Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semarakkan Hari Film Nasional, Berbagai Aktor, Aktris dan Sutradara Indonesia Meramaikan Media Sosial dengan Unggahan Mereka

Mulai dari Mira Lesmana hingga Putri Marino turut mengambil bagian dalam perayaan tahunan yang berarti ini.

Semarakkan Hari Film Nasional, Berbagai Aktor, Aktris dan Sutradara Indonesia Meramaikan Media Sosial dengan Unggahan Mereka
Foto: Courtesy of Instagram @jokoanwar @putrimarino @therealdisastr

Diperingati pada setiap tanggal 30 Maret, hari ini, masyarakat Indonesia sedang merayakan Hari Film Nasional. Tentunya, perayaan tersebut diciptakan agar mampu mendorong para insan perfilman untuk terus berkarya dan mampu membanggakan Tanah Air. Hari Film Nasional pun turut mengajak masyarakat untuk mengapresiasi berbagai karya pelaku industri tersebut, membuat Indonesia semakin maju dalam dunia ekonomi kreatif secara global.
 
Rasanya, peringatan tahunan tersebut terasa lebih nyata dan penting pada tahun ini, mengingat kondisi industri perfilman yang masih terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Dengan menyemarakkan Hari Film Nasional, kita dapat bantu membangkitkan semangat para insan perfilman Indonesia agar dapat terus berjuang dan berkarya, walau dalam keadaan yang serba menyulitkan. 
 
Berbagai aktor, aktris serta sutradara Indonesia turut memeriahkan perayaan yang satu ini. Sembari merayakannya, mereka pun mencoba meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya industri ini, dan mengajak mereka untuk terus mendukung perfilman Indonesia. Melalui panggung Instagram, berikut adalah beberapa unggahan para pemain film dan sutradara Indonesia dalam rangka hari yang mengesankan ini.
 

Mira Lesmana


Sebagai pendiri dari Miles Films, Mira Lesmana memiliki kenangan besar akan kiprahnya dalam industri perfilman. Menganggap dunia perfilman sebagai bagian dari hidupnya, tampaknya tak mungkin bila wanita kelahiran tahun 1964 ini melewati perayaan dari Hari Film Nasional.
 
Melalui akun Instagramnya, ia mengunggah sebuah video sebagai bentuk perayaan akan hari tersebut. Tayangan singkat yang ia bagikan itu menunjukkan kesulitan yang tengah dialami oleh para pelaku film akibat pandemi yang terus berlangsung. Namun, mereka pun berkaca dari masa-masa lalu, ketika mereka mampu mengatasi masalah yang ada dan bangkit kembali. Mereka pun yakin bahwa pandemi akan segera berakhir dan para penonton setia dapat menikmati kembali karya-karya terbaik dari para insan perfilman Indonesia. 
 
“Saya sungguh cinta perfilman Indonesia! Selamat Hari Film Nasional teman semua❤️🎬,” tulis wanita yang menyutradarai film Petualangan Sherina itu dalam caption unggahannya. 

“Kami siap bangkit kembali, merayakan film Indonesia. Dengan menjaga protokol kesehatan sebaik-baiknya, kita jumpa lagi di bioskop, karena kami rindu dan kalian pasti juga kan? Mari dukung selalu Perfilman Indonesia,” tambahnya. 
 

Lukman Sardi
 
Foto: Courtesy of Instagram @lukmansrd

Foto: Courtesy of Instagram @lukmansrd

 
Aktor senior yang satu ini tak ingin tertinggal dalam memperingati perayaan spesial ini. Hal tersebut ia wujudkan melalui sebuah unggahan di akun Instagramnya, yaitu dengan kehadiran foto dirinya yang memegang totebag hitam bertuliskan “anak film banget”. 
 
Ia mengaku bahwa film telah mendarah daging dalam hidupnya, di mana film telah memberikan berbagai macam pelajaran serta pengalaman yang menjadikan dirinya menjadi Lukman Sardi yang sekarang ini. “Buyut gue pemain film, nenek gue pemain film, bapak gue ilustrator musik film, kakak dan adik gue pun seperti itu, bahkan dari keluarga yang satu lagi juga berlatar belakang dunia film dan seni,” papar Lukman melalui caption Instagram.
 
Momen ini pun ia jadikan sebagai wadah untuk mengapresiasi berbagai insan yang berkiprah dalam dunia yang ia cintainya itu. Karena, ia sadar bahwa berjuang di dalam pandemi ini bukanlah hal yang mudah sehingga apresiasi sangat perlu diberikan. 
 
“Hari ini gue mau mengapresiasi setinggi-tingginya dunia film Indonesia beserta semua insan yang ada di dalamnya yang terus berkarya untuk film Indonesia di situasi sesulit apapun yang pernah terlewati dan tak akan pernah sedikit pun diri gue menyerah,” tutup pria yang membintangi film Soekarno itu. 
 

