Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria

Bagaimana caranya agar kemeja hitam pria tampak lebih elevated?

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria
Layout by Angel Lawas

Ketika memikirkan cara memadukan fashion kemeja hitam pria maka tak jarang dari Anda akan terpaku pada satu jenis kemeja. Ya, kemeja konvensional, berlengan panjang yang terbuat dari katun. Namun sebenarnya ada banyak sekali kemeja dengan berbagai jenis bentuk serta motif, dan masih dapat dikategorikan sebagai kemeja. 

BACA JUGA: Cara Memilih Model Kemeja Putih Wanita untuk Kerja

Contohnya saja overshirt, kemeja yang satu ini diciptakan dengan bahan yang lebih tebal daripada kemeja pada umumnya. Ini dikarenakan kemeja ini lebih digunakan sebagai outerwear, atau jika pada musim dingin kemeja ini menjadi lapisan tengah antara pakaian dalam dengan pakaian luar. Beranjak dari overshirt ada juga yang namanya polo shirt. Untuk kemeja jenis ini lebih menggunakan bahan rajut, dan dulunya kerap digunakan sebagai pakaian olahraga. 

Nah, dengan beragamnya jenis kemeja tentu bisa lebih meriahkan penampilan Anda. Berikut beberapa kurasi Bazaar yang mungkin para pria patut coba:

God is in The Details

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria
God is in details

Pernah dengar istilah ini? Memang kutipan dari arsitek asal Amerika, Mies van der Rohe, ini sebenarnya bisa diaplikasikan pada fashion. Bagi pria yang tak suka hal yang mencolok Anda bisa membuat statement pada setiap detail. Kombinasikan kemeja bergaris fitted fit dari Dolce & Gabbana ini dengan celana Lemaire yang straight fit untuk menciptakan siluet dinamis. Bumbuhi penampilan ini dengan tali pinggang dari Ferrari lengkap dengan logo kuda perak, dan topi dari Golden Goose dengan strap kulit glossy di atas brim-nya.

Absolute Streetwear

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria
Absolute Streetwear

Aneh rasanya jika tidak memasukkan kombinasi outfit untuk streetwear. Ya, Anda dapat memilih kemeja Amiri yang dihiasi dengan motif cetak pada bagian dadanya. Lalu padukan dengan celana jeans wide leg dengan ujung yang sobek serta warna yang pudar dari Rick Owens. Jangan lupa untuk memakai kacamata Dynamo wrap dari Balenciaga, dan sneakers hitam putih colorblock dari Off-White. 

Flamboyant Dandy

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria
Flamboyant Dandy

Untuk rekomendasi ini sesuai bagi Anda yang sedang pergi ke after-party atau berbagai acara yang dihelat pada malam hari. Curi perhatian siapa saja dengan kemeja sutra dengan aksen lace yang tembus pandang dari Versace, dipadukan dengan celana sutra dari Dolce & Gabbana. Semakin meriah dengan loafers dari Manolo Blahnik yang dilengkapi dengan buckle permata dan cincin penuh intrik ukiran dari Emanuele Bicocchi. 

Comfort Zone

5 Cara Membersihkan Makeup Yang Sesuai dengan Kulit Anda
Rapi namun tetap nyaman

Ya, Bazaar mengerti, beberapa dari Anda mungkin menolak menggunakan kemeja hitam konvensional ketika berpergian. Alasannya, selain karena terlalu formal kemeja ini juga cenderung tidak nyaman (apalagi jika Anda memilih potongan yang fitted). Nah, untuk itu Anda dapat menukarnya dengan kemeja oversized, lengan pendek, atau lebih baik lagi, tukarlah dengan polo shirt! Gunakan Cassandre wool polo shirt dari Saint Laurent ini, mix dengan celana bahan berlipit dari Ami Paris. Terakhir, sempurnakan dengan sepatu loafers chunky dari Prada dan kaos kaki bermotif Pegasus dari Etro. 

Texture Play

5 Cara Menggunakan Kemeja Hitam Pria
Bermain dengan tekstur!

Selain warna, siluet, dan detail, Anda juga dapat tampil fashionable dengan mengandalkan permainan tekstur yang berbeda! Cobalah pakai tank top Prada yang polos, kemudian timpalah dengan overshirt berbahan lambskin dengan permukaan mengkilap dari Ami Paris ini. Untuk kombinasi bawahan, Jeans dengan motif cetakan tengkorak dari Off-White, dan sepatu Rick Owens yang berbulu ini pasti akan memaksimalkan keseluruhannya. 

Itulah beragam ide fashion kemeja hitam pria, yang manakah favorit Anda? 

BACA JUGA:
8 Kemeja Putih Karya Brand Lokal yang Patut Anda Miliki!
Sejarah Panjang Kemeja Putih

(Foto: Courtesy of Farfetch)