat dengan Anda.”

Aku merindukanmu, Ayah. Aku merindukanmu sampai aku memejamkan mata - Rue Bennett, Euphoria

Lebih sering daripada tidak, kita takut membuat situasi yang menyedihkan menjadi lebih buruk dengan mengatakan hal yang salah; namun, teman di layar kami juga dapat membantu. “Jika kita melihat seseorang mengatakan sesuatu yang seharusnya tidak mereka katakan kepada seseorang yang sedang berduka, kita juga menerapkannya,” tambah Michelle. "Ini memungkinkan orang untuk lebih terbuka dan tidak merasa takut untuk membicarakannya - sangat merusak menderita dalam diam."

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

“Tidak ada cara sempurna untuk mendukung siapa pun melalui kesedihan karena kita semua dibangun secara emosional secara berbeda,” saran Emma. “Hal utama yang harus diingat adalah lebih baik mengatakan atau melakukan sesuatu yang 'salah', daripada mengatakan atau tidak melakukan apa-apa. Sungguh mencengangkan betapa banyak teman yang hilang ketika seseorang menghadapi kehilangan yang kritis, dan tak terhindarkan pengabaian semacam ini dapat menambah waktu yang sudah sangat menyakitkan. Tindakan terbaik adalah dengan muncul dan bertanya kepada mereka apa yang menurut mereka berguna.”

Yang terpenting, televisi mengingatkan kita bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk mengatasi kesedihan, tetapi kita harus memberi diri kita izin untuk mendiskusikan perasaan kita secara terbuka. Namun, menonton representasi kesedihan di layar saat Anda mengalaminya sendiri bisa sangat sulit dan memicu. Lakukan dengan sensitif, teliti konten acara sebelumnya, dan pastikan Anda berada dalam kerangka berpikir yang benar sebelum terjun.

Inilah harapan untuk cerita yang lebih sensitif.

Apa yang harus saya lakukan jika saya dipicu oleh kesedihan di layar?

"Setiap kali kesedihan datang tiba-tiba, dan Anda bertanya-tanya mengapa Anda tiba-tiba kewalahan, perhatikan apa yang terjadi sehingga Anda merasa seperti itu," saran Emma. “Biasanya, itu adalah sesuatu yang mungkin menyebabkan Anda mengingat detail yang tidak jelas dari orang yang Anda cintai, mungkin adegan di rumah sakit, atau seseorang yang berbicara tentang kematian yang mencerminkan apa yang Anda alami. Coba renungkan aspek apa yang paling mempengaruhi Anda karena ini akan memberikan wawasan tentang mengapa Anda merespons dengan sangat kuat.

"Anda tidak dapat menghindari pemicu sepenuhnya, tetapi Anda dapat memilih untuk mengambil waktu dari program dan umpan media sosial yang mencakup aspek yang telah Anda identifikasi. Ingatlah bahwa bagian dari proses penyembuhan adalah untuk secara bertahap merasa kurang hancur dan karena itu kurang dipicu secara teratur dan untuk memperhatikan peningkatan ini Anda perlu memaparkan diri Anda pada pengingat sulit tertentu dari waktu ke waktu karena ini akan membantu Anda mengukur di mana Anda berada dalam perjalanan penyembuhan Anda.

Bagaimana cara membantu mereka yang berduka?

“Anda tidak dapat menyembuhkan kesedihan, tetapi Anda mungkin dapat membantu mereka menjaga kebersihan. Anda dapat memastikan mereka memiliki cukup makanan bergizi di lemari es mereka karena orang sering berhenti mempraktikkan perawatan diri ketika mereka berjuang, ” kata psikolog Emma. “Biarkan mereka menangis seperti yang mereka butuhkan dan hanya hadir bersama mereka ketika mereka melakukannya, hindari memberi tahu mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja, atau waktu akan menyembuhkan kehilangan mereka dan sebaliknya hanya meyakinkan mereka bahwa Anda berniat untuk mendukung mereka selama waktu yang mengerikan ini. Biarkan mereka berbicara tentang orang yang mereka cintai dan jangan takut untuk berbagi cerita dan kenangan Anda sendiri, orang ini mungkin hilang, tetapi mereka pasti tidak akan dilupakan.

Baca juga:
Kenali Cara Membedakan antara Sedang Depresi dan Merasa Sedih Saja

16 Film Paling Menyedihkan Pilihan Bazaar

Penulis: Jessica Davis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK