Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Hotel Wilayah Jakarta Berikut Ini

Temukan ragam penawaran menarik, dari The Ritz-Carlton Jakarta hingga Alia SCBD Jakarta

Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa di Hotel Wilayah Jakarta Berikut Ini
Foto: Courtesy of The Ritz-Carlton Jakarta

Bulan Ramadan telah tiba. Beragam ritual yang biasa dilakukan selama bulan suci ini pun mulai tampak, salah satunya buka puasa bersama. Selain sebagai bentuk silaturahmi, kegiatan yang satu ini mampu menyemarakkan momen bulan puasa yang hanya datang sekali tiap tahunnya. Oleh karena itu, rasanya bulan Ramadan tak lengkap tanpa kehadirannya.
 
Menyanggupi permintaan masyarakat yang kian tinggi, berbagai macam hotel telah menyediakan paket berbuka puasa yang menarik untuk dicoba. Dengan menjalankan new normal, hotel-hotel tersebut menerapkan protokol kesehatan secara ketat, membuat Anda tetap dapat berbuka puasa dengan nyaman dan aman bersama orang terkasih. 
 
Tak hanya itu, beberapa diantaranya juga menyediakan layanan pesan-antar bagi Anda yang memilih untuk tetap berbuka puasa bersama di rumah. 
 
Berikut adalah beberapa hotel yang dapat menjadi pilihan Anda untuk berbuka puasa bersama. 
 
1. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place
 

Foto: Courtesy of The Ritz-Carlton Jakarta

Foto: Courtesy of The Ritz-Carlton Jakarta

 
Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan, The Ritz-Carlton Jakarta menyediakan ragam hidangan khusus momen berbuka puasa. Ramadan Dining yang diadakan di PA.SO.LA Restaurant menghadirkan prasmanan yang terasa mewah, baik dari segi makanan maupun suasanyanya. Berbagai menu andalan telah mereka siapkan, mulai dari Kolak Sumsum Kacang Hijau, Rendang Daging Sapi, Buntut Balado, Kambing Guling, hingga Baklava. Untuk melengkapi pengalaman bersantap Anda, mereka tak lupa menghidangkan minuman khas Timur Tengah yang eksotis, seperti Mango Lassi, Rhutab, dan Karkade.
 
Bagi Anda yang menginginkan suasana intim dan inklusif, The Ritz-Carlton Jakarta memiliki spot yang sempurna. Hotel tersebut menyulap area kolam renang di lantai 8 menjadi spot privat bagi grup beranggotakan delapan orang. Di sana, Anda dapat menemukan prasmanan pribadi, live grill station, dan troli Ramadan Beverages sembari menikmati suasana outdoor. 
 
Tak hanya itu, hotel yang berlokasi di Sudirman itu juga menyediakan layanan delivery bagi Anda yang ingin bersantap di rumah. Tim kuliner hotel telah menyiapkan enam menu artisanal, seperti Baked Snapper Bumbu Rujak, Daging Brisket Balado, Chicken Pelalah Bumbu Bali, Sambal Bajak, dan masih banyak lagi.
 
2. Mandarin Oriental, Jakarta
 
Foto: Courtesy of Mandarin Oriental

Foto: Courtesy of Mandarin Oriental

 
Bertajuk The Flavour Journey, restoran Cinnamon di Mandarin Oriental menyuguhkan hidangan prasmanan yang spektakuler. Sesuai dengan temanya, Anda akan diajak untuk berpetualang rasa, dari makanan khas Indonesia, Cina, India, hingga Timur Tengah. Dimulai dengan suguhan takjil dan dilanjutkan dengan sajian menggiurkan, seperti Aneka Baklava dari Turki, makanan penutup Lebanon Mafruokeh, Kari Ayam India, serta Mie Ayam Ceker Sambal Matah dan area Penyetan dari Jawa Timur, Indonesia. Untuk mendapatkan pengalaman berbuka puasa yang menarik dari Cinnamon, nominal yang perlu Anda keluarkan adalah sekitar Rp428.000 per orangnya. 
 
Bagi Anda yang belum sepenuhnya berani untuk pergi ke luar, tenang saja, karena Mandarin Oriental Jakarta telah mempersiapkan menu khusus pesan-antar. Dengan membayar Rp.550.000 per setnya, Anda akan menikmati ragam hidangan khas Indonesia yang tak kalah lezat dan fantastis, seperti Ayam Pop, Bebek Betutu, Selat Solo, dan menu lainnya.
 
