Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cari Tahu Tips dalam Memilih Pakaian Dalam untuk Gaun Pernikahan Anda, Mulai dari Bustier hingga Suspender

Kami akan membantu Anda dalam menavigasi pilihan bra, korset, bustier dan bretel yang tampaknya tak ada habisnya.

Cari Tahu Tips dalam Memilih Pakaian Dalam untuk Gaun Pernikahan Anda, Mulai dari Bustier hingga Suspender

Memilih apa yang akan dikenakan pada hari pernikahan Anda sering kali melibatkan banyak ‘penelitian’ dan persiapan, baik itu perihal gaun, tudung, sepatu, ataupun perhiasan. Hal tersebut kerap dilakukan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan, tak terkecuali dengan pakaian dalam. Faktanya, pilihan pakaian dalam dapat terasa seperti medan ranjau, ketika mencoba mencari tahu apa yang perlu Anda kenakan di balik gaun indah yang spesial.
 
Melalui tulisan ini, kami ingin membantu Anda dalam melewati masa-masa sulit itu, baik bagi Anda yang mencari item ‘pelengkap’ maupun bagi Anda yang benar-benar clueless harus mulai dari mana. 
 
Di bawah ini, kami telah memaparkan hasil bincang kami dengan beberapa pakar pakaian dalam pengantin terbaik dalam bisnis terkait untuk menjawab pertanyaan umum seputar pakaian dalam pernikahan.
 
Saya mengenakan gaun strapless, perlukah saya mengenakan bustier?
 
"Tidak ada aturan tetap dalam hal memilih apa yang perlu dikenakan di balik gaun pengantin Anda," kata Nick Tacchi, mantan direktur pemasaran global La Perla, "Namun, bustier adalah salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh semua wanita.” Bustier menawarkan coverage tanpa efek tekanan besar seperti korset. Oleh karena itu, item tersebut adalah solusi yang sesuai jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih menarik daripada set bra dan celana standar tanpa ingin merasa ‘sesak’ sepanjang hari. 
 
"Secara umum, penting bagi Anda untuk memilih bustier yang berwarna sama dengan gaun pengantin Anda. Akan lebih baik jika bahannya halus dan ringan, seperti tulle," saran Nick. Namun, jika pengaplikasian bustier terasa menyesakkan setelah ditumpuk dengan gaun, cobalah bra bertali panjang yang dapat dilepas, ia akan cocok dikenakan di dalam gaun yang penuh akan décolleté.
 

Foto: Courtesy of Instagram @laperlalingerie

Foto: Courtesy of Instagram @laperlalingerie

 
Saya belum pernah memakai korset, bagaimana saya memulainya?
 
Dalam memilih korset yang sesuai, kunci yang perlu Anda ingat baik-baik adalah jenis dan ukuran yang tepat.  "Mengenakan ukuran yang tepat untuk bentuk tubuh Anda sangatlah penting. Jika Anda mengenakan korset yang terlalu besar ataupun terlalu ketat, tampilan Anda akan menjadi tidak menarik," kata Sarah Shotton, direktur kreatif di Agent Provocateur. "Sangat penting untuk mencoba dan mengenakan setiap pakaian dalam baru dengan benar sebelum membelinya, terutama korset karena ukurannya dapat bervariasi dan bergantung pada tiap merek," jelas Sarah.
 
Agent Provocateur memiliki tim teknis yang berfokus pada kesesuaian ukuran produk dengan tubuh pemakainya, yang dipadukan dengan kain indah sehingga tidak terasa terlalu struktural atau utilitarian. "Semua korset dan set gaun pengantin kami dapat dikenakan selama dan setelah pernikahan karena menonjolkan bentuk badan wanita dalam kondisi terbaik sekaligus tetap cantik," kata Sarah. Pilihan produk terpouler darinya adalah korset Mercy, seharga 395 poundsterling, yang memiliki padded cup dan kain kaku serta diikat di pinggang untuk menciptakan tampilan tubuh hourglass. 
 
