Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Met Gala 2021: Cari Tahu Tanggal dan Tema Yang Diusung Tahun Ini Melalui Artikel Ini!

Malam mode paling ditunggu-tunggi ini akan menggantikan waktu yang hilang selama setahun terakhir dengan acara yang terdiri dari dua bagian.

Met Gala 2021: Cari Tahu Tanggal dan Tema Yang Diusung Tahun Ini Melalui Artikel Ini!

Tanggal Met Gala selanjutnya telah dikonfirmasi.
 
Pagi ini, The Costume Institute menjawab pertanyaan publik setelah sekian lama dinantikan, mengenai apakah Met Gala akan kembali pada tahun ini setelah absen karena pandemi. Jawaban singkatnya? Iya. Namun, tampaknya semuanya akan terlihat sedikit berbeda.
 
Disponsori oleh Instagram, acara multipart ini akan terdiri dari dua pameran yang fokus dengan konsep masing-masing. Keduanya akan sejalan dengan tema fashion Amerika. Bagian pertama, yang berjudul In America: A Lexicon of Fashion akan mulai ditayangkan pada tanggal 18 September mendatang. Acara tersebut berencana untuk mengeksplorasi cara kita sebagai komunitas berbicara mengenai industri serta kosakata umum yang mengelilinginya. Angsuran kedua yang bertajuk In America: An Anthology of Fashion, jatuh tempo hingga 5 Mei 2022. Bagian kedua itu akan menguraikan garis waktu mode Amerika "dengan menghadirkan narasi yang terkait dengan sejarah yang kompleks dan berlapis dari ruang-ruang itu," berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh lembaga seni bertingkat tersebut.
 
“Selama setahun terakhir, karena pandemi, koneksi kita terhadap rumah menjadi lebih emosional, begitu juga dengan pakaian kita,” kata Andrew Bolton, Kurator Wendy Yu yang bertanggung jawab di The Costume Institute, mengenai pemilihan tema untuk tahun ini. "Untuk mode Amerika, hal tersebut menandakan adanya peningkatan penekanan pada sentimen dibandingkan kepraktisan."
 

Foto: Courtesy of Instagram @metcostumeinstitute
Foto: Courtesy of Instagram @metcostumeinstitute

 
Tentu saja, rangkaian acara tidak akan lengkap tanpa sosok yang cocok dan pantas untuk menandai dan menyemarakkan acara tersebut. Bagian pertama dari pameran, untuk pertama kalinya sejak konsepsi 1948, akan dirayakan pada Senin, 13 September. Bepatokan pada kalender semula, Met Gala kedua akan jatuh pada 2 Mei 2022.
 
Met Gala 2020 ditunda karena meningkatnya pembatasan Covid-19 sehingga dibatalkan secara resmi beberapa bulan kemudian. Meskipun kami tidak sempat melihat nama-nama besar di dunia fashion menawarkan interpretasi mereka atas tema yang dipilih dengan cermat ini, About Time: Fashion and Duration, penonton masih dapat melihat kurasi dari jarak sosial yang aman di museum.
 
Pecinta mode Amerika memiliki waktu hingga 5 September 2022 untuk melihat kedua bagian pameran dari dekat dan secara pribadi di waktu luang mereka.
 
(Penulis: Shelby Ying Hyde; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar US)