Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melihat Kembali Gaya Karpet Merah di Tahun 90-an

Bazaar mengulas kembali penampilan dan berbagai figur ikonis dari akhir abad ke-20.

Melihat Kembali Gaya Karpet Merah di Tahun 90-an
Courtesy of Bazaar US

Ketika Anda mendengar kata "karpet merah" saat ini, Anda mungkin berpikir tentang gaun mewah, tuksedo yang dipersonalisasi, dan tidak ada habisnya perhiasan berlian. 

BACA JUGA: Semua Penampilan di Karpet Merah Penghargaan BAFTA 2024

Namun, pada tahun 1990-an, karpet merah adalah ajang yang sangat berbeda. Diselingi dengan celana low rise jeans, atasan crop top, choker, dan gaun selutut, tahun 90-an adalah masa eksperimen gaya busana di mana apa pun bisa digunakan. Sementara beberapa bintang besar datang ke acara penghargaan dan pemutaran perdana film dengan gaun satin yang elegan, yang lain memilih penampilan yang lebih santai, seperti jaket jeans dan setelan celana krem.

Meskipun sudah lebih dari 20 tahun sejak pergantian milenium, tidak diragukan lagi bahwa gaya busana karpet merah pada masa itu masih sangat memengaruhi mode saat ini. Untuk menghormati era yang tak ada bandingannya itu, kami mengumpulkan beberapa momen karpet merah yang paling tak terlupakan pada masa itu. Mulai dari gaun Versace Elizabeth Hurley yang menjadi pusat perhatian (Anda pasti tahu gaun itu) hingga setelan Dior Celine Dion yang terbalik, geser terus untuk melihat kembali gaya karpet merah terbaik di tahun 90-an.

1. Daryl Hannah

Courtesy of Bazaar US

Pada tahun 1990, Daryl hadir di Academy Awards dengan mengenakan gaun emas yang pas dengan pinggiran bermodel putri duyung yang masif, syal bulu putih, sarung tangan sepanjang siku, dan kacamata yang serasi.

2. Madonna

Courtesy of Bazaar US

Penyanyi ini berjalan di karpet merah Academy Awards 1991 dengan mengenakan busanal yang dirancang oleh Bob Mackie. Bob membuatkan busana khusus untuk sang penyanyi setelah mereka berkolaborasi dalam sampul Vanity Fair.

3. Daryl Hannah

Courtesy of Bazaar US

Aktor peraih penghargaan ini sekali lagi menjadi pusat perhatian di Academy Awards 1991 saat ia melenggang mengenakan gaun biru langit yang dipasangkan dengan syal putih, perhiasan bernuansa biru, dan sepasang sepatu bernuansa perak.

4. Cindy Crawford

Courtesy of Bazaar US

Cindy mengenakan pakaian hitam dan putih yang mencolok, lengkap dengan baret, ke acara Emmy Awards tahun 1992.

5. Geena Davis

Courtesy of Bazaar US

Busana karpet merah Geena benar-benar sesuatu yang lain di tahun 90-an. Contoh kasus: Academy Awards 1992, di mana ia mengenakan gaun putih berkerut yang menampilkan pinggiran asimetris.

6. Drew Barrymore

Courtesy of Bazaar US

Kacamata hitam berwarna, tas Mickey Mouse, jaket jeans dengan jahitan kontras, apa yang tidak disukai dari penampilan Drew yang santai ini? Pakaian ini digunakan untuk pemutaran perdana film thriller Silver pada tahun 1993.

7. Claudia Schiffer

Courtesy of Bazaar US

Claudia terlihat menawan dalam balutan warna merah muda saat menghadiri Academy Awards tahun 1994. Di sini, ia terlihat berpose di samping tunangannya saat itu, pesulap David Copperfield.

8. Tyra Banks

Courtesy of Bazaar US

Tyra mengenakan gaun spaghetti strap berwarna biru keperakan yang memukau ke acara CFDA Awards 1994.

9. Elizabeth Hurley

Courtesy of Bazaar US

Elizabeth mengenakan gaun hitam Versace yang mencolok dengan peniti emas yang sangat besar ke pemutaran perdana Four Weddings and a Funeral. Puluhan tahun kemudian, gaun tersebut tetap menjadi salah satu penampilan karpet merah yang paling banyak dibicarakan.

10. Naomi Campbell

Courtesy of Bazaar US

Naomi, terlihat di sini berjalan di samping sesama supermodel Christy Turlington, mengenakan gaun mini rajutan putih untuk menghadiri pemutaran perdana film Wolf di karpet merah New York. 

