Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15+ Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta Saat Ramadan 2022

Hidangan melimpah dengan sentuhan kemewahan yang ditawarkan oleh hotel bintang lima ibu kota.

15+ Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Jakarta Saat Ramadan 2022
Foto: Courtesty of The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place

Buka puasa bersama menjadi momen berkumpul yang paling sering diagendakan saat Ramadan. Dari berbagai restoran yang ada di Jakarta, kami telah merangkum lebih dari 15 tempat berbuka puasa yang ditawarkan oleh hotel-hotel bintang lima. Selain dengan sentuhan kemewahan, hidangan yang disajikan pun terbilang melimpah dengan dominasi menu lokal dan Timur Tengah. Anda pun bisa memilihnya berdasarkan tempat yang paling mudah dijangkau maupun menu yang ingin Anda cicipi.

1. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place

Berbuka puasa di tempat yang spesial dengan menu istimewa Timur Tengah yang otentik tentu akan membuat momen suci ini semakin berkesan dan hidup.

Pa.So.La yang berlokasi di lantai 6 The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk menyuguhkan beragam menu iftar yang tersedia dalam konsep buffet sepanjang bulan Ramadan. Yang membuatnya berbeda tahun ini adalah sajian khas Timur Tengah, termasuk Turki, selain masakan Indonesianya. Tak tanggung-tanggung, Pa.So.La menghadirkan chef dari The Ritz-Carlton, Istanbul, yakni Chef Onur Kılıçaslan untuk menyiapkan langsung makanan Turki di Jakarta dengan bahan-bahan yang autentik agar pengalaman bersantap Ramadan Anda semakin terasa.

 Beberapa sajian unggulan yang patut Anda coba adalah Kolak Sumsum, Kambing Guling, Nasi Kuning Makluba, Crispy Whole Barramundi Spiced Woku Vegetable Salsa, Beef Rendang, dan Buntut Balado. Jangan lupa untuk mencicipi Turkish Appetizers dan Turkish Pistachio Baklava yang ditawarkan. Sebagai pelengkap, Pa.So.La juga menyajikan beragam minuman eksotik Timur Tengah seperti Rhutab, Mango Lassi, dan Ayran.

2. Four Seasons Jakarta

Palm Court dihiasi dengan ornamen khas Timur Tengah termasuk kursi hijau zamrud dan tiang-tiang tinggi yang akan mengingatkan kita pada oasis di padang gurun. Menu jamuannya adalah masakan khas kampung tradisional dan menu klasik Arab yang dikurasi oleh tiga chef yakni Tri Priyanto, Darius Tjahja and Asep Hamdani. Anda diundang untuk mencicipi hidangan seperti Cold Mezze Platter, US Short Ribs Garang Asam, Ayam Bakar Taliwang, dan takjil. Sementara di live station ada Shawarma Corner, Mie Ayam, Siomay dan beragam Sate yang bisa Anda pilih. Signature Iftar di Palm Court dapat Anda reservasi dengan harga mulai dari 453,000++ rupiah per orang.

Untuk Anda yang ingin menikmati berbuka puasa di rumah, Iftar2Go dapat menjadi pilihan. Nikmati menu lokal favorit sepanjang masa seperti Braised Australian Beef Rendang Curry, Udang Bakar Sambal Matah dan Ayam Bakar Jahe Emprit Ketumbar, bersama dengan pilihan internasional seperti Grilled Lamb Kofta dan Pan Seared Tiger Prawn dalam Saus Mediterania. Setiap hidangan dilengkapi hidangan nasi khas, sambal, dan hidangan penutup. Menu Iftar2Go seharga 348.000++ rupiah per paket.

3. Hotel Indonesia Kempinksi Jakarta

Menikmati hidangan di Signature Restaurant milik Hotel Indonesia Kempinski di bulan Ramadan rasanya seperti diajak berkeliling Indonesia lewat pilihan kulinernya yang melimpah.

