Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tanggal Wafat Pangeran Philip Jatuh pada Hari yang Sama dengan Ulang Tahun Pernikahan Pangeran Charles dan Camilla

Pagi ini, Duke of Edinburgh tutup usia di Windsor Castle, tepatnya 16 tahun sejak Charles dan Camilla menikah.

Tanggal Wafat Pangeran Philip Jatuh pada Hari yang Sama dengan Ulang Tahun Pernikahan Pangeran Charles dan Camilla
Foto: Courtesy of Instagram @theroyalfamily

Hari ini adalah hari yang menyedihkan bagi keluarga kerajaan dan seluruh bangsa, ketika Ratu mengumumkan "dengan kesedihan yang mendalam" atas kematian suaminya, Pangeran Philip, pada usia 99 tahun. Duke of Edinburgh meninggal dengan damai pagi ini di Windsor Castle, meninggalkan istrinya, Ratu Elizabeth II, dan empat anaknya, yaitu Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward serta delapan cucu dan 10 cicit.
 
Tak perlu diragukan lagi, berita itu tentu menjadi kesedihan besar bagi seluruh keluarga kerajaan. Namun, bagi Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall, kematian ayah dan ayah mertua mereka terjadi pada hari yang sangat pedih. Pada 9 April 2005 silam, Charles dan Camilla menikah di Windsor Guildhall, Kapel St.George, Windsor Castle. Hal tersebut menandakan bahwa hari ini juga menjadi ulang tahun pernikahan mereka yang ke-16.
 
Pada hari bersejarah itu, Pangeran Philip menghadiri upacara sipil bersama dengan Ratu dan ayah Camilla, Mayor Bruce Shand. Pangeran William dan Pangeran Harry pun hadir, begitu pula kedua anak Camilla, Tom dan Laura Parker Bowles. Foto resmi mereka diambil di White Drawing Room di Windsor Castle setelah dilangsungkannya upacara.
 


 
Tentu bahwa hari ini pasangan tersebut akan diselimuti kesedihan besar. Tampaknya, hal tersebut akan terus dirasakan pada momen ulang tahun pernikahan ke depannya. Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Pangeran Charles. Namun tidak diragukan bahwa pernyataan tersebut akan segera datang.
 
Kematian Duke of Edinburgh tiba setelah dirinya menjalani rawat inap di rumah sakit selama 28 hari akibat penyakit infeksi, termasuk penanganan untuk kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya. Ia dipulangkan dari Rumah Sakit King Edward VII, London pada bulan lalu dan segera kembali ke Windsor Castle, lokasi di mana ia dan sang Ratu menjalani lockdown. Sebelumnya, pada Januari, pasangan tersebut telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.  
 

 
Pernyataan terakhir dari Istana Buckingham yang berkaitan dengan Pangeran Philip adalah bahasan mengenai rawat inapnya di rumah sakit. Pernyataan tersebut berbunyi: “Yang Mulia ingin berterima kasih kepada semua staf medis yang telah menjaganya di Rumah Sakit King Edward VII dan Rumah Sakit St Bartholomew, serta semua pihak yang turut mengharapkan kesembuhannya.”
 
Kami turut berduka atas kabar pilu ini.
 
(Penulis: Catriona Harvey-Jenner; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar UK dan Instagram)