11. Liv Tyler

Courtesy of Bazaar US

Liv memilih gaun hitam dengan lengan tembus pandang untuk karpet merah MTV VMAs 1995.

12. Kate Moss

Courtesy of Bazaar US

Kate tampak keren dalam setelan serba hitam saat berpose di depan kamera pada acara VH1 Fashion and Music Awards 1995.

13. Nicole Kidman

Courtesy of Bazaar US

Nicole Kidman mengenakan gaun perak berkilau ke pemutaran perdana Batman Forever pada tahun 1995.

14. Drew Barrymore

Courtesy of Bazaar US

Drew tampil memukau dengan gaun mini berwarna biru muda sutra dengan jepit rambut daisy di karpet merah Batman Forever. Aktor muda ini berperan sebagai Sugar dalam film yang diarahkan oleh Joel Schumacher.

15. Halle Berry

Courtesy of Bazaar US

Halle mengenakan gaun biru perak yang sederhana namun tetap menarik perhatian pada acara People's Choice Awards tahun 1995.

16. Sharon Stone

Courtesy of Bazaar US

Sharon mengenakan tampilan Vera Wang yang cantik (lengkap dengan saku!) untuk menghadiri pemutaran perdana filmnya yang berjudul Last Dance.

17. Oprah Winfrey

Courtesy of Bazaar US

Oprah tampil memukau di Academy Awards 1995 dengan mengenakan gaun sutra berwarna cokelat kopi dengan clutch emas dan banyak aksesori berlian.

18. Uma Thurman

Courtesy of Bazaar US

Uma tetap tampil kasual di pemutaran perdana French Kiss dalam setelan berwarna krem dengan aksesori hitam.

19. Mary J. Blige

Courtesy of Bazaar US

Siapa yang bisa melupakan penampilan bermotif macan tutul dari Mary yang ia kenakan di Grammy?

20. Kate Winslet

Courtesy of Bazaar US

Kate mengenakan gaun Vivienne Westwood berwarna merah muda yang cantik dengan kalung berlian saat menghadiri Oscar 1996. Ia dinominasikan pada tahun itu sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk perannya dalam Sense and Sensibility.

21. Naomi Campbell

Courtesy of Bazaar US

Naomi Campbell tampak seperti bangsawan yang mengenakan gaun berleher perahu berwarna putih pucat di Academy Awards 1996.

22. Fran Drescher

Courtesy of Bazaar US

Bintang sitcom ini tampil memukau dengan gaun halter-top putih dan headpiece bermotif bunga di Golden Globe Awards 1996.

23. Grace Jones

Courtesy of Bazaar US

Grace membuktikan bahwa ini semua tentang detail saat ia berjalan di karpet merah pada pemutaran perdana Evita pada tahun 1996.

24. Winona Ryder

Courtesy of Bazaar US

Winona Ryder mengenakan gaun hitam strapless pada tahun 1996 untuk menghadiri Fire and Ice Ball di Warner Brothers Studios di Los Angeles.

25. Diana Ross

Courtesy of Bazaar US

Diana tampil memukau dengan gaun model putri duyung hitam dan putih berbahan satin saat berjalan di acara Grammy tahun 1997.

26. Reese Witherspoon

Courtesy of Bazaar US

Reese Witherspoon tiba di pemutaran perdana Nowhere dalam balutan kemben bertali sphagetti, rok model kolom hitam, dan kalung chunky.

27. Will Smith dan Jada Pinkett Smith

Courtesy of Bazaar US

Keluarga Smith tampil totalitas untuk pemutaran perdana Men in Black di Los Angeles dengan mengenakan setelan dan warna yang serasi.

28. Rose McGowan

Courtesy of Bazaar US

Gaun terbuka milik Rose yang menarik perhatian dari VMA 1998 masih saja dibicarakan hingga saat ini. Maja Hanson merancang busana yang terbuat dari kain mesh serba terbuka tersebut.

29. Cher

Courtesy of Bazaar US

Penyanyi dan aktor ini mengenakan gaun emas bak dewi dengan headpiece yang serasi untuk Academy Awards 1998.

30. Kate Hudson

Courtesy of Bazaar US

Untuk acara MTV Music Awards 1998, Kate mengenakan pakaian two-piece tembus pandang yang masih menjadi tren hingga saat ini.

31. Cameron Diaz

Courtesy of Bazaar US

Cameron tampak anggun saat tiba di Oscar 1998 dengan gaun rancangan Stella McCartney untuk Chloé.

32. Meg Ryan

Courtesy of Bazaar US

Ryan dan Dennis Quaid tampak anggun di Academy Awards 1998, mengenakan ansambel hitam dan kacamata tinted.