Foto: Courtesy of Instagram @agentprovocateur

Foto: Courtesy of Instagram @agentprovocateur


 
Apakah sebuah ide yang baik untuk memiliki dua set pakaian dalam? Sebuah set praktis untuk siang hari dan set yang lebih romantis untuk diganti pada malam hari?
 
Jika Anda memiliki gaun yang cukup rumit dan membutuhkan dalaman yang kokoh atau pakaian dalam yang ‘tidak menarik’ seperti tali silikon, sepertinya Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki set pakaian dalam kedua untuk diganti ketika upacara pernikahan siang hari selesai. Siapkan pakaian dalam yang digunakan untuk acara pertama terlebih dahulu, dengan memilih pembentuk tubuh yang andal dan mampu melengkapi gaun spesial Anda. 
 
"Tidak adanya VPL atau efek cetakan garis pakaian dalam akan memastikan gaun ketat Anda tetap terlihat indah," kata Soozie Jenkinson, kepala desain Marks & Spencer. "Memilih pakaian dalam dengan jahitan minimal, seperti bra Smoothlines inovatif kami, akan menciptakan kesan mulus pada gaun. Selain itu, jika Anda membutuhkan penyangga yang kuat, WaistSculpt ‘wear your orn bra-slip’ dari kami memungkinkan terciptanya siluet badan berbentuk hourglass." Marks & Spencer juga memiliki alat pemasangan bra secara online yang dapat dengan mudah digunakan, yang membantu pengukuran secara akurat, terlebih ketika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke toko untuk mencobanya secara langsung. 
 
Foto: Courtesy of Instagram @marksandspencer

Foto: Courtesy of Instagram @marksandspencer

 
Berbicara mengenai pakaian dalam untuk malam pernikahan Anda, seharusnya proses dalam menemukan produk yang sesuai tidaklah sulit. "Malam pernikahan Anda menghadirkan kesempatan untuk memanjakan diri dengan pakaian dalam yang sangat feminin dan romantis, seperti koleksi sutra dan renda yang membuat set trousseau tampak indah," kata Soozie. Jika anggaran Anda terbatas, tampaknya koleksi pakaian dalam hasil kolaborasi Marks & Spencer dengan Rosie Huntington-Whiteley memiliki beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan, seperti bra berenda, celana dalam, dan teddies bergaya Prancis yang terinspirasi dari gaya vintage. Koleksi tersebut menawarkan harga terjangkau, namun tetap memberikan kesan dan suasana mewah.
 
Saya jarang memakai suspender, apakah mengenakannya tampak berlebihan untuk hari pernikahan saya?
 
"Jika tertarik untuk mengenakan stoking, suspender dapat menjadi tambahan yang indah pada tampilan Anda. Namun, opsi tersebut perlu dicoba dan dipasangkan dengan gaun Anda terlebih dahulu," jelas Charlotte McKee, penata pakaian dalam di Rigby & Peller. "Tali dari suspender harus berada di atas pinggul Anda untuk menghindari rasa tidak nyaman sepanjang hari." Tidak yakin apa lagi yang harus diperhatikan? “Tali harus dikenakan terlebih dahulu, sebelum celana dalam Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kemudahan ekstra dan tidak memberikan rasa sesak ketika dikenakan. Cara ini akan membantu mengurangi visibilitas tali yang menonjol pada gaun Anda ketika duduk," kata Charlotte.
 
Foto: Courtesy of Instagram @rigbyandpeller

Foto: Courtesy of Instagram @rigbyandpeller

 
Ia merekomendasikan agar Anda memilih stoking daripada penahan, yang terkadang dapat memberikan masalah tambahan. "Pastikan Anda berlatih beberapa kali sebelum hari besar dengan mengenakan suspender dan stoking pilihan Anda di sekitar rumah," sarannya. "Anda juga harus menghindari tali yang terlalu pendek dan memili versi tali yang dapat disesuaikan sehingga dapat menyesuaikannya dengan ukuran badan Anda. "Satu saran terakhir adalah selalu miliki setidaknya sepasang stoking cadangan pada hari-H jika situasi darurat terjadi.”


 
(Penulis: Charlie Boyd; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)