Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Merayakan Bulan Suci Ramadan Bersama Koleksi Terbaru Ria Miranda Bertajuk "Sangsata"

Ragam songket serta visual keelokan Sumatra Barat serta rumah Gadang berpadu dengan detail lipit, bordir, ornamen bunga, dan palet subtil hingga yang cerah untuk koleksi teranyar Ria Miranda Raya Special Collection 2023.

Merayakan Bulan Suci Ramadan Bersama Koleksi Terbaru Ria Miranda Bertajuk
(Foto: Courtesy of Insan Obi, Dok. Bazaar)

Tahun 2023 menandakan dua hal signifikan bagi Ria Miranda. Yang pertama adalah perayaan 13 tahun berdirinya label eponimnya, Ria Miranda, serta selebrasi satu dekade sejak ia mulai mengangkat budaya Minang lewat rangkaian busana modest wear-nya. Kali ini, koleksi istimewa Raya Special Collection 2023 ‘Sangsata’ menjadi sebuah persembahan penuh sukacita untuk menyambut bulan suci Ramadan bagi segenap keluarga. 

Menjadi kelanjutan dari narasi Minang Heritage, tajuk Sangsata nyatanya memiliki makna mendalam bagi tradisi tekstil wastra Minang. Sangsata merupakan jenis benang yang mengandung komponen emas asli yang kerap digunakan untuk menenun songket.

Perjalanan Ria Miranda ke Bukittinggi di momen lebaran tahun lalu menjadi eksplorasi besar baginya yang mengaku sempat merasa kehabisan ide. Setelah menjelajahi berbagai daerah baru dengan keelokan alam Sumatra Barat, serta mengunjungi beberapa museum kerajinan tangan dengan sejarah budaya Minang yang ekstensif, ia pun kembali merasa terdorong untuk berkarya. Selain interpretasi songket dari daerah-daerah baru, keunikan ukiran pada permukaan rumah gadang juga sukses mencuri perhatian Ria Miranda yang kemudian menerapkan motif ini dalam napas kontemporer untuk koleksi Sangsata.

Dengan kesempatan kali ini, Ria Miranda menyuguhkan rangkaian busana dan aksesori dari dua brand yakni Ria Miranda original, dan Ria Miranda Signature. Ria Miranda original hadir dengan tampilan yang lebih kasual untuk rangkaian acara kekeluargaan seperti buka puasa. Ria juga bekerja sama dengan berbagai ilustrator untuk menerjemahkan keelokan lanskap pegunungan, lembah, serta sungai-sungai di Sumatra Barat pada permukaan material lewat teknik printing. Temui juga detail lipit yang feminin, serta aksesntuasi drapery dan layering yang elegan. Untuk lini premium Ria Miranda Signature, modifikasi songket ditranslasikan dengan intrikasi bordir dan detail payet yang istimewa untuk rangkaian selendang.  

64 items termasuk depalan koleksi Sarimbit tampil melintasi runway dalam padu padan tumpuk khas modest wear dan palet subtil hingga yang cerah untuk menyesuaikan setiap karakter. Rangkaian scarf, bros, selendang, mukena, sepatu, tas, kaus kaki, bahkan manset dan sajadah turut hadir untuk menyempurnakan tampilan head-to-toe dan rangkaian acara yang mendampingi momen Ramadan. Palet warna pastel yang identik dengan Ria Miranda kini didampingi dengan padu padan warna vibran seperti kuning, oranye, pink, dan burgundy, untuk tampilan yang lebih berani. Ornamentasi floral juga tampil dalam wujud kalung serta tas dan aksesori rambut untuk sentuhan statement.

Yang lebih spesial lagi, koleksi Sarimbit hadir bagi segenap keluarga, termasuk kaum pria dan anak-anak yang ingin tampil kompak. Rangkaian tunik, dress, dan baju berlengan tiga per empat hadir untuk anak perempuan, serta mukena yang didesain khusus untuk dapat digunakan oleh kedua ibu dan anak. Ada juga pilihan koko untuk pria dan anak laki-laki dengan pemilihan material distingtif yang tetap mengutamakan kenyamanan.

Seleksi apparel dan aksesori hadir dengan palet warna serta skala harga yang mencakupi berbagai kebutuhan dan pribadi. Koleksi Sangsata dari Ria Miranda akan dirilis secara bertahap sepanjang bulan Maret, disusul dengan Ria Miranda Signature yang akan hadir di bulan April mendatang.

(Foto: Courtesy of Insan Obi, Dok. Bazaar)