Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Keikhlasan Jadi Kunci bagi Krisdayanti dalam Mengarungi Permasalahan Rumah Tangga

Hal tersebut ia ungkapkan pada epsiode Brunch with Dave Hendrik terbaru.

Keikhlasan Jadi Kunci bagi Krisdayanti dalam Mengarungi Permasalahan Rumah Tangga
Foto: Courtesy of Instagram @krisdayantilemos

Episode terbaru dari Brunch with Dave Hendrik telah hadir. Akhirnya, salah seorang bintang tamu yang telah lama dinantikan hadir. Siapa lagi kalau bukan penyanyi ternama Krisdayanti. Bersama dengan Dave Hendrik, Krisdayanti membicarakan banyak hal seputar kehidupannya. 

Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia

Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia

 
Pada sebuah kesempatan, wanita kelahiran tahun 1975 itu tak ragu untuk berbagi mengenai kehidupan rumah tangganya, khususnya terkait permasalahan yang dulu sempat ia alami. Ia mengaku bahwa masa-masa tersebut terasa sangat berat baginya, terlebih ketika Aurel dan Azriel, anaknya bersama Anang Hermansyah, mantan suaminya, memutuskan untuk tinggal bersama bapak mereka. Namun, ia meyakini bahwa tiap keluarga yang ‘hebat’ pasti telah mengalami bencana ataupun cobaan sebelumnya.
 
Pada masa-masa tersebut, ia hanya dapat bersandar kepada Tuhan, dengan terus berdoa kepada-Nya. Baginya, satu hal yang membuatnya dapat tetap tegar dan kuat dalam menjalani kehidupan adalah keikhlasan. Dengan terus berdoa kepada Tuhan dan berusaha untuk ikhlas, Krisdayanti yakin bahwa ia akan terus dimudahkan dalam menjalani hari-harinya dan merasa tenang akannya. 
 
“Aku bicara sama Allah, tempatku cuma di sana. Mau menangis, jongkok di sajadah, hingga berdoa di sana. Enggak ada doa selain, ‘Tuhan, hadirkan diri-Mu selalu dalam diriku supaya aku kuat dan ikhlas,” ungkap pelantun Makin Aku Cinta itu.
 
“Karena kita percaya kalau memang ikhlas itu menjadi pelajaran tertinggi di setiap agama, karena memang paling sulit untuk melakukannya. Kalaupun kita mendem jero, itu akan terlihat di wajah, pasti akan kelihatan di aura. Tetapi, kalau kita ikhlas, kita dapat melaluinya,” lanjutnya. 
 
Berbekal keikhlasan tersebut, ia mencoba menalani kehidupan yang terasa baru, yaitu berada pada ligkungan baru dan tanpa kehadiran kedua anak terkasih di sisinya. Walau tak mudah, ia mengaku bahwa dirinya terus belajar sembari menjalankannya.
 
“Alhamdulillah ya Dave, kalau aku sih sudah menjalankan waktu yang cukup lama. Dari mulai aku menikah sampai sekarang, itu kan sudah 26 tahun. Ibaratnya, bohong kalau aku enggak learning by doing, kalau aku enggak belajar dari kehidupan,” jelas sang diva. 

Foto: Courtesy of Instagram @krisdayantilemos

Foto: Courtesy of Instagram @krisdayantilemos

 
Saudari Yuni Shara itu pun mencoba untuk menerapkan unconditional love atau cinta tanpa syarat pada kedua anak tertuanya, di mana kondisi tersebut dijalaninya berkat bekal keikhlasan yang dimiliki. Baginya, kondisi tersebut mampu memberikan hasil yang ‘lebih’ untuknya. 
 
“Jadi ketika kita melakukan yang terbaik dalam hidup dan di setiap langkah kita, itu yang akan diingat, itu legacy-nya. Makanya saya terlalu terdorong (untuk berpikir) bahwa ‘ya sudah yang namanya manusia pasti membuat kesalahan’. Kita enggak bisa lihat masa lalu dan enggak bisa perbaiki masa lalu. Tetapi, ketika kita lihat masa depan dan mau memperbaiki itu serta mengejar kebaikan, artinya yang di-deliver hanya kebaikan dan itu yang akan diingat orang-orang,” terang Krisdayanti. 
 
Nilai kebaikan tersebut pun tak lupa ia ajarkan pada Amora, putri pertamanya hasil pernikahan dengan Raul Lemos. Ketika putrinya itu bertanya mengenai alasan penggemar Krisdayanti sangat baik terhadapnya, ia menjawab dengan berkata, “Makanya Amora, kamu harus baik ke orang lain, nanti semuanya (kebaikan) akan balik ke kamu,” katanya pada sang putri. 

Simak cerita Krisdayanti selengkapnya di tayangan Brunch with Dave Hendrik pada kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia, segera!

Baca Juga:

Akankah Krisdayanti Menggelar Konser Emas untuk Ulang Tahunnya ke-50?

Inilah Saran yang Diberi Krisdayanti kepada Aurel sebelum Pernikahannya


 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)