Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Sampo Terbaik yang Telah Lolos Serangkaian Tes Uji untuk Tipe Rambut Berminyak

Sederet sampo ini menawarkan jasa pembersihan yang mendalam.

8 Sampo Terbaik yang Telah Lolos Serangkaian Tes Uji untuk Tipe Rambut Berminyak

Saat mencoba meraih penampilan rambut berkilau, ekspektasi yang sebenarnya adalah untuk tampil dengan rambut yangselalu mengilap, dan bukan berakhir menjadi berminyak. Jika Anda sering terjebak dalam golongan kedua yaitu berminyak, tidak peduli seberapa hati-hati Anda telah membersihkan kulit kepala, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan kembali produk sampo yang Anda gunakan.

Untuk mengembalikan keseimbangan, carilah produk sampo yang akan menghilangkan kotoran dan minyak untuk membuat rambut Anda terasa bersih dan berkilau. Untuk membantu Anda menemukan produk sampo yang cocok dengan Anda, kami di Hearst Institute telah menguji formula dari produk-produk sampo yang ada di pasaran untuk mengetahui mana yang benar-benar berfungsi.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal lebih jauh apa itu Hearst Institute (setidaknya jika ada belum familiar dengan organisasi ini). Jadi, Hearst Institute adalah sebuah fasilitas pengujian mutakhir persembahan terbaru dari perusahaan Hearts (salah satu perusahaan raksasa media, informasi, dan layanan global terdiversifikasi dengan lebih dari 360 bisnis).

Pekerjaan utama dari Hearst Institute adalah untuk menjalin kemitraan dengan berbagai lini merek untuk pengembangan produk hingga melakukan pengujian kualitas sebelum masuk ke dalam tahap pemasaran. 

Kembali ke topik utama....

BAGAIMANA ANDA DAPAT MENGHENTIKAN TAMPILAN RAMBUT KUSAM?

Walaupun kedengarannya memang cukup kontraproduktif, tetapi cobalah untuk membatasi frekuensi keramas per minggu. Membersihkan rambut sehari sekali hanya akan menghilangkan minyak alami Anda, yang akhirnya menyebabkan kulit kepala Anda menghasilkan lebih banyak sebum. Hal ini sering kali menyebabkan penumpukan minyak berlebih dan keringat di akar, yang membuat rambut tampak berminyak dan seiring waktu dapat menyebabkan ketombe dan kerusakan rambut.

Sebaliknya, usahakan untuk mencuci rambut dengan sampo hanya tiga kali seminggu - sesuai dengan tekstur rambut Anda - karena ini akan bertindak sebagai "tombol reset", untuk mengatur produksi minyak kulit kepala Anda dari waktu ke waktu. Beberapa minggu pertama mungkin akan sangat menantang, tetapi rambut Anda akan berterima kasih kepada Anda dalam jangka panjang.

BAGAIMANA HEARST INSTITUTE MENGUJI PRODUK

Kami meminta 350 orang dengan berbagai tekstur rambut untuk mencoba 23 merek sampo selama dua minggu.

Setiap sampo yang diuji diklaim dapat mengatasi rambut berminyak, dan penguji kami melaporkan kembali apakah mereka benar-benar melihat hasilnya. Mereka menilai seberapa baik setiap produk membersihkan rambut dan apakah mereka melihat manfaat jangka panjang, seperti kelembapan ekstra, tampilan yang lebih berkilau atau rambut terlihat lebih hlus.

Di laboratorium Hearst Institute, mereka juga menggunakan sebum artifisial dan menggunakan sebumeter untuk mengukur kadar minyak dan sebum setelah mencuci rambut dengan setiap produk sampo. Ini akan memberi tahu kami seberapa baik masing-masing produk mengontrol level minyak.

Di bawah ini, kami rangkumkan 8 produk sampo yang telah teruji dan lolos hasil tes dan standar di Heart Institute (namun perlu kami ingatkan bahwa ada beberapa sampo pemenang kami di bawah ini mengandung paraben, silikon, dan atau sulfat.)

TERBAIK UNTUK KONTROL MINYAK

1. Sunday Shampoo

Bumble and Bumble
23.50 pound sterling (472.350 rupiah)

Sampo vegan ini dirancang untuk digunakan seminggu sekali untuk membersihkan secara mendalam dan menghilangkan penumpukan produk dan polutan dari kulit kepala. Kami menemukannya dapat memurnikan rambut dari atas ke bawah, membuat kulit kepala terasa lebih segar dan rambut tampak lebih sehat.

