Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Masalah Karantina Pandemi Bisa Jadi Kendala Saat Pangeran Harry Akan Kembali Ke Inggris untuk Pemakaman Pangeran Philip

Walaupun begitu, sampai saat ini belum jelas apakah istrinya, Duchess Meghan Markle yang sedang hamil akan turut pulang ke Inggris.

Masalah Karantina Pandemi Bisa Jadi Kendala Saat Pangeran Harry Akan Kembali Ke Inggris untuk Pemakaman Pangeran Philip

Menyusul berita duka yang sedang melanda keluarga kerajaan setelah meninggalnya, Duke of Edinburgh, Pangeran Philip, salah satu cucunya yang saat ini menetap di Amerika Serikat, Pangeran Harry dikabarkan akan kembali ke Inggris untuk mengikuti upacara pemakamannya.

Duke of Sussex diperkirakan akan terbang kembali ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Pangeran Philip, yang akan dilangsungkan secara tertutup bagi publik akibat pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Seperti yang diketahui, Pangeran Harry saat ini sudah menetap di Montecito, California bersama istrinya, Duchess Meghan, dan putra kecil mereka, Archie Mountbatten Windsor. Keluarga kecil ini pindah awal tahun lalu.

Belum jelas apakah Meghan juga akan terbang kembali ke Inggris bersama Pangeran Harry untuk upacara pemakaman dari kakek mereka mengingat Duchess of Sussex saat ini sedang mengandung anak kedua yang diketahui berjenis kelamin putri dan diperkirakan akan melahirkan pada musim panas ini.

Sementara Duke of Edinburgh dirawat di rumah sakit awal tahun ini setelah berjuang melawan infeksi, Pangeran Harry diketahui memang sudah berencana untuk terbang kembali ke Inggris jika ia meninggal. Sebuah sumber sebelumnya berbagi dengan Bazaar.com bahwa Pangeran Harry akan melakukan "apapun" untuk bisa menghadiri pemakaman kakeknya. Rincian lebih lanjut tentang pengaturan pemakaman Pangeran Philip diharapkan akan diumumkan besok.

Baik Pangeran Harry dan Meghan telah membagikan pesan belasungkawa dan penghormatan kepada mendiang Pangeran Philup di situs web resmi Archewell mereka hari ini, menghentikan segala unggahan konten mereka dan mengubah beranda utama mereka untuk berbagi pesan memperingati wafatnya Pangeran Philip.

"Untuk mengenang Yang Mulia, Duke of Edinburgh, 1921-2021," tulis catatan dari Duke dan Duchess of Sussex. "Terima kasih atas pengabdian Anda... Anda akan sangat dirindukan."

Lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan Pangeran Harry dari Amerika Serikat ke tanah kelahirannya, mengingat seluruh wilayah Inggris sedang menerapkan kebijakan lockdown akibat pandemi coronavirus, besar kemungkinan Pangeran Harry harus tetap menjalani masa karatina yang ditetapkan oleh Inggris yaitu sepanjang 10 hari dan siapapun yang masuk ke wilayah Inggris juga harus mengikuti dua kali tes virus corona setelah mereka tiba, kecuali jika mereka mendapatkan pengecualian khusus meskipun pasangan tersebut belum secara terbuka mengumumkan apakah mereka akan hadir.

Walaupun kebijakan karantina yang diberlakukan di Inggris adalah sepanjang 10 hari, ada beberapa kasus tertentu yang mengizinkan orang yang masuk ke wilayah Inggris untuk hanya melakukan isolasi mandiri sebanyak 5 hari, yaitu jika mereka membayar tes Covid pribadi setelah kedatangan. Dan jika hasil tes pribadi yang keluar adalah negatif, maka mereka dapat berhenti mengisolasi diri segera setelah hasil tes pribadi tersebut keluar.

Jika Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle benar-benar kembali ke Inggris, ini akan menjadi yang perjalanan pertama mereka sejak pasangan itu berbicara secara terbuka dalam wawancara televisi bersama dengan Oprah Winfrey mengenai pengalaman hidup mereka menjadi anggota keluarga kerajaan dan membeberkan isu rasisme yang pernah terjadi kepada Meghan dan putra pertama mereka, Archie.

(Foto: Courtesy of Bazaar US)