Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran Philip Tutup Usia di Umur 99 Tahun

Kabar duka melanda keluarga kerajaan.

Pangeran Philip Tutup Usia di Umur 99 Tahun
(Foto: Courtesy of Instagram @theroyalfamily)

Kabar duka datang dari keluarga kerajaan Inggris, hari ini tepat di tanggal 9 April 2021, Duke of Edinburgh yang telah menjadi pendamping setia untuk istrinya, Ratu Elizabeth II selama lebih dari 60 tahun dikabarkan telah mengembuskan napas terakhirnya di usia 99 tahun.

Kabar ini pun telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga kerajaan lewat unggahan Instagram mereka yang berbunyi, "Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dibuat pada waktunya. Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," tulis akun Instagram @theroyalfamily.

(Foto: Courtesy of Instagram @theroyalfamily)
(Foto: Courtesy of Instagram @theroyalfamily)

Seperti yang diketahui dan diberitakan dalam beberapa minggu terakhir ini (tepatnya di bulan Februari silam) kondisi kesehatan Pangeran Philip memang sedang tidak dalam kondisi prima dengan dirinya dilaporkan sempat dirawat di rumah sakit karena infeksi selama beberapa minggu sebagai "tindakan pencegahan". Ia pun akhirnya resmi pulang ke rumah pada bulan Maret setelah dirawat selama lebih dari sebulan. 

Penampilan publik terakhir Pangeran Philip di Captain’s General Parade pada Agustus 2017.

Duke of Edinburgh sendiri secara resmi telah pensiun dari tugas kerajaannya pada bulan Mei 2017 dan sejak saat itu jarang tampil di depan umum. Ia diketahui menghabiskan sebagian besar waktunya bersama dengan Ratu di kediaman Sandringham milik mereka di Norfolk, dan akhirnya pindah untuk ke Kastil Windsor selama masa lockdown akibat pandemi Covid-19.

Menikah dengan Putri Elizabeth (kala itu) pada tahun 1947, pasangan kerajaan ini dikaruniai empat orang anak yang terdiri dari Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward dan pada November 2017, mereka merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-70.

Sebagai pendamping dari penguasa terlama Inggris, Pangeran Philip telah terlibat pada lebih dari 22.000 tugas kerajaan dan menjabat sebagai pelindung atau pendukung untuk sekitar 800 organisasi sepanjang hidupnya. Di samping perannya sebagai pendamping Ratu, Philip juga turut mengejar impiannya sendiri. Pada tahun 1956, ia mendirikan The Duke of Edinburgh's Award, yang kemudian menjadi penghargaan prestasi pemuda terkemuka di dunia.

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US, Instagram @theroyalfamily)