Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cari Tahu Model Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda Di Sini!

Penjelasan dan karakteristik dari tiap bentuk wajah pun telah tersedia!

Cari Tahu Model Hijab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda Di Sini!
Foto: Courtesy of Instagram @tantrinamirah @dianpelangi @siviazizah

Hijab memegang peranan penting dalam penampilan para penggunanya. Terlepas dari tujuan atau kegunaannya, hijab termasuk ke dalam aksesori fashion. Seiring meningkatnya tren akan aksesori tersebut, ragam macam hijab telah tersedia di pasaran. 
 
Agar tampil sempurna, terdapat beberapa hal mengenainya yang perlu Anda perhatikan, salah satunya adalah model hijab. Serupa dengan baju, yang perlu dipadankan dengan bentuk badan Anda, pemilihan hijab pun perlu disesuaikan dengan bentuk wajah. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai model hijab tersebut, mari cari tahu terlebih dahulu bentuk wajah Anda beserta karakteristiknya melaui penjelasan di bawah ini. 
 
Oval
 

Wajah oval / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah oval / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Wajah berbentuk oval memiliki bentuk wajah yang panjang dan tidak lebar. Dagu dan pipinya pun cenderung berukuran kecil dan tirus. 
 
Kotak
 
Wajah kotak / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah kotak / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Dengan sudut-sudut wajah yang terlihat jelas, tipe wajah kotak memiliki lengkungan yang minim. Karena sudut yang kuat, rahang dari jenis wajah tersebut tampak menonjol. 
 
Bulat
 
Wajah bulat / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah bulat / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Sesuai dengan namanya, bentuk wajah yang satu ini menyerupai lingkaran. Bentuk wajah tersebut memiliki sudut yang halus, membuatnya terlihat bulat. 
 
Hati
 
Wajah hati / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah hati / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Highlight dari bentuk wajah yang satu ini terletak pada bagian dahi dan dagu. Ukuran dahi orang yang memiliki bentuk wajah hati termasuk lebar, sedangkan dagu mereka cukup lancip. Proporsi tersebutlah yang membuat wajah mereka menyerupai bentuk hati. 
 
Persegi panjang
 
Wajah persegi panjang / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah persegi panjang / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Serupa dengan kotak, bentuk wajah persegi panjang menonjolkan sudut yang cukup tajam. Namun, tipe wajah yang satu ini lebih berat pada bagian panjang, dibandingkan dengan lebarnya. Dahi mereka pun lebih lebar, jika dibandingkan dengan tipe kotak.
 
Diamond
 
Wajah diamond / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

Wajah diamond / Foto: Courtesy of Tuesday in Love

 
Serupa dengan bentuk hati, dagu para pemilik wajah diamond atau berlian berbentuk lancip. Namun, lebar dahi mereka cenderung lebih kecil dan sempit. Fokus utama dari bentuk wajah tersebut pun terletak pada tulang pipi yang menonjol. 
 
 
 
Tips memilih model hijab sesuai dengan bentuk wajah
 
Setelah mengetahui dan memahami ciri-ciri dari bentuk wajah Anda, simak tips dalam memilih model hijab yang sesuai berikut ini. 
 
Wajah oval
 
Foto: Courtesy of Instagram @tantrinamirah

Foto: Courtesy of Instagram @tantrinamirah

 
Dianggap sebagai bentuk wajah yang universal memberikan kemudahan tersendiri bagi para pemiliknya ketika memilih model hijab yang sesuai. Nyatanya, bentuk wajah tersebut memang cocok mengenakan model hijab apapun, baik longgar maupun ketat. Jika Anda tidak nyaman dengan dahi Anda yang terekspos, pengaplikasian dalaman hijab dapat mejadi solusinya. Jika Anda ingin menonjolkan tulang pipi, tampaknya penggunaan hijab secara longgar menjadi pilihan yang paling sesuai. Namun, model hijab ketat pun tak akan menjadi masalah bagi Anda. 
 
