Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Misi Mulia untuk Indonesia di Balik Kolaborasi Asia Pacific Rayon di Muffest 2021

Lebih dari satu pulau yang terlampaui dari kolaborasi APR dengan payung Sustainably Modest.

Misi Mulia untuk Indonesia di Balik Kolaborasi Asia Pacific Rayon di Muffest 2021
Courtesy of APR

Sempat bingung ketika dihadapkan dengan situasi pandemi, industri fashion termasuk salah satu industri yang gesit untuk kembali bangkit dan berupaya. Agenda tahunan nan ikonis seperti fashion week digantikan dengan virtual fashion show dan juga private viewing. Mencari jalan keluar dari situasi yang masih belum ada solusi permanennya bukanlah hal mudah, segala macam upaya dikerahkan oleh para pelaku kreatif dan tentu juga pendukungnya.

Sejak beratus-ratus tahun yang lalu, pandemi bukanlah tamu yang dinanti oleh siapa pun. Namun kedatangannya selalu memberi pelajaran yang berharga. Pandemi kali ini mengetuk hati setiap insan untuk lebih memperhatikan keadaan planet bumi, bukan hanya manusia sebagai penghuninya, namun juga keadaan lingkungan sekitarnya. Salah satu hal yang paling dekat dengan aktivitas sehari-hari adalah garments. Tahukah Anda bahwa dengan memilih bahan pakaian yang terbuat dari viscose rayon Anda sudah berkontribusi banyak sekali untuk keberlangsungan hidup di planet ini? Bayangkan bagaimana jika Anda menukar sebagian besar isi lemari dengan koleksi yang menggunakan viscose rayon sebagai material utamanya?

"APR terus mendukung potensi pasar modest fashion dalam negeri untuk menggairahkan kembali industri tekstil, industri kreatif dan UMKM di tengah kondisi akibat pandemi ini. Kolaborasi ini juga sejalan dengan semangat 'everything Indonesia', dengan mengajak seluruh pihak untuk menggunakan bahan baku yang berasal dan diproduksi di Indonesia demi menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia," tutur Sheila Marisa Rachmat selaku Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon. Menjadi bagian dari salah satu perusahaan rayon terbesar di Indonesia, Sheila merasa perlunya komitmen mendalam dalam hal ini.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang baru melek akan keberadaan APR, jangan khawatir! Berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui. 

APR adalah produsen bahan viscose rayon pertama yang terintegrasi secara menyeluruh di Asia. Viscose adalah bahan serat alam untuk pembuatan kain yang terbuat dari bahan alami, semi sintetis, dan juga sintetis. Kain yang terbuat dari bahan viscose mempunyai karakter yang mudah ditandai dari kilaunya.

Tanpa harus mengurangi rasa nyaman saat mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan viscose-rayon, banyak hal menguntungkan yang datang dan memperbaiki kualitas hidup manusia, hingga bumi yang dipijak.

Banyak juga kelebihan yang dimiliki kain berbahan ini, seperti tekstur lembut dan dingin ketika dipakai, memiliki kemampuan penyerapan warna yang baik, bahan rayon juga dikenal memiliki tahan lama, dan kualitas favorit banyak orang adalah harga yang ramah di kantong.

Mempunyai niat memajukan fashion industry di Indonesia, APR juga mempunyai komitmen untuk menjadi viscose-rayon terkemuka di Tanah Air dengan menggandeng pelaku fashion. “Dari hulu ke hilir,” tutur Shila di konferensi pers beberapa saat lalu.

Tidak heran jika ketiga label yang tampil di peragaan busana Muslim Fashion Festival (Muffest) 2021 kemarin begitu yakin dengan kemitraan ini. Tentu saja, pasalnya teknologi rayon yang dimiliki oleh APR pun beragam, mulai dari biodegradable sampai anti air sekalipun sehingga menghasilkan produk bermutu tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggan, negara, 

Ada tiga label lokal yang diajak untuk berkolaborasi dengan semangat serba Indonesia ini, yakni Geulis, Inen Signature, dan juga label yang fokus di pasar pria, Salt n Paper. “APR terus mendukung potensi pasar modest fashion dalam negeri untuk menghidupkan kembali industri kreatif, dan UMKM di tengah pandemi,” imbuh Sheila.

Courtesy of Muslim Fashion Festival
Courtesy of Muslim Fashion Festival

Sesuai dengan tema, tiga brand yang tampil sore hari itu di Kota Kasablanka mengaplikasikan teknik, bahan, hingga tema yang sejalan dengan kolaborasi tersebut. Inen Signature mengadopsi teknik eco print ke dalam koleksi terbarunya yang berpayung di bawah tema Secang Enchantment. Tidak ada yang terbuang sayang dari teknik ini, sisa dari seluruh proses ini juga dapat dijadikan pupuk. Kayu secang merupakan pewarna alami yang ketika dipadukan dengan viscose rayon membuahkan hasil yang indah.

Serupa dengan koleksi ready-to-wear yang kental dengan nuansa Nusantara dari Salt n Paper. Label yang tertuju untuk para pria ini mengusung tema from Planfashion to Fashion.

Courtesy of Muslim Fashion Festival
Courtesy of Muslim Fashion Festival
 

Sama halnya dengan brand Geulis di kolaborasi perdana ini. Seiring menyambut bulan Ramadan, label Geulis mengangkat menggunakan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa bahan viscose rayon APR memiliki kualitas yang diakui meski diambil dari serat alami dan ramah lingkungan.

Courtesy of Muslim Fashion Festival
Courtesy of Muslim Fashion Festival