Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran Harry Kembali Bagikan Pesan Penghormatan Untuk Pangeran Philip di Sebuah Pernyataan Baru

"Meghan, Archie, dan saya (serta cicitmu di masa depan) akan selalu memiliki tempat khusus untukmu di hati kami," demikian pesan pribadi yang disampaikan oleh sang pangeran.

Pangeran Harry Kembali Bagikan Pesan Penghormatan Untuk Pangeran Philip di Sebuah Pernyataan Baru

Pangeran Harry kembali buka suara setelah meninggalnya sang kakek tercinta, Pangeran Philip.

Duke of Sussex merilis pernyataan melalui tim komunikasi Archewell pagi ini, merefleksikan kenangan terindah yang ia lalui bersama dengan kakeknya. Pernyataan Harry tiba tak lama setelah saudaranya, Pangeran William, juga merilis pesan peringatan untuk menghormati Duke of Edinburgh, yang dibagikan melalui akun Instagram Kensington Royal.

"Kakek saya adalah pria yang melayani, terhormat, dan memiliki humor yang tinggi. Ia adalah dirinya yang otentik, dengan kecerdasan yang sangat tajam, dan dapat menarik perhatian ruangan mana pun berkat pesonanya — dan juga karena Anda tidak akan pernah menduga apa yang akan ia katakan selanjutnya," mulai Harry membuka pesan tersebut. "Ia akan dikenang sebagai pendamping pemimpin terlama yang memerintah, seorang prajurit yang dihormati, seorang Pangeran, dan seorang Duke. Tetapi bagi saya, seperti banyak dari Anda yang telah kehilangan orang yang dicintai atau kakek neneknya karena rasa sakit selama masa ini mungkin akibat pandemi, ia adalah kakek saya: master barbekyu, sosok yang humoris bahkan sampai akhir."

Harry melanjutkan, menggambarkan kakeknya sebagai "batu karang" untuk neneknya, Ratu Elizabeth II dan membayangkan bagaimana Philip akan bereaksi terhadap dukungan publik setelah kematiannya.

"Ia telah menjadi menjadi pendukung setia bagi Yang Mulia Ratu dengan pengabdian yang tak tertandingi, di sisinya selama 73 tahun pernikahan, dan sementara saya bisa melanjutkan kehebatannya, saya tahu bahwa saat ini ia akan berkata kepada kita semua tak lupa dengan bir di tangan, 'Lanjutkan!'. "Jadi, mengingat sosoknya yang luar biasa saya berkata, Kakek, terima kasih atas pengabdianmu, dedikasimu kepada Nenek, dan karena selalu menjadi dirimu sendiri. Anda akan sangat dirindukan dan selalu diingat — oleh bangsa dan dunia. Meghan, Archie, dan saya (serta cucu buyut Anda masa depan) Anda akan selalu memiliki tempat khusus di hati kami."

Mengakhiri pesan tersebut, Harry menulis, "Per Mare, Per Terram," sebuah istilah Latin yang digunakan oleh Marinir Inggris yang berarti, "Melalui Laut, Melalui Darat".

BAZAAR.com dapat mengonfirmasi bahwa Harry telah tiba di Inggris menjelang upacara pemakaman Duke of Edinburgh yang akan dilangsungkan pada hari Sabtu ini. Duke of Sussex tiba dengan sertifikat tes Covid-19 negatif, dan diperkirakan akan melakukan karantina selama lima hari ke depan, dan akan melakukan tes pencegahan tambahan sebelum ia dapat menghadiri upacara pemakaman akhir pekan ini. Sedangkan istri Harry, Meghan, Duchess of Sussex, diketahui tetap tinggal di rumah, karena ia sedang dalam masa akhir kehamilan. Meghan juga tidak diizinkan oleh dokter untuk melakukan perjalanan di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

(Penulis:Bianca Betancourt; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)