Tema yang diangkat tahun ini adalah Ramadan Culinary Rijsttafel Iftar yang mengangkat masakan Nusantara, termasuk kuliner dari Sumatera Utara, Toraja, dan Nusa Tenggara. Salmon Naniura dan Natinombur adalah masakan dari Sumatera Utara yang dapat Anda temui di sini. Sementara dari Nusa Tenggara, ada Sei Sapi serta Mandalika Rijsttafel yang terdiri dari Ayam Rarang, Sate Pusut, Gecok Babat, Ebatan, dan Sambal Beberuk. Kemudian, ada Ayam Pa'piyong dari Toraja juga tak boleh Anda lewatkan. Selain itu, Anda juga akan mendapati hidangan khas Indonesia lainnya seperti Nasi Gandul, Lobster Kebuli, Kambing Guling, Rendang Iga, dan brisket. Tidak ketinggalan, hidangan Timur Tengah dan internasional lainnya juga ditawarkan sebagai penambah opsi. Usai menikmati semuanya, tutup iftar dengan dessert bervariasi mulai dari cake hingga aneka takjil. Iftar di weekday bisa direservasi mulai harga 548,000++ rupiah dan 598,000++ rupiah di akhir pekan.

Tidak hanya di Signature Restaurant, pengalaman berbuka puasa juga dapat Anda nikmati di Sky Pool yang berada di Ramayana Wing lantai 17. Di sini Anda dapat menikmati pilihan menu Iftar Rijsttafel Mandalika, Iftar Rijsttafel Nasi Rames, dan Iftar Rijsttafel Nasi Gandul sambil menikmati pemandangan Jakarta. Menu tersebut juga tersedia dalam layanan take away, The Ramadan Besekan, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai hantaran atau untuk disantap di rumah.

4. Alila SCBD

Chef de Cuisine Vong Kitchen yakni Matthew Byk menawarkan kreasi menu yang terinspirasi dari masakan rumahan. Di restoran French-American tersebut, Anda bisa mendapati makanan tradisional seperti Bebek Betutu dengan Kangkung dan Sambal Plecing dan Nasi Ayam Campur selain Fried Barramundi Laksa. Di petengahan April, menu yang ikut dihadirkan adalah Crispy Seafood Tofu with Thai Cilantro Chili Dip. Setelahnya, Es Cendol dan Es Doger ditawarkan sebagai dessert. Kreasi menu spesial ini dapat dinikmati hingga 30 April 2022.

5. Grand Hyatt Jakarta

Ada tiga opsi berbuka puasa yang ditawarkan oleh Grand Hyatt Jakarta di momen Ramadan tahun ini. Grand Cafe masih menjadi andalan untuk bersantap dengan konsep Iftar Buffet. Beragam makanan Indonesia dan Timur Tengah seperti Kambing Guling, Sop Buntut, Serabi, Martabak, Baklava, dan Turkish Sand Coffee dapat Anda temui di sini dengan mengeluarkan biaya 388.000 rupiah per orang. Untuk pengalaman yang berbeda, tersedia Iftar by the Pool yang berada di dekat Balinese garden dan lagoon pool dengan harga 299.000 rupiah per orang. Setiap set menu yang disajikan terdiri dari takjil, appetizer, sup, hidangan penutup, dan empat main course. Ada pula Sunset Iftar yang ditawarkan di The Residence OnFive dengan harga 488.000 per orang. Di ruangan semi outdoor ini, Anda bisa menikmati menu Indonesia dan Timur Tengah sambil melihat pemandangan kota saat matahari tenggelam.

6. Fairmont Jakarta

Dua restoran di Fairmont Jakarta siap menyambut Anda dengan dua tema yang berbeda. Di Spectrum Restaurant tersaji hidangan Timur Tengah (Moroko, Turki, Libanon, dan Mesir) dan beragam menu internasional favorit lainnya dalam konsep buffet bertajuk 1001 Flavours of Ramadan. Sementara bagi pencinta masakan autentik Indonesia, 1945 menjadi opsi yang tepat. Di bawah tema Halal Indonesian Buffet, hidangan yang bisa Anda nikmati di antaranya adalah Konro Bakar, Nasi Liwet, Rujak Aceh, Rendang, Es Pisang Hijau, dan masih banyak lagi.

