Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Berikut 6 cara mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah dengan bahan alami.

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Pernahkah Anda bercermin dan mendapati wajah yang mengilap karena kadar minyak berlebih? Mungkin saja hal ini terjadi hampir setiap hari ketika Anda melakukan aktivitas di luar rumah terutama setelah mengaplikasikan riasan pada wajah.

Minyak pada wajah sebenarnya memberi banyak manfaat baik, seperti memberikan perlindungan pada pori-pori dari bahaya polusi dan debu, memperlambat penuaan dini termasuk munculnya kerutan, serta melembapkan wajah. Namun, tidak jarang dampak negatif yang muncul akibat kadar minyak berlebih, di antaranya jerawat.

Beberapa cara seperti membersihkan wajah secara teratur dan membasuhnya dengan air hangat dipercaya mampu mengurangi kadar minyak berlebih serta memperlancar peredaran darah pada kulit Anda. Bazaar mengungkap cara lain yang juga alami sebagai cara ampuh untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.


1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin A dan C serta asam amino yang tinggi. Selain menutrisi kulit, perpaduannya dengan lemon juga oatmeal mampu menyeimbangkan kadar minyak yang berlebih. Caranya dengan membuat masker wajah dari tomat yang sudah dihaluskan lalu menambah perasan lemon serta oatmeal.

Setelah itu, aplikasikan masker tersebut di seluruh area wajah terutama T zone selama 10 menit. Tomat juga bersifat exfoliant yang membuatnya mampu mengangkat sel kulit mati.


Baca juga: Resep Masker Alami untuk Segala Masalah Kulit


2. Pisang

Selain menyegarkan, pisang berkhasiat mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah. Caranya dengan mencampur pisang yang sudah dihaluskan dengan susu dan madu secukupnya. Aplikasikan masker ini selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya dua hingga tiga kali dalam seminggu secara rutin.

 

3. Mentimun

Mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah selanjutnya yaitu dengan masker mentimun. Caranya dengan mengoleskan mentimun yang sudah dihaluskan bersama daun mint pada seluruh area wajah. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan perasan jeruk nipis pada masker ini. Setelah dibiarkan 30 menit, basuh dengan air bersih.

 

4. Daun Seledri

Selain manfaatnya untuk kesehatan, daun seledri pun baik untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Caranya dengan mengaplikasikan air rebusan daun seledri untuk membasuh wajah Anda. Setelah itu bilas dengan air bersih dan lakukan setiap hari agar kadar minyak pada wajah menjadi seimbang serta sehat.

Daun seledri mengandung antioksidan berupa L-tryptophan, vitamin B1, B2, A dan C yang bermanfaat mengurangi kadar minyak berlebih di wajah. Selain itu, daun seledri mengandung senyawa 3n-butilphalida untuk mencegah terjadinya jerawat yang ditimbulkan akibat kadar minyak berlebih.

 

5. Aloe Vera

Tidak hanya ampuh menutrisi rambut Anda, aloe vera atau lidah buaya pun dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih dengan membuatnya menjadi pasta. Caranya dengan merebusnya lalu mencampurnya daging lidah buaya dengan madu lalu oleskan pada wajah. Untuk hasil terbaik, aplikasikan pasta lidah buaya ini sekali setiap minggu.


Baca juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Kesehatan

 

6. Apel

Buah apel mengandung zat anti lemak yang mampu mengangkat seluruh lemak dan kotoran di wajah. Seperti halnya pisang dan tomat, Anda harus membuat masker wajah dari apel yang dihaluskan dan ditambah sedikit madu. Kemudian, masukkan masker yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin dan biarkan hingga 15 menit.

Setelah itu, oleskan masker apel ini pada wajah secara merata. Biarkan hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Lakukan sekali setiap minggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

 

(Bungbung Mangaraja. Foto. BeautyBlowFlow/ Shutterstock/ Clickphotos)