Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penting! Ini Cara Merawat Kulit untuk Mature Skin yang Tepat

Kulit tetap tampak lebih muda, sehat, dan kencang di usia yang sudah tidak lagi muda

Penting! Ini Cara Merawat Kulit untuk Mature Skin yang Tepat

Seiring bertambahnya usia, kulit semakin membutuhkan perawatan kulit ekstra untuk menjaganya tetap kencang dan awet muda. Alih-alih produk skincare untuk membuat kulit tampak dewy, mature skin lebih membutuhkan produk skincare yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, meminimalisir tampilan penuaan, dan menstimulasi produksi kolagen. Dalam upaya untuk menjaga kulit Anda tetap sehat, kencang, dan lebih muda, berikut ini Bazaar akan menjabarkan cara merawat kulit untuk mature skin. 

  • Aplikasikan Sunscreen Setiap Hari

Bazaar tahu, mungkin sebagian dari Anda sudah merasa bosan untuk terus-menerus mendengar tentang pentingnya menggunakan tabir surya, tetapi tidak bisa dipungkiri jika penggunaan sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari agar kulit terhindar dari penuaan dini dan kerusakan kulit. 

Sunscreen bisa dibilang adalah langkah paling penting dalam rutinitas perawatan kulit. Walaupun Anda melakukan perawatan rumit dan mahal sekalipun, akan sia-sia jika tidak menggunakan sunscreen. 

Perlu diingat, Anda tetap harus menggunakan sunscreen meskipun cuaca sedang tidak terik. Untuk dapat melindungi kulit dengan baik, Dermatologis merekomendasikan untuk memilih sunscreen minimal SPF 30, karena dapat menghalangi 97% dari sinar UVB dan pilihlah tabir surya yang juga mampu menghalangi sinar UVA (biasanya diberi label PA +++). Semakin banyak tanda + yang mengikuti PA, menunjukkan semakin banyak perlindungan terhadap sinar UVA. 

Sunscreen akan hilang jika terkena keringat atau air, itulah mengapa Anda juga dianjurkan untuk menggunakan ulang sunscreen setiap dua jam sekali, menurut rekomendasi American Academy of Dermatologists, atau setelah melakukan aktivitas berkeringat dan basah. 

  • Bersihkan Wajah dengan Cream Cleanser

Membersihkan wajah adalah langkah perawatan kulit penting lainnya untuk menghilangkan sisa-sisa produk perawatan kulit atau riasan yang Anda gunakan sepanjang hari, serta kotoran, polutan, dan bakteri yang terkumpul. Membersihkan wajah secara maksimal juga dapat membantu kulit Anda menyerap skincare secara efektif. 

Sangat penting untuk memilih produk pembersih wajah yang diformulasikan untuk jenis kulit Anda. Biasanya, bagi Anda yang memiliki mature skin Anda mungkin merasa kulit lebih kering daripada sebelumnya. Jadi, alangkah baiknya jika Anda memilih cream cleanser dibandingkan dengan foam cleanser. Ini karena, formulanya yang creamy dengan replenishing oil, akan membantu menyeimbangkan kembali kelembapan kulit dan membantu aging skin.

Saat membersihkan wajah, hindari menggosok wajah terlalu kuat, karena kulit dewasa (mature skin) akan mulai menunjukkan tanda-tanda kendur dan kerutan, gerakan atau menggosok wajah terlalu kuat, terlebih menggosok dengan gerakan ke bawah, dapat memperparah tanda-tanda penuaan. 

Jika dirasa masih terlalu kering, Anda mungkin bisa mempertimbangkan penggunaan produk skincare yang mengandung asam hialuronat, yang efektif mengencangkan kulit, membantu penyerapan kulit dan mengunci kelembapan kulit. 

  • Rutin Melakukan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi setiap minggu. Jika Anda memiliki kulit kering, kemungkinan besar Anda memiliki kulit bersisik, jadi Anda harus melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu. Gunakan pelembap atau produk dengan kandungan hyaluronic acid setelahnya untuk memberikan kelembapan dan mencegah iritasi. Seperti yang Anda ketahui, eksfoliasi bisa membuat kulit menjadi lebih kering, oleh karena itu penggunaan pelembap sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap lembap dan tidak iritasi. 

  • Coba Retinol

Garis-garis halus dan kerutan sangat umum terjadi pada kulit dewasa (mature skin). Untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, Anda dapat mencoba produk skincare dengan kandungan retinol. 

Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti bintik-bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen serta pergantian sel. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa retinol dan turunannya mampu merangsang sintesis kolagen pada kulit.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan retinol, kulit Anda mungkin akan terasa jauh lebih kering dari biasanya, mengalami sedikit kemerahan, atau sedikit mengelupas. Oleh karena itu, penting juga untuk mengaplikasikan pelembap setelahnya untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit. 

  • Gunakan Eye Cream

Seiring dengan bertambahnya usia, munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, dan mengendur, tidak bisa dihindarkan lagi terutama pada area mata. Untuk mature skin, sangat penting untuk tidak melewatkan penggunaan eye cream. Anda bisa menggunakan krim mata yang mengandung hyaluronic acid dan retinol, yang memiliki kemampuan untuk memberi kelembapan serta mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus menghentikan kerusakan kolagen.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan krim mata dengan kandungan peptida untuk membantu mengurangi tampilan tanda-tanda penuaan di area mata. Dalam studi tahun 2004 yang mempelajari 20 wanita berusia antara 40 dan 62 tahun. Mereka diberi formula yang mengandung peptida 3% dan molekul booster 1%. Mereka mengoleskan gel tersebut pada area mata selama empat minggu. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan yang signifikan pada permukaan kulit yang mengalami kerutan. 

Lebih lanjut, berdasarkan dua penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengenai pengaruh peptida untuk kulit menemukan bahwa, peptida memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit, serta mengurangi kekenduran pada kulit.

  • Menjaga Kelembapan Kulit

Pertambahan usia membuat produksi sebum menurun, yang berarti lebih sedikit kemungkinan untuk timbul jerawat, itu juga berarti kulit Anda akan lebih mudah mengering. Salah satu penyebab utama munculnya garis-garis halus pada wajah adalah kurangnya hidrasi kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan pelembap. Coba gunakan pelembap yang bersifat humektan seperti glycerin dan hyaluronic acid, karena dapat menjaga kulit tetap terhidrasi, membantu menarik air ke kulit, dan mengunci kelembapan.

(Foto: Iuliia [email protected])