Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Tren Spring/Summer 2023 Pilihan Editor Bazaar yang Bisa Anda Ikuti!

Berikut tren dari empat kota mode dunia yang menjadi sorotan musim ini.

8 Tren Spring/Summer 2023 Pilihan Editor Bazaar yang Bisa Anda Ikuti!

Pergantian musim dari musim dingin ke musim panas adalah saat yang paling menyenangkan, terutama dalam urusan berbusana. Dengan padu padan yang lebih ringan dari musim sebelumnya, tentunya akan ada rasa kebebasan seolah keluar dari kungkungan pakaian luar yang berat, rajutan, dan sepatu boots.
 
Lantas, ketika berbicara tentang tren musim Spring/Summer2023, ada banyak hal yang dinantikan. Dari yang mencerminkan suasana hati dan sebagai wujud ekspresi diri. Bisa dilihat sejumlah desainer bereksplorasi, seperti dengan materi lembut, siluet serba longgar, permainan tekstur hingga detail-detail jenaka.
 
Manakah yang jadi favorit Anda? Simak ulasan tren yang telah di kurasi oleh Editor Bazaar berikut.

1. Sensasi Ilusi 

Tren SS2023

Tampil eksentrik lewat pendekatan artistik yang dihadirkan oleh Loewe. Sang direktur kreatif, Jonathan Anderson terus berinovasi dengan menampilkan deretan koleksi unik untuk rumah mode Loewe. Dari rancangan pakaian tiga dimensi dan juga imbuhan aksen pixelated. Kemudian Coperni menghadirkan presentasi mengejutkan lewat teknologi spray on fabric, cairan yang disemprotkan menyerupai busa pada tubuh dan berubah menjadi gaun off-shoulder yang membalut tubuh Bella Hadid. Sementara Louis Vuitton menonjolkan ketangguhan setiap wanita dengan aksen tak biasa.  

2. Ekstra Maksimal

Tren SS2023

Siluet ekstra besar menjadi daya tarik musim ini dengan konsep yang lebih teatrikal. Kesan ramai dan tabrak corak namun tetap memiliki harmoni dipersembahkan Matty Bovan. Di sisi lain, Thom Browne menghadirkan siluet tailored yang diolah dramatis.

3. Geliat Jenaka

Tren SS2023

Eksplorasi imaji diterapkan Moschino dan Vivetta untuk menampilkan aksentuasi unik yang menggemaskan. Ada pula rumah mode Fendi, Jil Sander, dan No. 21 yang menampilkan kecermatannya dengan ekspresi tekstur serta bermain teknik layering dan pemilihan warna yang mencuri perhatian. 

4. Aksi Puffy

Tren SS2023

Penggunaan material untuk ciptakan efek menggembung ditampilkan oleh Simone Rocha dan Toga. Meski identik dengan kesan feminin, namun sederet desainer mengolahnya dengan cerminan yang dinamis sehingga tule dan tafeta tampil lebih ringan namun tetap menjadi pernyataan ekstra.

5. Serba Detail

Tren SS2023

Sederet warna-warna cerah dan detail yang kaya turut menarik para desainer musim ini. Dari Stella McCartney dengan aksen rantai, Chanel dan Givenchy dengan elemen dekoratif, Dries Van Noten dengan tabrak corak dan sisipan lekuk bunga, lalu Louis Vuitton dengan mengawinkan beragam material ke dalam satu tampilan.

6. Intrik Playful

Tren SS2023

Tak hanya eksplorasi desain yang disuguhkan, namun sederet desainer seakan tahu cara bermain-main dengan fashion. Seperti JW Anderson dan Harris Reed yang menghadirkan siluet playful dan menggemaskan. Dari dress dengan imbuhan tombol keyboard, visual liburan di kota pesisir, dan aksi polkadot yang membawa energi berani untuk tampil berbeda. 

7. Sematan Bebatuan

Tren SS2023

Ragam aksesori dari kerang dan mutiara, seolah menjadi elemen yang siap dieksplorasi secara bebas dan ekspresif oleh Ulla Johnson dan Prabal Gurung. Tak hanya diolah menjadi kalung, gelang, atau anting saja, tetapi imbuhan mutiara hadir pula sebagai pemanis rambut pada rancangan Sandy Liang dan clutch kresi Jonathan Simkai.  
 

8. Seri Lingerie

Tren SS2023

Siliuet busana menerawang yang umumnya terkesan sensual, namun di musim ini dikemas secara provokatif oleh sederet desainer. Lihat saja tampilan lingerie dari Dolce & Gabbana dan Versace. Selain itu, ada siluet dress malam persembahan Prada yang begitu memesona dengan desain lebih subtil. 

(Foto: Courtesy of Imaxtree)