3. Fairmont Jakarta
 
Foto: Courtesy of Fairmont Jakarta

Foto: Courtesy of Fairmont Jakarta

 
Memiliki dua restoran dengan suasana yang berbeda tampaknya dimanfaatkan oleh hotel yang satu ini dalam menyuguhkan dua pengalaman buka perpuasa yang berbeda, namun sama lezatnya. 
 
Di Spectrum, Anda akan disuguhkan santapan autentik yang lezat dan tentunya beragam, mulai dari sajian khas Maroko, Lebanon, Turki, Arab Saudi, dan Indonesia. Sebagai salah satu hidangan utama, chef Spectrum Restaurant berkolaborasi dengan Hayat Lazrak dan Hadezzine Moubchir, chef tamu dari Kedutaan Besar Maroko, untuk menyajikan menu buka puasa khas Maroko yang akan dihidangkan pada minggu pertama Ramadan. Beberapa di antaranya adalah sup tradisional Harira, Chicken Tagine dengan Couscous, Chebakia, dan lain-lain.  Menu lainnya pun akan disajikan secara bergantian pada minggu-minggu selanjutnya. Konsep seribu satu malam akan diusungnya melalui beragam dekorasi yang memancarkan kesan megah. 
 
Berbeda dari Spectrum, Restoran 1945 akan fokus pada hidangan khas Indonesia, namun dengan sentuhan modern yang membuatnya terasa lebih spesial. Berikut adalah beberapa menu yang akan disajikannya: Ayam Bakar Karo, Arsik Ikan, dan Kambing Bakar Kari Aceh dari Sumatra; Iga Bakar Madu dan Empal Gepuk dari Jawa; Ikan Bakar Dabu dengan Nasi Kemangi dan Rica Rodoh dari Sulawesi; dan Nasi Bali, Ayam Taliwang, serta Sate Lilit dari Bali dan Lombok.
 
Prasmanan di Spectrum dibanderol dengan harga Rp.458.000++ per orang, sedangkan paket Restoran 1945 tersedia dengan harga Rp.520.000++ per orang. 
 
Kemudian, hanya dengan Rp.350.000++, Anda dapat menikmati sajian mewah dan lezat dari rumah. Dengan menu yang beragam, Anda tetap akan merasakan momen berbuka puasa secara istimewa layaknya di hotel-hotel. 
 
4. Shangri-La Hotel, Jakarta
 
Foto: Courtesy of Shangri-La Hotel Jakarta

Foto: Courtesy of Shangri-La Hotel Jakarta

 
Perpaduan antara budaya Betawi dan Timur Tengah akan menyambut Anda ketika memasuki restoran SATOO selama bulan Ramadan ini, baik dari segi dekorasi maupun suguhannya. Sebelum menyantap hidangan utama, ragam takjil istimewa dapat Anda nikmati, seperti kurma, es kelapa, es doger, kue lupis, gemblong, dan lainnya. 
 
Tentu, santapan utama untuk momen berbuka puasa di SATOO akan dipenuhi dengan menu khas Betawi dan Timur Tengah, mulai dari Soto Betawi, Nasi Ulam, Iga Tumbuk dengan Nasi Jeruk, dan Nasi Goreng Kambing hingga Chicken Shawarma, Fish Harra, dan Lamb Kofta. Prasmanan megah tersebut dapat diperoleh seharga Rp.458.000++ per orangnya. 
 
Jika ingin merasakan suasana yang berbeda, tenang saja, karena hotel yang satu ini memiliki restoran lain yang tentunya menyuguhkan suasana berbeda. Dengan restoran Italianya yang bernama Rosso, Anda akan dimanja dengan menu khas Italia yang mewah, seperti Slow Roasted Australian Rib Eye, Lamb Chops, dan Pan-seared Norwegian Salmon. Tak hanya itu, Shangri-La Hotel menyediakan santapan khas China yang mewah melalui Restoran China hotel, JIA. Di restoran tersebut, Anda akan disuguhkan ragam macam menu, mulai dari Seafood Fried Rice dengan saus XO, Crispy Prawn dengan Wasabi Mayonnaise, hingga Pan-fried Beef Strip Tenderloin dengan Sliced Garlic dan Barbecue Sauce. Prasmanan di Rosso dibanderol dengan harga Rp.458.000++ per orang, sedangkan di JIA seharga Rp.368.000++ per orang.
 
