Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rosé Berhasil Mencetak Sejarah Baru di Tangga Lagu Billboard dengan Lagu On The Ground

Single miliknya yang bertajuk On The Ground debut di nomor satu pada peringkat global.

Rosé Berhasil Mencetak Sejarah Baru di Tangga Lagu Billboard dengan Lagu On The Ground

Mengatakan bahwa Rosé Blackpink bernasib cukup baik sebagai penyanyi solo adalah pernyataan yang meremehkan. Nyatanya, penyanyi tersebut telah memecahkan rekor dengan single On the Ground-nya yang dirilis kurang dari dua minggu yang lalu.
 
Lagu spektakuler tersebut berhasil debut di nomor satu pada Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl. AS (tidak termasuk data dari Amerika Serikat). Berdasarkan data Billboard, saat ini, Rosé adalah penyanyi yang menduduki puncak daftar terakhir, baik sebagai penyanyi solo maupun dengan grup (Lovesick Girls milik Blackpink berada di nomor satu di daftar tersebut pada bulan Oktober lalu).
 
Lagu tersebut pun memulai debutnya di nomor 70 di tangga lagu Hot 100 Billboard, menandainya sebagai "rilisan charting tertinggi untuk penyanyi solo K-pop wanita dalam sejarah," menurut majalah online ternama Amerika Serikat. Secara keseluruhan, ia berada di urutan kedua setelah Psy, yang lagu Gangnam Style-nya memuncak di nomor dua pada tahun 2012 silam.
 
Pencapaian angkanya pun cukup mengejutkan: On the Ground berhasil mengumpulkan sekitar 92,1 juta streaming global dan 29.000 penjualan pada minggu pertama. Single kedua Rosé bertajuk Gone, yang bergabung dengan On the Ground pada perilisan dua lagunya, R, mengumpulkan sebanyak 19,6 juta streaming dan 25.000 unduhan di seluruh dunia, berada di posisi ke-29 di Global 200.
 
Artis kelahiran Selandia Baru yang berusia 24 tahun ini jelas memiliki banyak hal untuk dirayakan, termasuk penampilan On the Ground yang luar biasa di The Tonight Show Starring Jimmy Fallon. Debutnya pada acara televisi tersebut adalah produksi pop penuh dengan koreografi dan desain set yang menakjubkan, di mana semuanya difilmkan dalam warna hitam dan putih.
 

 
Rosé bukanlah anggota Blackpink pertama yang debut sebagai penyanyi solo. Pada tahun 2018 silam, Jennie telah debut melalui lagu bertajuk Solo.
 
(Penulis: Erica Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US Alih Bahasa: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of Bazaar US).