Spesifikasi utama
Volume: 250ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Tidak

TERBAIK UNTUK ANTI-DANDRUFF

2. Scalp Relief Oil Detox Shampoo

Redken
14.45 pound sterling (290.445 rupiah)

Ketombe biasanya dikaitkan dengan jenis rambut yang lebih kering, tetapi ini juga merupakan gejala kulit kepala untuk tipe berminyak. Sampo Redken mengklaim bahwa mereka mampu menyeimbangkan pH kulit kepala agar bebas dari ketombe. Dan panel penguji kami setuju dan mengatakan bahwa rambut mereka terasa lebih sehat sebagai hasilnya. Pemilik dengan tipe rambut panjang juga melihat bahwa rambut mereka lebih mudah disisir dan ditata setelah dicuci.

Spesifikasi utama
Volume: 300ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Tidak
Bebas sulfat: Tidak

TERBAIK UNTUK HASIL RAMBUT YANG LEMBUT

3. Serie Expert Pure Resource Shampoo

L'Oréal Professionnel
10.70 pound sterling (215.070 rupiah)

Kami menemukan bahwa klaim formula yang dapat menutrisi ini akan menghasilkan busa yang kaya dan rambut  terasa lebih lembut dan halus. Diresapi dengan vitamin E untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala, Anda juga akan melihat kepala rambut yang lebih terhidrasi setelah digunakan secara berkala. Ketika diuji di laboratorium, produk ini berhasil mengurangi produksi minyak hingga 89 persen.

Spesifikasi utama
Volume: 300ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Tidak

TERBAIK UNTUK KULIT KEPALA SENSITIF

4. Dercos Technique Anti-Dandruff Dermatological Shampoo

Vichy
7.10 pound sterling (142.710 rupiah)

Dalam hal kesehatan rambut, masalah kulit kepala iritasi tidak boleh diabaikan. Untuk membantu menenangkan masalah iritasi ini, cobalah produk Vichy’s Dermatological Shampoo. Sampo ini berfungsi untuk mengatur ulang dan mengurangi sensitivitas dan peradangan, dan panel juri kami melaporkan rambut mereka yang lebih bervolume dan tampak lebih sehat sebagai hasilnya.

Spesifikasi utama
Volume: 200ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Tidak
Bebas sulfat: Tidak

TERBAIK UNTUK DETOKSIFIKASI

5. Balance Shampoo

Josh Rosebrook
8.00 pound sterling (160.800 rupiah)

Penguji kami melihat penurunan instan pada masalah rambut berminyak setelah menggunakan produk ini, dengan penumpukan sisa produk juga berhasil diselesaikan. Sampo tersebut mengklaim dapat menstimulasi sirkulasi folikel untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, dan kami terkesan dengan betapa halus dan berkilau rambut setelah uji coba.

Spesifikasi utama
Volume: 60ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Ya

TERBAIK UNTUK JENIS RAMBUT TEBAL

6. Perfect Hair Day (PhD) Shampoo

Living Proof
10.00 pound sterling (201.000 rupiah)

Rambut memang akan cenderung terlihat lebih lurus dan terasa lebih berat jika Anda rentan terhadap produk minyak berlebih, tetapi pengujian kami menemukan bahwa sampo ini tidak hanya dapat membantu menambah volume, namun juga menjaga kadar produksi minyak tetap terkendali dan menyeimbangkan kembali kulit kepala, yang akhirnya akan menghasilkan tampilan kepala rambut yang tampak lebih tebal.

Spesifikasi utama
Volume: 236ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Ya

TERBAIK UNTUK PEMBERSIHAN KULIT KEPALA YANG MENDALAM

7. Authentic Beauty Concept Deep Cleansing Shampoo

23.15 pound sterling (465.315 rupiah)

Sampo dengan tingkat busa yang tinggi ini diklaim dapat menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, tanpa memperburuk atau membuat rambut menjadi kering. Dan kami menemukan bahwa rambut terasa lebih bersih dan kulit kepala terasa diberi nutrisi, sementara di lab menemukan bahwa produk ini berhasil mengurangi kadar minyak hingga 75 persen.

Spesifikasi utama
Volume: 300ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Ya

TERBAIK UNTUK MENGATASI MASALAH RAMBUT RUSAK

8. Horace Gentle Purifying Shampoo

21.00 pound sterling (422.100 rupiah)

Anda mungkin berpikir jika rambut Anda lebih berminyak, maka rambut Anda tidak akan mudah rusak, tetapi Anda mungkin perlu mempertimbangkan lagi cara pandangan tersebut. Panel juri kami menemukan bahwa produk sampo rambut yang mampu membersihkan rambut dengan lembut ini - tanpa mengiritasi kulit kepala terutama yang memiliki tipe kulit sensitif - mampu membuat helaian rambut tampak lebih tebal, dengan ujung rambut yang juga tampak segar kembali.

Spesifikasi utama
Volume: 250ml
Bebas paraben: Ya
Bebas silikon: Ya
Bebas sulfat: Ya

(Penulis:Charlotte Bitmead; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)