5. Gran Melia Jakarta
 
Foto: Courtesy of Instagram @granmelia_jkt

Foto: Courtesy of Instagram @granmelia_jkt

 
Ingin merasakan pengalaman menikmati rasa hidangan Iftar terbaik? Café Gran Via di Gran Melia Jakarta dapat menjadi pilihan Anda. Bertajuk Pasar Ramadhan, restoran tersebut ingin memberikan Anda sebuah pengalaman Iftar yang menarik dan berharga. Berlokasi di Jakarta Selatan, Pasar Ramadhan dilangsungkan selama satu bulan Ramadan penuh, dari 12 April hingga 12 Mei. Beroperasi dari jam 6 hingga 9 malam, restoran tersebut mematok harga yang berbeda untuk hari-hari tertentu. Pada hari kerja, Senin-Jumat, paket yang tersedia seharga Rp.499.000 per orangnya, sedangkan paket untuk akhir pekan memiliki harga yang lebih rendah, yaitu Rp.459.000 per orangnya. Selain prasmanan hidangan utama, paket tersebut juga sudah termasuk dengan prasmanan takjil, free-flow air putih, dan teh. 
 
6. JW Marriott Hotel Jakarta
 
Foto: Courtesy of JW Marriott Hotel Jakarta

Foto: Courtesy of JW Marriott Hotel Jakarta

 
Tema berbuka puasa yang dipilih oleh JW Marriott Hotel Jakarta pada bulan Ramadan kali ini adalah Unexplored Recipes. Sesuai dengan temanya, hidangan yang akan disajikan adalah berbagai menu Nusantara maupun Timur Tengah yang belum banyak dikenal orang, namun memiliki kelezatan yang tak perlu diragukan. Mulai dari Rp.438.000, Anda dapat menikmati prasmanan yang menyediakan Buntut Bakar Sambal Koja, Arsik Ikan, Udang Garo Rica, dan Sate Rembiga khas Indonesia serta Nasi Kebuli Panggang, Kebab, Ayam Kofta, dan Hummus khas Timur Tengah.
 
Jika Anda ingin takeaway untuk menyantapnya di rumah, hotel yang telah menerima banyak penghargaan itu menyediakan ragam macam nasi kotak yang dibanderol seharga Rp.180.000 per kotaknya, termasuk takjil dan juga minuman.
 
7. Raffles Jakarta
 
Foto: Courtesy of Raffles Jakarta

Foto: Courtesy of Raffles Jakarta

 
Raffles Jakarta tak ingin ketinggalan dalam menyediakan pengalaman berbuka puasa yang menyenangkan dan tak terlupakan. Mempersembahkan Raffles Ramadhan, hotel yang satu ini mengajak Anda untuk merasakan eksklusifitas berbuka puasa bersama di Arts Café. Serupa dengan hotel-hotel lainnya, Raffles Jakarta menawarkan ragam menu khas Indonesia dan Timur Tengah. Prasmanan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga Rp.415,000++ per orangnya. 
 
Momen buka puasa secara inklusif pun dihadirkan olehnya, dengan membawa Iftar ke level selanjutnya melalui sebuah kolaborasi bersama chef Maxie Millian. Dengan bakat yang dimilinya, chef dari Bali tersebut akan menyajikan hidangan Indonesia dari seluruh belahan Nusantara, membuatnya sangat menarik. Biaya yang diperlukan per orangnya untuk menikmati momen langka tersebut adalah sebesar Rp.500.000. 
 
Khusus untuk delivery, Raffles menyediakan paket yang dimulai dari harga Rp.160,000++ untuk per orang dan paket keluarga seharga Rp.750,000++ (untuk 4 orang). 
 
8. The Westin Jakarta
 


 
The Westin menghadirkan tiga restoran miliknya untuk menyuguhkan rasa dan suasana Iftar yang berbeda bagi para tamu. Untuk Ramadan kali ini, The Westin Jakarta menyulap teras outdoor-nya menjadi tempat makan sementara yang dinamakan Al Fanous. Dengan pengaplikasian desain secara matang, tentu Anda akan mendapatkan pengalaman unik selama bersantap di tempat yang satu ini. Kios makanannya menyajikan Kebab Daging Sapi dan Domba Panggang, berbagai kreasi nasi dari mandi hingga Biryani, dan makanan penutup khas Ramadan. Prasmanan lengkap tersebut dibanderol seharga Rp.465.000++ per orang. 
 
