Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

JKT.Creative dan Raffles Jakarta Berkolaborasi, Hadirkan Produk Fashion Daur Ulang

Keduanya memanfaatkan linen tak terpakai untuk dijadikan sebagai kemeja dan pouch yang bisa Anda dapatkan saat menginap di Raffles Jakarta

JKT.Creative dan Raffles Jakarta Berkolaborasi, Hadirkan Produk Fashion Daur Ulang

International Women's Day pada 8 Maret 2022 lalu dirayakan oleh Raffles Jakarta dan Veuve Clicquot dengan berkolaborasi bersama JKT. Creative. Proyek mereka kali ini adalah menggandeng Ibu-Ibu Rusun untuk melakukan upcycle kain linen menjadi pakaian siap pakai. Untuk melengkapi selebrasi ini, Najwa Shihab ikut hadir dalam talk show A Bold Conversation, A Responsible Fashion Inititives yang diselenggarakan di The Dining Room di Raffles Jakarta pada 15 Maret 2022. Bersama Iwet Ramadan selaku Co-Founder JKT.Creative dan Tommy Trisdiarto sebagai Director of Sales and Marketing Raffles Jakarta, ketiganya membahas tentang pentingnya pemberdayaan perempuan agar dapat sejalan dengan konsep sustainability lingkungan.

Kolaborasi Raffles Jakarta dan JKT.Creative berangkat dari permasalahan sampah tekstil hotel yang menggunung di Jakarta. Kondisi saat ini, sebanyak 8,2 persen dari 57 persen sampah di Jakarta terdiri dari sampah tekstil. JKT.Creative lantas menawarkan solusi untuk mendaur ulang tekstil agar tidak terbuang percuma dan menjadi limbah. Keduanya pun meluncurkan pilot project dengan membuat produk fashion yang merupakan hasil daur ulang linen hotel. Hasilnya berupa produk terbatas yang terdiri dari kemeja sulaman tangan dan pouch untuk diberikan kepada tamu yang menginap di Raffles Jakarta lewat program Sustainable Staycation. Pouch akan tersedia bagi Anda yang menginap di Raffles Room, sementara kemeja bisa Anda dapatkan saat menginap di kategori Suite


Iwet menegaskan, "Tujuan kami saat ini adalah untuk mengatasi limbah tekstil hotel di Jakarta sekaligus meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap upcycling fashion dengan proyek kolaborasi bersama Ibu-Ibu Rusun dan JKT.Creative." Sejak mendirikan JKT.Creative 2019 lalu, Iwet telah giat bekerja dengan 40 perempuan dari lima rumah subsidi di Jakarta dan melatih mereka untuk membuat kerajinan. Hasil karya para perempuan tersebut telah dijual di toko-toko terpilih dan keuntungannya diberikan untuk menghidupi Ibu-Ibu Rusun dan keluarganya.


Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Accor's Planet 21 yang diusung oleh Raffles Jakarta untuk memberikan pengalaman hospitality yang positif. "Dengan berkolaborasi bersama JKT.Creative melalui program Sustainable Staycation, Raffles Jakarta memperkuat komitmennya untuk melibatkan tamu-tamu kami, berinovasi dengan mitra-mitra kami, dan bekerja dengan komunitas lokal," Mirah Marhaendra selaku Director of Marketing Communication Raffles Jakarta menambahkan.

Selanjutnya dalam talk show tersebut, Najwa Shihab menambahkan pandangan dengan mengatakan bahwa kelompok perempuan rentan terkena dampak isu lingkungan termasuk pandemi dari sisi kesehatan dan pekerjaan. Ia juga berpendapat bahwa situasi pandemi membuat perempuan memiliki beban ganda dengan memberikan contoh soal sekolah daring yang mengharuskan sang ibu membagi waktu antara memastikan anaknya bersekolah dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Oleh karenanya, gerakan untuk mengapresiasi dan memberdayakan perempuan menjadi sangat penting. Ia berharap apa yang dilakukan oleh JKT.Creative dan Raffles Jakarta memberikan pengaruh baik secara berkelanjutan.


Foto courtesy of Raffles Jakarta.