Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Seniman Indonesia Menggemparkan Balai Lelang

Seniman Indonesia Menggemparkan Balai Lelang
S.Sudjojono - Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro

Sejumlah seniman Indonesia bersinar pada lelang seni rupa modern dan kontemporer Asia yang baru saja digelar oleh rumah lelang Sotheby's di Hong Kong. Tidak hanya mampu bersaing dengan karya-karya seniman papan atas asal China, beberapa seniman kita juga berhasil mencetak rekor dunia pada lelang yang rutin digelar setiap dua kali setahun ini.

Karya wanita seniman, Ay Tjoe Christine yang namanya tengah meroket, misalnya. Lukisan bertajuk Layers of Hiding Place yang ia lukis di tahun 2013, berhasil terjual di angka 4,6 juta dolar Hong Kong atau sekitar 6,9 miliar rupiah. Harga ini 10 kali lebih besar dari harga perkiraan yang dipublikasikan oleh Sotheby's.

Namun hasil yang paling mengejutkan datang dari karya S. Sudjojono yang bertajuk Pasukan Kita Yang Dipimpin Pangeran Diponegoro. Lukisan berukuran 100 x 199,5 cm ini terjual di harga 58,36 juta dolar Hong Kong atau setara dengan 85 miliar rupiah. Penjualan ini juga sekaligus mencetak rekor harga tertinggi untuk seniman dari Asia Tenggara.

 

(Stella Mailoa. Foto: Courtesy of Sotheby's)