1001 Flavours of Ramadan bisa Anda pesan mulai dari 498,000++ rupiah per orang dan 520,000++ rupiah per orang untuk Halal Indonesian Buffet.

7. InterContinental Jakarta Pondok Indah

Berbuka dengan makanan terbaik yang mengembalikan energi, dengan masakan olahan Chef Attila Körmöczi. Koki tamu selebriti, nominator Best Asian Chef di World Gourmet Summit 2012 di Singapura, dan juri di reality show TV popular MasterChef Indonesia, Chef Degan Septoadji, juga menyajikan kreasi terbaiknya. Seperti dua menu ini: Snapper Bumbu Kemangi, dan Salmon Acar Kuning. Makanan lain mencakup kekayaan kuliner dari Indonesia Timur, Indonesia Barat, Vietnam, Kamboja, Singapura, Malaysia, Cina, dan Thailand. Grilled Lamb, Lobster dengan Oats, dan Nasi Hainan, juga masuk dalam rekomendasi. 

Semua hidangan istimewa ini tersedia di Prasmanan Buka Puasa di Sugar & Spice yang akan tersedia selama bulan Ramadan dengan harga 515.000++ rupiah per orang. Atau, tamu bisa berbuka puasa di The Lounge dengan paket Takjil (mulai 288.000++ rupiah per orang) yang sudah termasuk pilihan a la carte dari beberapa hidangan hotel terpopuler seperti Rendang Daging Sapi, Ikan Bakar Parahyangan dan minuman khas Padang, Kopi dan Teh Tahlua (mulai 72.000++ rupiah per gelas). 

8. Hotel Mulia Senayan, Jakarta

Bulan penuh berkah bisa dilewatkan dengan berbagi kebahagiaan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Menawarkan hidangan berbuka puasa lebih dari 100 pilihan menu masakan terbaik kelas dunia, mulai dari masakan Indonesia, India, Thailand, Jepang, Italia, hingga Cina, yang telah disiapkan dengan bahan-bahan pilihan. Semua hidangan favorit ramadan pun tersedia. Mulai dari kolak hingga dessert yang fancy

Berbuka dengan hidangan lezat di pilihan restoran terbaik Hotel Mulia Senayan, Jakarta seperti The Café yang hadir dengan menu andalannya seperti cheese naan, sushi, pasta, sop buntut, hingga dessert terbaik. Untuk pencinta makanan Jepang, Hotel Mulia Senayan memiliki Edogin dengan berbagai pilihan sushi, grilled section dengan menu buffet seperti seafood, salmon belly, gindara, chicken mushroom, dan salmon head. Lalu ada Table8 dengan menu terbaiknya seperti dimsum, Pigeon Soup, Roasted Pecking Duck Chicken, serta Kungfu Tea tersedia mulai 2 April – 1 May 2022 dan harga mulai dari 651.890 rupiah untuk dewasa.

9. The Dharmawangsa Jakarta

Berkumpul bersama keluarga ditemani masakan Indonesia juga dapat Anda lakukan di The Dharmawangsa Jakarta. Selama Ramadan, Jakarta Restaurant & The Courtyard terbuka dengan hamparan variasi menu mulai dari bakso, soto, kari, sate, dan kambing guling hingga menu internasional seperti lobster, pasta, croffle, dan chicken shawarma. Tutup buka puasa Anda dengan pilihan dessert Timur Tengah di antaranya Umm Ali (puff dengan krim dan kelapa) dan Muhallabia (pudding lembut dengan kenari). Buka puasa di Jakarta Restaurant & The Courtyard tersedia hingga 1 Mei 2022 setiap pukul 17.00 sampai 21.00 dengan harga mulai dari 535,000++ rupiah per orang.

