Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hian Tjen dan Make Over Berkolaborasi Meriahkan Panggung Arab Fashion Week 2022/2023

Menjadi satu-satunya desainer Indonesia yang berkesempatan tampil di ajang Arab Fashion Week 2022/2023, Hian Tjen dan Make Over gandeng Paula Verhoeven untuk mempresentasikan kolaborasinya di atas panggung internasional

Hian Tjen dan Make Over Berkolaborasi Meriahkan Panggung Arab Fashion Week 2022/2023
Pergelaran Final Hian Tjen x Make Over di Arab Fashion Week

Segala perhelatan pekan mode memang selalu mengundang antusiasme dari berbagai pihak. Tidak hanya tentang acara pergelaran busana, melainkan juga bertujuan untuk memperluas bisnis dan pasar sehingga membuat brand dapat diakses di seluruh dunia. Saat ini ada empat pekan mode yang menjadi pusat perhatian, yakni pekan mode di New York, London, Milan, dan Paris. Selain itu, ada pula pekan mode yang tersebar di berbagai negara yang turut mengundang animo, salah satunya adalah Arab Fashion Week.

Menjadi pekan mode resmi yang mewakili wilayah Timur Tengah dan saat ini terdaftar di dalam agenda mode global yang didirikan oleh Arab Fashion Council dan berkolaborasi dengan Dubai Design District, ajang Arab Fashion Week hadir empat kali dalam setahun: setiap bulan Oktober dan Maret untuk Womenswear dan setiap bulan Januari dan Juni untuk Menswear

Di ajang Arab Fashion Week 2022 kali ini, desainer Indonesia Hian Tjen bersama label kosmetik lokal Make Over berkesempatan untuk memeriahkan pekan mode yang diselenggarakan di Dubai Design District, United Arab Emirates. Melihat dari kalender di situs www.arabfashionweek.org, tercantum bahwa Hian Tjen x Make Over akan tampil pada slot Couture tanggal 25 Maret 2022 pukul 19.00 waktu Dubai atau pukul 22.00 waktu Jakarta. Kemudian diikuti dengan jadwal para desainer dari berbagai negara termasuk Michael Cinco, desainer Filipina yang berbasis di Dubai. 

Koleksi Hian Tjen yang intricate details dengan makeup yang bold, edgy, dan glam.
Koleksi Hian Tjen x Make Over 

Menjadi desainer yang telah hadir di industri fashion Indonesia selama lebih dari 14 tahun, Hian Tjen dikenal dengan karyanya yang selalu mengusung intricate details dalam napas elegan dan extravagant. Tak heran jika desainer lulusan ESMOD Jakarta pada tahun 2002 ini memiliki berbagai klien dengan jangkauan internasional, terutama dari Timur Tengah dan Dubai. 

Pada kesempatan ini, Hian Tjen akan menampilkan koleksi yang bertajuk Provenance. “Terinspirasi dari keindahan pemandangan dan keragaman budaya, sejarah dan tradisi yang unik di berbagai negara di Afrika yang pernah saya kunjungi seperti Kenya, Tanzania, Afrika Selatan dan lainnya, koleksi ini menuangkan ide dari pengalaman perjalanan yang tidak terlupakan, menghadirkan suatu hasil karya dengan sentuhan kulturisasi yang kuat tetapi dibungkus dengan signature style Hian Tjen yang modern, simple tetapi tetap elegan,” ungkap Hian Tjen. 

Bukan sekadar presentasi busana, Hian pun ingin mengajak semua wanita agar dapat berekspresi lewat riasan wajah yang berani. “Bersama Make Over kami merepresentasikan keberagaman dan inklusivitas dalam fashion dan kecantikan, menginspirasi wanita di dunia untuk melihat semua wanita dengan cara yang sama dan memberikan setiap orang visibilitas yang nyata untuk bergaya dan berekspresi sesuai keinginan mereka masing-masing,” lanjutnya. 

Kemudian Stephanie Lie, selaku Senior Group Head of Masstige and Advanced Beauty menyampaikan, “Sebagai brand makeup profesional yang ditujukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan makeup para wanita sampai Makeup Artist, Make Over telah mengambil bagian dalam dunia fashion selama lebih dari 6 tahun melalui official makeup di berbagai kegiatan fashion seperti fashion show dalam negeri: Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Plaza Indonesia Fashion Week dan sederet fashion show tunggal dari desainer terkemuka Indonesia. Kali ini, Make Over berkolaborasi bersama Hian Tjen akan tampil dalam international runway di salah satu pekan mode, yaitu Arab Fashion Week. Dengan identitas sebagai professional makeup dan portfolio produk yang sangat beragam, dalam kolaborasi ini, Make Over menghadirkan empat tampilan makeup bertemakan #StayGorgeousAllWays yang menunjukkan bahwa Make Over mendukung setiap wanita untuk memperlihatkan kecantikan autentik dan ikonis masing-masing melalui kreasi makeup.” 

Paula Verhoeven
Paula Verhoeven

Oleh sebab itu, empat persona yang memiliki karakter berbeda turut digandeng sebagai representatif dari kolaborasi Hian Tjen x Make Over. Mereka adalah Paula Verhoeven ‘The Posh Supermodel’, Patricia Gouw ‘The Spotlight Creator’, Indah Nada Puspita ‘The Hijabi Luxury Influencer’, dan Andira Hadley ‘The Passionate Gen-Z Fashion Selebgram’. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan kecantikan mereka dalam segala hal dengan paduan bold, edgy dan glam yang selaras dengan keindahan arsitektur dan kebudayaan Dubai. 

Sementara untuk menyempurnakan rancangan busana yang akan dihadirkan oleh Hian Tjen, Make Over menghadirkan empat tampilan makeup untuk memperlihatkan kecantikan dari wanita yang tangguh dan autentik. Tak hanya itu saja, mereka juga menunjuk supermodel Paula Verhoeven dan Patricia Gouw sebagai modelnya yang berjalan di atas panggung Arab Fashion Week.

Patricia Gouw
Patricia Gouw

Tampilan makeup pertama adalah Smokey Eyes & Bronzed Complexion yang menggunakan Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, Face Contour Kit dan Powerstay Transferproof Matte Lip Cream B10. Lalu, tampilan makeup kedua adalah Golden Glam Makeup yang menggunakan Powerstay Eye Palette Uptown Bae, Ultimate Lash Mascara, dan Glassy Lip Lacquer 405. Kemudian tampilan makeup ketiga adalah Double-Winged Liner with Rosy Cheek menggunakan Hydrastay Liquid Tint Blush 04 dan Hyperblack Superstay Liner. Dan yang terakhir, tampilan makeup keempat yaitu Accentuated Graphic White Liner dengan Powerstay Matte Powder Foundation, dan Eyeliner Pencil White Techno. 

Untuk menyaksikan pergelaran Hian Tjen x Make Over di Arab Fashion Week ini, Anda dapat melihat secara Live dari akun instagram @hiantjen dan @makeoverid. Kemudian akan ada siaran ulang di Youtube Make Over tanggal 26 Maret 2022 jam 19.00. Anda juga bisa melihat suasana backstage dan fashion show lewat Instagram Story @makeoverid dan akun para icon Make Over yang ikut serta pada ajang ini.


Created by Harper's Bazaar Indonesia for Make Over

Foto: Courtesy of Make Over