Angga Dwimas Sasongko
 
Foto: Courtesy of Instagram @anggasasongko

Foto: Courtesy of Instagram @anggasasongko

 
Sebagai seorang sutradara, kehidupan Angga Dwimas Sasongko tentunya lekat dengan hal-hal berbau perfilman. Ia pun menggunakan momen perayaan Hari Film Nasional untuk mengapresiasi dan berterima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu mewujudkan mimpinya. 
 


 “Perfilman Indonesia telah melalui begitu banyak babak dan kisah. Terima kasih penonton Indonesia, atas apresiasi dan dukungannya sampai saat ini,” ujar sutradara dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini itu. 
 
Ia pun menyebutkan berbagai nama yang telah membawanya ke dunia perfilman, yaitu dunia tempat ia berkembang dan tempat yang membuatnya menjadi dirinya saat ini. 
 
“Kalau saja Mbak @anggie_s_poerwoko enggak membuat film pendek bersama teman-teman kuliahnya di rumah. Kalau saja saya masuk SMA lain dan enggak bertemu @ginasnoer @sukmach dan @etephy. Mungkin saya enggak akan mengenal filmmaking. Tempat saya tumbuh dan yang menjadikan saya hari ini,” ucap Angga. 

“Selamat Hari Film Nasional. Sampai bertemu di bioskop,” tambahnya.  

Dian Sastrowardoyo
 
Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

Foto: Courtesy of Instagram @therealdisastr

 
Me-repost unggahan dari Mira Lesmana, Dian Sastro ambil bagian dalam perayaan Hari Film Nasional ke-71. Sebagai salah satu aktris ternama Indonesia, Dian Sastro berharap agar masyarakat dapat terus mendukung film Indonesia, terlepas kehadiran pandemi yang kerap menyulitkan. 
 
“Yuk dukung film Indonesia terus dengan menonton yang legal, khususnya di bioskop. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat!,” ajak wanita yang baru saja berulang tahun pada 16 Maret kemarin.  
 

Marsha Timothy
 
Foto: Courtesy of Instagram @marshatimothy

Foto: Courtesy of Instagram @marshatimothy

 
Aktris yang dikenal akan perannya sebagai Marlina itu memanfaatkan akun Instagramnya dalam memeriahkan peringatan tahunan ini. Hal tersebut dilakukannya dengan mengunggah sebuah foto behind the scene ketika dirinya berada dalam proses shooting film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.  
 
For the love of film making... Selamat Hari Film Nasional,” tulisnya dalam caption unggahan tersebut. 
 

Joko Anwar
 
Foto: Courtesy of Instagram @jokoanwar

Foto: Courtesy of Instagram @jokoanwar

 
Sutradara Indonesia yang namanya semakin dikenal dalam kancah internasional ini pun tak lupa dengan kehadiran peringatan Hari Film Nasional. Melalui akun Instagramnya, ia membagikan sebuah foto beserta tulisan yang menyertainya. Foto tersebut memperlihatkan sebuah momen behind the scene dari salah satu proyek filmnya. 
 
“Selamat Hari Film Nasional, teman-teman. Terima kasih telah setia menonton, mengkritik, dan merayakan film Indonesia selama ini. Selama pandemi, film sempat terhenti di bioskop. Tetapi akan segera kembali lagi. Doakan ya, teman-teman,” kata pria yang menyutradarai film Perempuan Tanah Jahanam itu.
 

Adhisty Zara


Melalui akun Instagram pribadinya, aktris sekaligus penyanyi kelahiran tahun 2003 ini turut memperingati hari spesial ini. Berbagai macam foto terkait kariernya dalam industri perfilman pun ia bagikan, mulai dari momen behind the scene film, foto bersama rekan-rekan kerja, momen bioskop yang membuatnya rindu, hingga ketika dirinya mendapatkan penghargaan atas bakatnya yang memukau itu. 
 
Melalui caption Instagram, ia berkata,” Selamat Hari Film Nasional!🎬 Semoga film-film Indonesia akan terus sukses dan segera kembali ke bioskop! Aamiin... Aku sangat bangga bisa jadi bagian dari dunia perfilman Indonesia!”
 

Putri Marino
 
Foto: Courtesy of Instagram @putrimarino

Foto: Courtesy of Instagram @putrimarino

 
Bintang yang dikenal berkat perannya dalam film Posesif itu mengunggah sebuah foto dalam rangka menyemarakkan Hari Film Nasional. Foto tersebut adalah potongan gambar dirinya dalam film Posesif yang dirilis pada tahun 2017 silam, di mana dirinya beradu akting dengan Adipati Dolken. 
 
Ia pun melengkapi unggahan tersebut dengan caption yang berbunyi, “Ada yang bertanya, sejak kapan aku mulai jatuh cinta dengan seni peran...jawabku, sejak aku memutuskan untuk berani meloncat dari ketinggian 10 meter.”

“Selamat Hari Film untuk semua pekerja film! Terus semangat untuk berkarya 🎬🍂,” ucapnya. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Courtesy of Instagram)