Sementara itu di hari Lebaran, The Dharmawangsa Jakarta juga menyiapkan selebrasi di restoran yang sama. Hidangan khas Idulfitri seperti Ketupat, Opor Ayam, Sate Maranggi, dan Kambing Guling akan Anda temui di sana. Dessert klasik Indonesia yakni Klappertart, Ontbijkoek, Es Puter, Es Tape Ketan, dan Es Kopyor ikut menemani perayaan. Ada juga buffet berisi sajian internasional sebagai penambah opsi. Eid Brunch ini tersedia di hari raya mulai pukul 11.30 sampai 14.30.

10. The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Tahun ini The Sultan Hotel & Residence Jakarta menawarkan Ramadhan Around The World. Prasmanan berbuka puasa yang hangat, disajikan di Kudus Hall & Terrace dan area seputar kolam renang. Berbagai pilihan hidangan khas berbuka puasa disediakan, dari menu Indonesia, Arab dan Internasional serta live cooking station, serta berbagai dessert yang menggugah selera. 

Jangan lewatkan pojok takjil, salad tradisional seperti Asinan Jakarta dan Tahu Gejrot, dan juga banyak live cooking station menarik dari seluruh dunia sesuai tema Ramadan around the world. Seperti Nasi Kebuli, Beef Shawarma, Pecking Duck, Japanese Ramen, Sushi & Maki, Sydney Meat Pie dan pastinya, Pizza & Pasta dari Pizzeria. Prasmanan untuk berbuka puasa akan tersedia dari waktu jelang berbuka puasa hingga pukul 20:00 setiap hari dengan harga 380.000++ rupiah per orang, sudah termasuk jus dan es krim. Anak-anak hingga usia lima tahun tidak dikenai biaya dan dari usia 6 hingga 12 tahun mendapatkan diskon 50 persen. Tersedia harga khusus untuk rombongan di atas 10 orang. Bagi tamu yang memesan lebih dari 30 orang atau lebih, tersedia penawaran istimewa. Untuk pertemuan/meeting selama bulan Ramadan dan berbuka puasa bersama, The Sultan Hotel & Residence Jakarta menawarkan harga spesial mulai dari 354.000 rupiah per orang untuk pertemuan setengah hari

11. The Westin Jakarta

Bertempat di Seasonal Taste, The Westin Jakarta telah menyiapkan Iftar Buffet berkonsep Al Fanous. Yang membuatnya spesial kali ini adalah kehadiran masakan Turki yang dibawakan oleh Chef Mustafa Onder dari Oman ke Jakarta. Beberapa menu yang bisa Anda jumpai adalah Arabic Skewers, Nasi Mandhi with Lamb, Vegetarian Biryani Rice, Fish Fillet in Harara Sauce, Vegetarian Eggplant Mousaka, Beef Tenderloin Spicy Balado, serta dessert berupa Umali, Baklawa, Muhalabia, dan Rose-scented Persian Rice Pudding. Semuanya bisa Anda coba sambil menikmati pemandangan Jakarta dalam 360 derajat.

12. The Orient Jakarta

Hotel yang berada di Jalan Sudirman ini menawarkan konsep iftar yang berbeda. Di The Library Longe tersedia Malabar Chai Set, yaitu sajian milk tea mocktail dari Malabar, Jawa Barat. Teh premium yang digunakan diracik bersama rempah lokal dan cocok untuk diminum saat buka puasa dimulai. Sebagai pendampingnya terhidang takjil atau pilihan kudapan manis dan savoury. Beberapa menunya yang bisa Anda coba adalah Sate Maranggi, Kebab Rendang, dan Chicken Kebab Tandoori. Spledid Iftar ini ditawarkan dengan harga 125.000 rupiah per orang sampai 3 Mei 2022.