Suasana berbeda akan Anda dapatkan di Seasonal Tastes, di mana Anda dapat menyantap makanan yang mewakiliki rasa dari berbagai belahan dunia. Pilihan makanan yang umum itu bisa Anda dapatkan dengan biaya sebesar Rp.465.000++ pada hari kerja dan Rp.488.000++ pada akhir pekan. 
 
Tidak hanya memanjakan Anda dengan hidangan lezatnya, Wayra, Henshin juga akan menyuguhkan pemandangan indah yang luar biasa, tepatnya dari lantai 67 hotel The Westin Jakarta. Prasmanan yang tersedia akan menyajikan pilihan menu yang luas, seperti menu andalan Henshin, yaitu sushi dan sashimi serta masakan khas lokal. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menyantapnya adalah sebesar Rp.520.000++. 
 
9. Alila SCBD Jakarta
 

Foto: Courtesy of Alia SCBD

Foto: Courtesy of Alia SCBD

 
Alia SCBD Jakarta ingin membuat momen Iftar Anda dan keluarga atau kerabat sebagai momen yang tak terlupakan. Oleh karena itu, dengan bangga, hotel yang satu itu menyediakan prasmanan megah selama bulan Ramadan ini, yang tersebar pada dua restorannya, yaitu VONG Kitchen dan Le Burger. 
 
VONG Kitchen telah menyiapkan pengalaman unik bagi para tamunya dengan menyajikan dua menu eksklusif, masing-masing diperuntukkan untuk 2 minggu pertama dan 2 minggu terakhir. Untuk 2 minggu pertama (12 – 26 April), mereka akan menyediakan hidangan Es Cendol, Kue Nastar, Nasi Goreng Hijau Ikan Teri, Bebek Betutu, dan Pizza Semur atau Kari Ayam. Sedangkan, untuk 2 minggu terakhir (27 April – 11 Mei), sajian yang disuguhkan adalah Es Selendang Mayang, Lapis Legit, Empal Gentong dan Udang Fettucini “Gaya Aceh”, Tahu Seafood Crispy, dan ragam menu lainnya.
 
Pada sisi lain, Le Burger tampaknya cocok bagi Anda yang menginginkan makanan khas lokal dengan sentuhan urban. Secara keseluruhan, makanan yang tersedia di prasmanan adalah Sate Maranggi, Sate Ayam, Spiced Chicken Burger, Sate Udang Dabu-Dabu, Le Burger ‘Balado’, dan lain-lain. 
 
 
BONUS: Pullman Ciawi Vimala Hills
 
Foto: Courtesy of Pullman Ciawi Vimala Hills

Foto: Courtesy of Pullman Ciawi Vimala Hills

 
Bagi Pullman Ciawi Vimala Hills, bulan Ramadan rasanya tak lengkap jika tidak dibarengi dengan kegiatan amal, seperti berbagi rezeki kepada anak yatim dan lansia. Oleh karenanya, kegiatan amal yang satu itu menjadi rangkaian tambahan dalam kegiatan berbuka puasa bersama yang disuguhkan oleh hotel tersebut. 
 
Anda dapat menikmati sajian khas Indonesia maupun internasional di Damar Restaurant sembari disuguhkan pemandangan yang fenomenal, yaitu alam megah Ciawi. Paket takjil yang dihadirkannya dibanderol harga yang berkisar dari Rp.55.000 hingga Rp75.000. Sedangkan, untuk hidangan buka puasa utama, hotel tersebut menyediakan dua macam pilihan, yaitu:
 
Buka Puasa Set Menu – Baik untuk dine-in atau takeaway, seharga Rp.185.000++ per orang (13-18 April dan 4-12 Mei)
 
Buka Puasa Buffet – Seharga Rp.290.000++ per orang (19 April-3 Mei)

(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of The Ritz-Carlton Jakarta, Mandarin Oriental, Fairmont Jakarta, Shangri-La Hotel Jakarta, JW Marriott Hotel Jakarta, Raffles Jakarta, Alia SCBD, Pullman Ciawi Vimala Hills, dan Instagram)