Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran William Berikan Pesan Penghormatan yang "Luar Biasa" kepada Sang Kakek, Pangeran Philip 

Duke of Edinburgh meninggal dalam damai pada hari Jumat, 9 April 2021.

Pangeran William Berikan Pesan Penghormatan yang "Luar Biasa" kepada Sang Kakek, Pangeran Philip 

Pangeran William telah menulis pesan penghormatan yang tulus kepada Pangeran Philip, yang meninggal dalam damai di Kastil Windsor pada hari Jumat (9 April) di usia 99 tahun.

Ia menggambarkan "kakeknya" sebagai "pria yang luar biasa", dan memuji "rasa petualangannya yang menular serta selera humornya yang luar biasa".

Duke of Cambridge membagikan pesan tersebut melalui akun media sosial resmi Kerajaan Kensington, disertai dengan foto manis Pangeran Philip bersama anak tertua William, Pangeran George.

"Saya merasa beruntung tidak hanya dapat belajar dari teladannya yang telah membimbing saya, tetapi kehadirannya yang abadi hingga ke kehidupan di masa dewasa saya - baik melalui masa-masa indah maupun hari-hari tersulit," tulisnya. "Saya akan selalu bersyukur bahwa istri saya memiliki waktu bertahun-tahun untuk mengenal kakek saya dan atas kebaikan yang ia tunjukkan padanya. Saya tidak akan pernah dapat berhenti bersyukur untuk kenangan yang akan selalu dimiliki anak-anak saya tentang kakek buyut mereka yang datang untuk menjemput mereka dan melihat sendiri rasa petualangannya yang menular serta selera humornya yang luar biasa!"

Ia menambahkan bahwa ia dan istrinya, Duchess of Cambridge, bertujuan untuk melanjutkan warisannya dan "melanjutkan pekerjaannya".

"Kakek saya adalah pria yang luar biasa dan bagian dari generasi yang luar biasa. Catherine dan saya akan terus melakukan apa yang ia inginkan dan akan mendukung Ratu di tahun-tahun mendatang," ungkapnya. "Saya akan merindukan Kakek, tapi saya tahu ia ingin kita melanjutkan pekerjaan itu."

Philip adalah kakek dari William, dan kakek buyut untuk ketiga anak William, Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Duke of Cambridge diketahui memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kakeknya, terutama setelah anggota keluarga kerajaan memainkan peran aktif dalam merawat da dan Harry setelah kematian ibu mereka, Diana, Princess of Wales pada tahun 1997. Pada saat itu, saat kecelakaan fatal itu terjadi, mereka sedang tinggal bersama kakek nenek mereka di Balmoral di Dataran Tinggi Skotlandia di mana mereka disembunyikan dari pers dan pengawasan publik.

Ketika William kembali ke Eton, ia biasanya menghabiskan akhir pekan dengan kakek neneknya di dekat Kastil Windsor, di mana mereka dilaporkan mengobrol sambil minum teh. Ketika sang pangeran mempertimbangkan untuk meninggalkan St Andrews setelah merasa rindu pada rumah di masa-masa awal, ia membicarakan perasaannya kepada kakeknya. William tinggal di komplek universitas tempat ia bertemu calon (yang sekarang telah resmi menjadi) istrinya, Kate Middleton.

Pada tahun 2016, Pangeran William diduga memberikan nasihat singkat namun penuh arti kepada Matt Smith yang memerankan karakter Pangeran Philip di serial The Crown dengan mengatakan hanya satu kata "legenda".

Pernyataan resmi yang dibuat atas nama keluarga kerajaan pada hari Jumat berbunyi: "Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh.

"Yang Mulia meninggal dalam damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dibuat pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya."

Ratu dan Philip telah menikah selama lebih dari 73 tahun. Ia adalah pendamping penguasa kerajaan terlama dalam sepanjang sejarah.

(Penulis:Harper's Bazaar UK; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)