Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi 8 makanan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

8 Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
(Foto Courtesy of Vasily Pindyurin©123RF.com)

Sebagaimana diketahui, tubuh tidak mudah terserang penyakit jika sistem imun di dalam tubuh baik, atau sebaliknya, tubuh lebih mudah terserang penyakit jika sistem imun di dalam tubuh kurang baik. Salah satu cara meningkatkan sistem imun tubuh yakni dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan peningkat sistem imun.


1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral di antaranya, vitamin C, E, dan A, serta antioksidan dan serat yang mampu melawan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit.


2. Bayam

Bayam mengandung banyak antioksidan dan vitamin C dan A, serta beta karoten yang mampu membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh secara efektif. Untuk mendapatkan manfaatnya, hindari untuk mengolah sayur bayam terlalu lama, karena dapat menghilangkan kandungan baik di dalamnya.


3. Bawang Putih

Zat allicin yang terkandung di dalam bawang putih berguna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, bawang putih juga dapat membantu memperlambat pengerasan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.


4. Jahe

Jahe dipercaya mampu membantu mengurangi sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan, serta dapat membantu mengurangi rasa mual. Tak hanya itu saja, jahe juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe yaitu dengan cara meminum air rebusan jahe atau Anda dapat mencampurkannya sebagai bumbu makanan.


5. Buah Jeruk

Sebagaimana diketahui, hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang sejak lama dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung di dalam hampir semua buah jeruk bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih, yang menjadi kunci untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.


6. Buah Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh di antaranya, folat, vitamin K dan C, serta potasium. Semua nutrisi tersebut berguna untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam buah kiwi dapat menjaga agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan baik.


7. Almond

Almond mengandung vitamin E, B1, B2 dan B3 serta mineral seperti kalsium, magnesium, seng, fosfor, besi, dan tembaga. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.


8. Yoghurt

Yoghurt mengandung probiotik yang memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan, mencegah gangguan usus dan menangkal virus. Tak hanya probiotik, yoghurt juga merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit flu. Dengan kata lain, kandungan yoghurt dan vitamin D dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga mengurangi risiko tertular penyakit.




(Foto Courtesy of Vasily Pindyurin©123RF.com)