Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Olahraga Berdurasi 7 Menit Ini Dilakukan Hanya Dengan Kursi

Penelitian membuktikan bahwa latihan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Olahraga Berdurasi 7 Menit Ini Dilakukan Hanya Dengan Kursi

Tak jarang kita menghadapi kesulitan untuk menemukan waktu sekitar satu jam untuk berolahraga ketika sedang berusaha melakukannya sesering mungkin. Namun Anda tak perlu resah jika hanya memiliki sedikit waktu. Berdasarkan penelitian baru, Anda cukup meluangkan waktu selama tujuh menit. 

Itulah penemuan dari penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Sport Medicine and Physical Fitness. Para peneliti mengumpulkan orang-orang berusia antara 18 dan 30 tahun untuk melakukan oahraga selama tujuh menit setiap hari dalam enam minggu yang menggabungkan aerobik dan latihan resistensi. Setelah enam minggu, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan latihan memiliki angka BMI yang lebih rendah, ukuran lingkar pinggang dan pinggulnya berkurang, serta massa lemak yang lebih rendah dibandingkan ketika mereka baru mulai melakukan percobaan ini.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa formula latihan ini memberikan manfaat kardio bagi mereka yang tidak menurunkan berat badannya.

Inilah bagian yang terbaik. Olahraga sebenarnya bukanlah sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Menurut Lama Mattar, Ph.D., selaku ketua penelitian dan asisten professor nutrisi di Lebanese American University, olah tubuh ini sangatlah mudah dilakukan.


Olahraga 7 menit

Olahraga:

Anda melakukan 12 latihan intensitas tinggi dalam durasi pendek selama 30 detik dengan jeda 10 detik untuk beristirahat.


Latihan

  1. Jumping jacks
  2. Wall sit
  3. Push up
  4. Crunch
  5. Naik ke kursi
  6. Squat
  7. Triceps dips
  8. Plank
  9. Lari di tempat
  10. Lunge
  11. Pushup
  12. Side plank

Itu saja. “Latihan ini dapat dilakukan di ruang yang kecil dan hanya memerlukan sebuah kursi sebagai alat bantunya,” kata Lama.

Olahraganya sendiri sangat efektif sebab sama halnya dengan latihan HIIT atau High-Intensity Interval Training lainnya yang mendorong tubuh Anda ke kapasitas maksimum. “Durasinya sangat singkat dan Abda dapat melakukannya di rumah atau di halaman yang memberikan fleksibilitas bagi para individu dengan kendala waktu,” imbuh Lama.

Sayangnya, Anda tidak bisa berharap dengan latihan selama tujuh menit seumur hidup dapat membuat tubuh Anda menjadi sangat fit. “Olahraga selama tujuh menit ini tidak akan mengganti program latihan penuh yang lengkap, namun membantu untuk meningkatkan kebugaran dan mengendalikan berat badan,” ucap Lama. Akan tetapi, olahraga ini bukanlah opsi yang buruk bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu.


Ready, set, sweat

Ingin lebih banyak melakukan latihan menggunakan kursi? Berikut ini adalah tiga olahraga dari trainer terbaik yang tersedia secara online.


Alice Liveing's Chair Workout



Kayla Itsines' Ladder Workout



Samantha McGowan's Full-Body Chair Workout




(Penulis: Korin Miller; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)