13. The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Menyambut bulan suci Ramadan tahun ini, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan bekerja sama dengan The Ritz-Carlton, Langkawi dan The Ritz-Carlton, Millenia Singapore menghadirkan Special Southeast Asian Treasured Ramadan. Berlangsung sebulan penuh, Asia Restaurant menghadirkan resep-resep berharga dari Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Menu highlight dari The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan adalah (Tenderloin) Rawon, Mie Goreng Jawa, Martabak, Sate Padang Wagyu, Nasi Briyani dan masih banyak lagi. Menu highlight dari The Ritz-Carlton, Millenia Singapore adalah Singaporean Chilli Crab, Singaporean Laksa, Fried Kwetiaw, dan beragam menu lain. Sedangkan menu yang dibawa dari The Ritz-Carlton, Langkawi adalah Laksa Kedah, Ayam Cik Mek Molek, Ikan Asam Pedas, Gulai Udang Darat Tumis Nanas, Ikan Bakar Kelapa Parut, Kari Ayam Kapitan Nyonya, Jenahak Asam Pedas, dan masih banyak lagi. Paket iftar menarik ini dijual seharga 488.000 rupiah net (weekday) dan 568.000 rupiah net (weekend) per orang. 

14. Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

Gurame Bakar Pangandaran, Rendang Sapi, Sate Maranggi, dan Sop Buntut adalah empat dari sejumlah menu berbuka yang menjadi bagian dari buffet berkonsep Citarasa Nusantara di Anigré Restaurant. Restoran favorit di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel tersebut juga telah didekorasi dengan tema Ramadan dan hiburan live music siap menemani. Kemudian di hari raya Idulfitri pada 2 dan 3 Mei 2022, Eid Grand Dining di restoran yang sama akan menjamu Anda saat brunch dan makan malam dengan masakan khas sesuai momen seperti Opor Ayam, Ketupat Lebaran, serta hidangan seafood dan cake bertema Lebaran. Iftar buffet bisa Anda reservasi seharga 588.000++ rupiah dan Eid Grand Dining dengan harga 528.000++ rupiah.

15. Mandarin Oriental Jakarta

Mandarin Oriental Jakarta menyambut Ramadan dengan istimewa. Berupa kolaborasi dengan restoran penyandang gelar Asia’s 50 Best Restaurant, restoran Locavore, yang dipimpin oleh Chef Ray Adriansyah dan Chef Eelke Plasmeijer. Dibuka dengan “The Unknown”: An Edible Mystery Explored, Butcher’s Table dan Guest Chef’s Event di Lyon. Rangkaian acara ini akan berakhir dengan menu spektakuler yang tersedia di Iftar Buffet di restoran Cinnamon dan Rantang Takeover yang berisikan beragam menu menarik dari empat chef selebriti yaitu Chef Ade Putri Paramadita, Chef Debryna Dewi Lumanauw, Chef Yuda Bustara dan Chef William Wongso. Dua macam sambal spesial dari Locavore, juga tersedia untuk dinikmati sepanjang Ramadan atau sebagai hantaran, yaitu Sambal Andaliman dan Sambal Bawang. 

Pengalaman berbuka puasa bersama yang tercinta kolaborasi Mandarin Oriental, Jakarta dengan Nusantara by Locavore, tersedia mulai tanggal 2 April hingga 1 Mei 2022. Telah disediakan beragam pilihan sajian menu favorit seperti seafood segar, live station yang berisikan menu-menu andalan Cinnamon, pilihan daging terbaik, dan berbagai menu lainnya dari Nusantara by Locavore. Sajian Iftar Buffet ini seharga 458,000++ rupiah per orang. 

16. JW Marriott Hotel Jakarta

JW Marriott Hotel Jakarta mempersembahkan beragam promosi spesial, seperti promosi buka puasa di Sailendra Restaurant, Iftar takeaway, bingkisan Ramadhan, paket Group breakfasting, dan paket menginap Ramadan Getaway. Bertema Turkish Flavorful Ramadan, Sailendra Restaurant menyajikan beragam hidangan spesial khas Turki yang disiapkan oleh Chef bintang tamu yang didatangkan langsung dari Turki, Chef Erkan Gokdemir. Tamu dapat menikmati kelezatan cita rasa khas Timur Tengah beserta sajian iftar terfavorit Indonesia dan internasional yang dipersembahkan oleh Executive Chef hotel ini, Martin Weise.

