Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengapa Pangeran William & Harry Tak Berjalan Berdampingan di Acara Pemakaman Pangeran Philip?

Ini adalah pertama kalinya dua saudara laki-laki ini bertemu secara langsung sejak Harry dan Duchess Meghan meninggalkan Inggris tahun lalu.

Mengapa Pangeran William & Harry Tak Berjalan Berdampingan di Acara Pemakaman Pangeran Philip?

Meskipun pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, menandai pertama kalinya kedua saudara ini bertemu sejak Maret tahun lalu, Pangeran William dan Pangeran Harry terlihat tidak berjalan bersama selama acara kebaktian.

Istana Buckingham mengonfirmasi dalam rencana resminya untuk pemakaman mendiang Pangeran Philip bahwa Peter Phillips, putra dari Putri Anne, akan berjalan di antara William dan Harry saat mereka berjalan dalam prosesi seremonial ke Kapel St George di Kastil Windsor, yang akan menjadi lokasi peristirahatan terakhir Pangeran Philip.

Pangeran William, Peter Philips, dan Pangeran Harry saat prosesi pemakaman Pangeran Philip.
Pangeran William, Peter Philips, dan Pangeran Harry saat prosesi pemakaman Pangeran Philip.

Selama acara kebaktian, William dan Harry juga akan duduk terpisah satu sama lain, dengan Duke of Cambridge duduk di samping sepupunya Peter dan Duke of Sussex di sebelah Lord Snowdon. Staf istana tidak memberikan penjelasan lebih lanjut untuk pengaturan ini, meskipun Ratu Elizabeth II menandatangani rencana akhir pemakaman.

Pemakaman Pangeran Philip menandai penampilan publik pertama kedua saudara itu sejak Commonwealth Service Maret 2020 di Westminster Abbey London, yang menandai penampilan terakhir Harry dan Meghan sebagai anggota bangsawan senior yang aktif.

Pangeran William dan Pangeran Harry mengobrol dengan kakek mereka, Pangeran Philip,  di tangga Old College setelah Parade Sovereign di Akademi Militer Sandhurst pada 12 April 2006 di Surrey, Inggris.
Pangeran William dan Pangeran Harry mengobrol dengan kakek mereka, Pangeran Philip, di tangga Old College setelah Parade Sovereign di Akademi Militer Sandhurst pada 12 April 2006 di Surrey, Inggris.

Mengikuti pedoman kesehatan yang berlaku Inggris di tengah pandemi yang sedang berlangsung, jumlah anggota keluarga dan tamu di acara pemakaman tersebut sangat terbatas. Yang hadir adalah Ratu Elizabeth dan anak-anaknya — Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward — serta pasangan mereka. Cucu ratu — termasuk Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Beatrice, dan Putri Eugenie — juga hadir di acara pemakaman tersebut. Semua pasangan mereka menemani mereka, kecuali Meghan, Duchess of Sussex, yang tidak mendapat izin dari dokternya untuk terbang karena ia sedang dalam masa akhir kehamilan.

"Yang Mulia dan keluarga kerajaan berterima kasih atas semua pesan belasungkawa dari seluruh dunia dan sangat tersentuh melihat dan mendengar begitu banyak orang yang berbagi kenangan indah tentang sang duke sepanjang hidupnya," ungkap juru bicara Istana Buckingham sebelumnya. “Dengan ucapan penghormatan yang datang dari golongan tua hingga muda, hal ini benar-benar merupakan bukti kehidupan yang luar biasa dan upaya abadi Yang Mulia.”

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)