Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Instagram Minta Maaf atas Algortima yang Menargetkan Pengguna dengan Konten Diet Berbahaya

Platform media sosial ini mengatakan sekarang telah memperbaiki kesalahan tersebut.

Instagram Minta Maaf atas Algortima yang Menargetkan Pengguna dengan Konten Diet Berbahaya

Instagram telah meminta maaf karena mempromosikan konten diet berbahaya kepada pengguna tertentu, yang menurut para ahli kesehatan dan penggiat kampanye dapat memicu serta membahayakan mereka yang menderita atau sedang dalam proses pemulihan dari gangguan makan. Platform media sosial itu mengatakan bahwa kesalahan tersebut sekarang telah diperbaiki.

Menurut BBC, fungsi pencarian di aplikasi secara otomatis merekomendasikan pencarian kata termasuk "menahan nafsu makan" dan "puasa" untuk beberapa pengguna, dengan algoritma yang menargetkan konten diet berbahaya ini untuk pengguna dengan gangguan makan, sesuatu yang menurut para penggiat kampanye gangguan makan dan kesehatan dan para ahli dapat menyebabkan orang kembali jatuh.

"Kami baru-baru ini meluncurkan fungsi pencarian baru di Instagram di luar penggunaan tagar dan nama pengguna, untuk membantu Anda lebih mudah menemukan dan menjelajahi konten yang paling Anda minati," ungkap juru bicara Facebook (yang juga pemilik dari Instagram) kepada BBC.

"Sebagai bagian dari fitur baru ini, saat Anda mengklik kolom pencarian, kami akan menyarankan topik yang mungkin ingin Anda cari. Konten yang keluar, serta hasil pencarian itu sendiri, dibatasi dalam cakupan minat secara umum, dan konten mengenai penurunan berat badan seharusnya tidak menjadi salah satu yang disajikan."

Masalahnya berarti bahwa beberapa pengguna yang mengikuti akun yang terkait dengan proses menuju bebas gangguan makan, kemudian akan ditargetkan dengan jenis konten yang berlawanan, yang mempromosikan penurunan berat badan dan kemudian akan berujung membahayakan kesehatan mental mereka.

Ini bukan langkah pertama yang diambil Instagram untuk menangani masalah konten diet berbahaya di aplikasinya. Saat ini, konten apa pun yang mempromosikan, mendorong, atau mengagungkan gangguan makan telah dilarang dari aplikasi, sementara semua unggahan yang mengiklankan produk penurun berat badan tidak ditampilkan kepada mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

(Penulis: Harper's Bazaar UK; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)