Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Anda Tiba-Tiba Terbangun di Malam Hari? Simak Tips Agar Kembali Tertidur!

Sebuah bacaan penting bagi Anda yang merasa lelah ketika bangun tidur di pagi hari.

Anda Tiba-Tiba Terbangun di Malam Hari? Simak Tips Agar Kembali Tertidur!

Kapan terakhir kali Anda tidur nyenyak sepanjang malam? Menurut seorang terapis tidur, Nerina Ramlakhan, rata-rata, seseorang akan bangun antara 10-15 kali dalam tiap malamnya.
 
Nerina Ramlakhan menjelaskan bahwa memang normal bagi kita untuk bangun sepanjang malam. Namun, menurutnya, yang tidak normal adalah munculnya serangan terhadap pikiran, kecemasan, dan noise putih berdengung yang menyambut kita ketika bangun tidur.
 
Sistem saraf kita sebenarnya dapat gugup. Oleh karena itu, ketika kita bangun dan kemudian segera melakukan ‘matematika mental’ untuk mengetahui berapa banyak waktu yang kita miliki di tempat tidur serta seberapa lelah kita untuk hari berikutnya, kita memicu rasa gugup yang muncul karena berusaha untuk mendapatkan tidur kembali. 
 
Lalu, bagaimana Anda dapat kembali tidur lelap secara cepat dan efisien ketika bangun di tengah malam? Berikut adalah beberapa saran dari Nerina Ramlakhan.
 
Cara untuk dapat tidur kembali
 
Lakukan beberapa latihan sederhana ini ketika Anda terbangun di malam hari. Jangan remehkan kemampuan dari tips-tips di bawah ini. 
 

1. Tutup mata Anda
2. Ucapkan kata-kata di bawah ini dalam hati. Jika Anda lupa di tengah jalan, ulangi dari awal. 
 
Saya suka kaki kanan saya
Saya suka jempol kaki kanan saya
Saya suka kaki kecil kanan saya
Saya suka semua jari kaki di kaki kanan saya
Saya suka bagian atas kaki kanan saya
Saya suka bagian bawah kaki kanan saya
Saya suka pergelangan kaki kanan saya
Saya suka kaki kiri saya ...
 
Latihan tersebut tidak hanya bekerja untuk memosisikan tubuh dan pikiran Anda dengan lebih baik untuk tidur, tetapi juga membuat Anda dapat tidur lelap dalam bayangan self-love dan afirmasi. 
 
(Penulis: Roanna Day dan Anya Meyerowitz; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)