Harga mulai dari 398.000++ rupiah per orang untuk berbuka puasa di minggu pertama Ramadan dan 438.000++ rupiah per orang untuk minggu kedua hingga minggu keempat Ramadhan, berbagai macam menu iftar Turki yang otentik dapat disantap sepuasnya, seperti Nasi Kebuli Panggang, Turkish Pide, Hummus Beiruti, Baklava, Baba Ganoush, dan Kebab Orman Beef. Para tamu juga dapat menikmati hidangan internasional di station daging panggang, Giant pizza & meatball, Baked Pasta, Tomato Pie dan lainnya. Jangan lewatkan makanan berbuka puasa favorit khas Indonesia, seperti Sup Buntut, Opor Ayam, Kolak Pisang, Rujak, Asinan, Es Doger, Es Teler, Kue Putu dan lain-lain. Harga sudah termasuk takjil dan minum es teh sepuasnya.

Hotel ini juga menyiapkan layanan delivery, Iftar To You seperti Nasi Rembiga Lombok, Nasi Ulam Bali, Nasi Padang, Nasi Manado dan Nasi Sailendra, masing-masing seharga 250.000 rupiah per kotak sudah termasuk takjil dan minuman. Sepanjang Ramadan, untuk acara grup meeting atau buka puasa, hotel juga menawarkan Group Breakfasting Package seharga 500.000 rupiah untuk minimal 50 orang.

17. DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro

DoubleTree by Hilton Jakarta – Diponegoro menampilkan Flavorful Ramadan, memberikan penawaran makanan menarik selama bulan suci. Berbagai hidangan Indonesia yang lezat, lengkap dengan pilihan makanan internasional terfavorit, akan memberikan pengalaman bersantap yang tak terlupakan dari sahur hingga berbuka. Sahur dengan sajian buffet yang berlimpah di Open} Restaurant yang menyediakan santapan Indonesia, seperti Rawon Surabaya, Bubur Ayam Kuah Soto, Bubur Kacang Hijau, Ayam Goreng Lengkuas, Tumis Sapi Daun Kemangi, Gulai Ikan Cabe Rawit dan sebagainya. Dilengkapi pula dengan pilihan mie, dim sum dan pao, aneka roti, salad, pilihan jus dan buah-buahan segar, seharga 208.000++ rupiah per orang dengan diskon 15 persen bagi pemegang kartu tertentu. Ketika iftar tiba, nikmati berbagai pengalaman kuliner lezat dengan Jelajah Rasa di Open} Restaurant. Ada takjil lokal, dari Kolak Pisang hingga Es Manado, dari kurma hingga gorengan dan jajanan pasar. Lalu, nikmati sajian buffet dengan hidangan lokal terfavorit, termasuk Coto Makassar, Oseng-oseng Cumi Manado, Ayam Woku, Nasi Kapau dengan Rendang Daging, Gulai Ayam, Dendeng Sambal Merah, Kerupuk Jangek, dan sebagainya.

Penulis: Erlissa Florencia dan Asteria Elanda

--

Foto: Courtesy of Four Seasons Hotel Jakarta, The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Alila SCBD, InterContinental Jakarta Pondok Indah, Hotel Mulia Senayan, The Dharmawangsa Jakarta, The Sultan Hotel & Residence Jakarta, The Westin Jakarta, The Orient Jakarta, The Ritz-Carlton Jakarta Mega Kuningan, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Mandarin Oriental Jakarta, JW. Marriott Hotel Jakarta, DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro, Instagram: @grandhyattjakarta, @fairmontjakarta, The Westin Jakarta,