Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Benar Mengaplikasikan Produk Tabir Surya atau Sunscreen ke Wajah Anda

Menggunakan produk tabir surya adalah satu-satunya cara untuk tetap terlindungi.

Cara Benar Mengaplikasikan Produk Tabir Surya atau Sunscreen ke Wajah Anda

Ada banyak informasi yang salah dan jargon pemasaran keliru seputar penggunaan tabir surya di luar sana, terutama bila menyangkut cita-cita jika ingin meraih kulit halus di wajah Anda. Apakah kandungan SPF 15 yang termasuk di dalam produk foundation yang Anda gunakan sudah cukup? Atau cukupkah jika hanya mengoleskan lapisan tipis tabir surya pada jam 8 pagi sebelum berbaring di taman sampai matahari terbenam? Apakah minyak kelapa sama dengan tabir surya alami? Jawaban dari semua pertanyaan di atas adalah tidak, namun bukan berarti menjaga kulit Anda tetap terlindungi di segala musim menjadi hal yang rumit. Di sini, dr. Sophie Shotter memberikan panduan yang tepat tentang cara mengaplikasikan tabir surya wajah dengan benar.

“Melindungi kulit Anda dari sinar UV mungkin adalah cara paling penting untuk mencegah penuaan dini. Perlindungan SPF dibutuhkan setiap hari - apa pun cuacanya," dr. Sophie menegaskan. “Sebagai aturan praktis, jangan gunakan produk tabir surya yang memiliki perlindungan kurang dari SPF 30. Sedangkan pada musim panas, gunakan SPF 50 dan aplikasikan kembali setiap beberapa jam sepanjang hari jika Anda berada di luar ruangan dan berada di bawah paparan sinar matahari.” (Mengenakan riasan? Tidak masalah, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan produk SPF berbentuk mist yang dapat disimpan dengan mudah di tas Anda.)

Kiehl's Ultra Light Daily UV Defense Aqua Gel SPF 50 PA++++
40.00 pound sterling (804.000 rupiah)

Bioderma Photoderm Face Protection SPF50+ Light Tint
14.50 pound sterling (291.450 rupiah)

La Roche-Posay Anthelios Ultra-Light Invisible Fluid SPF30 50ml
17.50 pound sterling (351.750 rupiah)

Drunk Elephant Umbra Tinte Physical Daily Defence SPF 30
30.00 pound sterling (603.000 rupiah)

Ada dua jenis filter matahari, seperti yang dijelaskan dr. Sophie…

FILTER KIMIA

“Ini menyerap sinar. Bayangkan filter ini seperti sebuah spons kecil yang mengumpulkan sinar, menghentikannya memasuki kulit Anda dan mencegah merusaknya."

FILTER MINERAL

“Sering disebut juga sebagai 'filter fisik', ini bertugas untuk membelokkan sinar. Anda dapat membayangkannya seperti sebagai seekor kelelawar, Anda perlu mengusirnya jauh-jauh sebelum mereka bisa masuk ke dalam kulit. Tabir surya dengan filter mineral lebih baik untuk jenis kulit sensitif karena kandungan bahannya yang tidak akan menyerap di kulit. Namun sebaliknya, tabir surya kimiawi akan berpenetrasi ke kulit. "

Penjelasan tentang broad-spectrum

Terlepas dari jenis tabir surya apapun yang Anda pilih, Anda harus memastikannya mengandung UVA dan UVB. Ini biasanya disebut sebagai tabir surya dengan spektrum yang luas.

UVA Melindungi dari sinar penuaan

UVB melindungi dari sinar yang membakar

Tambahkan serum antioksidan

“Ini juga ideal untuk menggunakan serum antioksidan yang mengandung Vitamin C sebelum Anda menerapkan produk SPF karena akan meningkatkan perlindungan Anda. Antioksidan melawan molekul radikal bebas yang merusak DNA Anda, sehingga menyebabkan penuaan dini. Serum antioksidan adalah pasangan sempurna untuk krim SPF Anda. Mengenakan keduanya akan memberi Anda perlindungan terbaik dari sinar matahari dan membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan cerah."

Berapa banyak SPF yang harus digunakan

“Bayangkan jumlahnya seperti ketika Anda sedang menyendok hidangan penutup dengan sendok makanan penutup saat mengoleskan SPF ke wajah Anda. Jangan lupa, Anda juga harus mengaplikasikannya pada kelopak mata dan bibir Anda. Jadi, jika Anda membutuhkan lebih banyak, lakukanlah! ”

Jika Anda tidak memiliki sendok, maka cara lain adalah dengan mengukurnya dengan panjang dua ruas jari. Meskipun ini mungkin terdengar banyak, pertimbangkan bahwa itu harus menutupi seluruh wajah, bagian luar telinga, leher, dan dada Anda.

(Penulis: Roberta Schroeder; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)