Wajah kotak

Foto: Courtesy of Instagram @mariaalia

Foto: Courtesy of Instagram @mariaalia

 
Sebagai salah satu highlight dari bentuk wajah yang satu ini, sudut rahang Anda yang kuat perlu ditonjolkan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengenakan hijab secara longgar di bagian dagu Anda. Mengingat dahi Anda cenderung kecil, berilah ruang padanya, dengan melonggarkan hijab pada sisi tersebut. Jika ingin menciptakan look yang seimbang, Anda dapat meperlembut sudut-sudut wajah yang cukup kuat, yaitu dengan menggunakan hijab berbahan ringan dan lembut. Dengan begitu, sudut wajah Anda dapat tersamarkan olehnya. 
 
Perlu diketahui bahwa Anda yang memiliki bentuk wajah kotak tidak disarankan mengenakan hijab Turkish style. Model hijab tersebut hanya membuat dahi Anda semakin kecil dan menonjolkan sudut-sudut wajah. 
 
Wajah bulat
 
Foto: Courtesy of Instagram @shahdbatal

Foto: Courtesy of Instagram @shahdbatal

 
Salah satu kesalahan utama yang sering dilakukan oleh para pemilik wajah bulat adalah mencoba menutupi pipi mereka dengan mengenakan hijab secara erat. Nyatanya, hal tersebut hanya akan memperjelas bentuk bulat dari wajah Anda. 
 
Pilihlah model hijab yang tidak terlalu ketat. Anda bisa menjadikan pashmina sebagai salah satu opsi, dengan melilitnya di kepala Anda secara longgar atau ciptakan lipatan longgar. Dengan begitu, bentuk wajah Anda tidak akan terlalu menonjol, yang disamarkan dengan penerapan hijab secara longgar. 
 
Selain itu, hindari penggunaan hijab dari tengah dahi. Walaupun dimaksudkan agar mengurangi efek bulat, nyatanya, hal tersebut hanya akan menambah volume pada wajah Anda. 
 
Wajah hati 
 
Foto: Courtesy of Instagram @laudyacynthiabella

Foto: Courtesy of Instagram @laudyacynthiabella

 
Bagi Anda pemilik bentuk wajah hati, hijab longgar maupun ketat dapat menjadi pilihan yang tepat, sesuai dengan tujuan di baliknya. Jika Anda ingin menyamarkan dagu yang lancip, gunakan hijab secara longgar dan perlihatkan bagian dahi. Namun, jika Anda ingin menonjolkan kekuatan tersebut, hijab yang dikenakan secara ketat tidak menjadi masalah. 
 
Akan lebih baik jika Anda memberikan volume di bagian bawah dagu atau leher, memberikan keseimbangan dari dagu Anda yang sangat ‘kuat’. Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan pengaplikasian banyak lapisan padanya, seperti lilitan pashmina yang diberatkan pada bagian leher dan dada. Turban pun dapat menjadi alternatif bagi Anda, dengan mengaplikasikan ragam aksesori pada leher ataupun telinga. 
 
Wajah persegi panjang

Foto: Courtesy of Instagram @dalalid

Foto: Courtesy of Instagram @dalalid

 
Salah satu hal yang perlu diakali pada pemilik wajah persegi panjang dalam mengenakan hijab adalah dahi mereka. Karena dahi mereka cenderung besar dan lebar, pengaplikasian dalaman kerudung dapat membantu. Aksesori tersebut dapat menyamarkannya sekaligus memperlembut sudut-sudut yang menonjol pada wajah. Selain itu, pemakaian hijab yang lebih ‘menutup’ mampu mengilusikan wajah yang lebih oval dan mengurangi lebar wajah. Untuk bentuk wajah ini, tidak disarankan mengenakan hijab secara longgar.
 
Wajah diamond
 
Foto: Courtesy of Instagram @siviazizah

Foto: Courtesy of Instagram @siviazizah

 
Tonjolkan tulang pipi Anda yang indah dengan mengenakan hijab yang tidak terlalu ketat. Karena, jika mengenakan hijab model tersebut, salah satu fitur utama dari bentuk wajah Anda akan tertutupi. Penerapan lipatan di sisi samping wajah pun tak diperlukan. Selain itu, untuk memperlihatkan dagu Anda yang indah, kenakan atau kaitkan kerudung tepat di belakang bagian rahang. Dengan begitu, kesan dan tekstur lembut akan menyertai wajah menawan Anda. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram dan Tuesday in Love)