33. Jennifer Lopez

Courtesy of Bazaar US

Jennifer ialah sosok yang melambangkan gaya Y2K. Saat ia menghadiri MTV VMAs 1998 dengan mengenakan atasan crop top perak berantai dengan rok kulit sepanjang lantai.

34. Salma Hayek

Courtesy of Bazaar US

Sudah lebih dari 20 tahun berlalu, dan kita masih tidak bisa melupakan tato kupu-kupu temporer Salma yang digunakannya untuk menghiasi gaun hitam tanpa tali yang sederhana. Dalam sebuah wawancara dengan sebuah majalah pada tahun 2020, ia berkata, "Saya tidak memiliki banyak perhiasan pada saat itu, jadi saya memutuskan untuk memakai beberapa tato, dan saya pikir kupu-kupu akan bagus."

35. Mariah Carey

Courtesy of Bazaar US

Untuk acara Soul Train Lady of Soul Awards 1998, Mariah memilih gaun mini rajutan emas dengan sepatu hak tinggi berwarna emas.

36. Chloe Sevigny

Courtesy of Bazaar US

Chloe Sevigny melangkah keluar dengan gaun hitam off-the-shoulder dengan sepatu pump yang serasi pada pemutaran perdana Boys Don't Cry di tahun 1999.

37. Julia Roberts

Courtesy of Bazaar US

Julia Roberts tampak anggun dalam balutan gaun hitam strapless pada pemutaran perdana Runaway Bride di Los Angeles.

38. Jennifer Aniston dan Brad Pitt

Courtesy of Bazaar US

Coba sebutkan pasangan tahun 90-an yang lebih klasik, kami akan menunggu. Untuk Primetime Emmy Awards 1999, Brad mengenakan pakaian serba hitam, sementara Jennifer memilih gaun manik-manik cokelat rancangan Randolph Duke.

39. Kate Hudson

Courtesy of Bazaar US

Kate mengenakan gaun putih berleher menjuntai untuk menghadiri pemutaran perdana 200 Cigarettes. Di sini, ia berpose dengan saudara laki-lakinya dan rekan sesama aktor: Oliver Hudson.

40. Mariah Carey

Courtesy of Bazaar US

Mariah tiba di Oscar 1999 dengan mengenakan gaun putih berenda dengan kereta kecil. Ia merilis album studio ketujuhnya, Rainbow, beberapa bulan kemudian.

41. Lucy Liu

Courtesy of Bazaar US

Lucy tampak seperti seorang visioner yang mengenakan gaun sutra hitam dan merah yang dibuat oleh perancang kostum Joseph Porro untuk Emmy Awards 1999.

42. Sarah Jessica Parker

Courtesy of Bazaar US

Sarah memerankan salah satu karakter paling bergaya di TV, dan ia memiliki citra fashion-nya tersendiri. Di sini, ia terlihat berjalan di karpet merah untuk Emmy Awards 1999 mengenakan gaun berpayet kuning dan sepatu hak runcing.

43. Gwyneth Paltrow

Courtesy of Bazaar US

Gwyneth Paltrow tampil totalitas pada Oscar 1999 dengan mengenakan gaun tali spageti berwarna merah muda pastel dari Ralph Lauren dengan syal sifon yang serasi dan perhiasan berlian dari Harry Winston.

44. Salma Hayek

Courtesy of Bazaar US

Di sini, Salma tampak mengenakan kardigan cropped berbulu dengan rok perak muda saat menghadiri pemutaran perdana My Life So Far.

45. Angelina Jolie

Courtesy of Bazaar US

Angelina mencuri perhatian dengan gaun berpayet perak Versace untuk Golden Globe Awards 1999. Ia terkenal karena melompat ke kolam renang di Beverly Hilton Hotel sambil tetap mengenakan gaun desainer tersebut setelah menerima penghargaan untuk perannya dalam Gia.

46. Celine Dion

Courtesy of Bazaar US

Setelan jas Celine yang ia kenakan pada Academy Awards 1999 masih disebut-sebut beberapa tahun kemudian. Setelan putih gading, yang dirancang John Galliano untuk Dior, dilengkapi dengan kacamata Ray-Ban bertatahkan berlian dan topi pahatan. Meskipun pakaian tersebut tidak terlalu dihargai pada saat itu (orang-orang menganggapnya kurang glamor), pakaian tersebut tetap dikenang hingga sekarang.

BACA JUGA:
Semua Penampilan Karpet Merah dari Grammy 2024
17 Momen Kecantikan Terbaik di Karpet Merah Golden Globes 2024

(Penulis: Brittany Natale  Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)