Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melalui Instagram, Pevita Pearce, Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, dan Selebriti Lainnya Tunjukkan Dukungan pada Korban NTT

Beberapa di antaranya membuka donasi sendiri untuk menampung bantuan dari masyarakat.

Melalui Instagram, Pevita Pearce, Dian Sastrowardoyo, Chelsea Islan, dan Selebriti Lainnya Tunjukkan Dukungan pada Korban NTT
Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr @chicco.jerikho @pevpearce

Minggu ini, Indonesia diterjang oleh kabar duka yang datang dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Wilayah tersebut dilanda banjir besar yang mengakibatkan munculnya banyak korban. Tak tinggal diam, maysarakat Indonesia pun berbondong-bondong membantu meredakan dampak berkelanjutkan dengan mengirimkan bala bantuan dan membuka donasi. 
 
Hal tersebut turut dilakukan oleh para selebriti Indonesia. Dengan memanfaatkan media sosial masing-masing sebagai bentuk peningkatan awareness masyarakat akan gentingnya kondisi, mereka mengajak masyarakat untuk membantu dan ikut berdonasi dalam rangka memulihkan dampak yang muncul akibat bencana alam tersebut. 
 
Berikut adalah beberapa selebriti Indonesia yang menggunakan media sosial untuk menebar kebaikan tersebut. 
 
Pevita Pearce
 

Foto: Courtesy of Instagram @pevpearce

Foto: Courtesy of Instagram @pevpearce

 
NTT memiliki tempat yang spesial pada hati aktris yang satu ini. Kecintaan besarnya pada wilayah tersebut membuatnya tergerak untuk menyuarakan isu gentinya situasi ini melalui akun instagramnya. 
 
“Sebanyak 127 rumah habis hancur luluh lantak, hilang dengan segala isinya, dan masih banyak korban yang belum ditemukan. Kami ingin membantu saudara-saudara kami di sana di masa darurat ini untuk terus bisa bertahan hidup dan membangun rumah mereka kembali,” tulisnya pada caption unggahannya.
 
Andien
 
Foto: Courtesy of Instagram @andienaisyah

Foto: Courtesy of Instagram @andienaisyah

 
Sebagai salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjunginya, Andien merasa terpukul akan kabar memilukan itu. Atas rasa cintanya pada NTT, ia mengajak masyarakat untuk berdonasi demi membantu para korban di sana dan pihak-pihak yang terdampak. Ia pun berinisiatif untuk membuka donasinya sendiri.
 
“Semoga badai segera berlalu. Aku berdoa untuk keselamatan dan ketabahan saudara-saudara di NTT. Jika kamu terpanggil untuk menyisihkan rezeki untuk membantu saudara yang terdampak bencana, aku membuka donasi untuk penyediaan kebutuhan bagi para korban bencana,” ungkap sang penyanyi.
 
 
Chelsea Islan
 
Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

Foto: Courtesy of Instagram @chelseaislan

 
Pray for NTT” menjadi judul dari unggahan terbaru Chelsea Islan itu. Jiwa sosialnya yang tinggi mengarahkannya untuk ikut membantu para korban dengan membukakan donasi bagi masyarakat yang ingin turut menyumbang. 
 
Dengan memaparkan data mendetail mengenai dampak dari bencana tersebut, ia mengajak masyarakat dengan berkata, “Mari kita turut berpartisipasi membantu para penyintas dengan donasi.”
 
 
Tara Basro
 
Foto: Courtesy of Instagram @tarabasro

Foto: Courtesy of Instagram @tarabasro

 
Pengalamannya selama tinggal di NTT dalam kurun waktu tiga bulan membuatnya merasa dekat dengan kabar bencana yang satu itu. Melalui unggahan Instagram, ia mendoakan para korban dengan berkata, “Doa saya untuk kalian, semoga yang hilang cepat ditemukan, meski mungkin kalian kehilangan segalanya, tapi semoga kalian tetap diberikan keteguhan hati untuk bangkit dan pulih. Semoga ini cepat berlalu dan semoga bantuan bisa segera didistribusikan.”
 
Ia pun tak lupa mengingatkan masyarakat untuk turut membantu NTT dengan mendonasikan waktu ataupun materi yang dimiliki, tanpa perlu memandang jumlah yang diberikan. 
 
“Ketika kalian lihat unggahan mengenai bantuan untuk warga NTT, mohon sekali untuk menyisihkan waktu dan materi untuk membantu jika mampu, berapapun itu akan sangat berarti bagi mereka,” ajak sang aktris.
 
Chicco Jerikho
 


 
Melalui akun Instagram pribadinya, Chicco membagikan sebuah video yang memperlihatkan sekumpulan anak NTT yang sedang bernyanyi. Tentu, unggahan tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat akan bencana yang menimpa mereka. 
 
“Kasihnya seperti sungai untuk saudaraku di NTT. Yuk sama-sama kita mengulurkan tangan buat saudara kita yang terkena bencana di NTT,” bunyi ajakannya yang dituangkan pada caption unggahan.
 
 
Dian Sastrowardoyo
 


 
Aktris yang satu ini mengunggah sebuah video di akun Instagramnya. Dalam video tersebut, ia bercerita mengenai keindahan alam maupun budaya dari NTT serta rasa sedih ketika ia mendengar kabar pilu itu. Ia pun mengajak masyarakat Indonesia untuk turut membantu mereka yang terkena dampaknya. 
 
“Mari bergerak untuk Sumba Timur melalui WeCare.Id dengan klik tautan di Bio. Berapapun donasi yang diberikan akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita di sana,” ajak Dian Sastro.
 
 
Wulan Guritno
 


 
Mengelola proyek sosial I am Hope atau juga dikenal dengan Gelang Harapan membuktikan bahwa jiwa sosial dari aktris yang satu ini memang tinggi. Ia pun kembali menujukkan kepeduliannya dengan membagikan informasi serta ajakan berdonasi melalui akun Instagramnya. 
 
“Melihat kondisi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan ini, maka kami ingin mengajak teman-teman semua Warrior of Hope untuk berdonasi membantu mereka. Berapa pun donasi teman-teman akan sangat berarti bagi para korban yang terdampak,” jelas Wulan Guritno. 
 
Sebagai tambahan informasi, Wulan merinci dan menjelaskan bagaimana donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membantu para korban. Melalui caption unggahannya, ia menuliskan, “Hasil donasi akan digunakan untuk membantu kebutuhan pokok. menyediakan alat sanitasi, serta membantu kebutuhan pengungsi dan fasilitas di pengungsian.”
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Instagram)