Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Serial Komedi Situasi yang Tersedia di Netflix Ini Bisa Mengisi Akhir Pekan Anda

Tayang situasi komedi berikut dijamin mampu menghibur hari-hari Anda, mulai dari Friends hingga Will & Grace.

10 Serial Komedi Situasi yang Tersedia di Netflix Ini Bisa Mengisi Akhir Pekan Anda
Foto: Courtesy of IMDb dan Netflix

Rasanya tak perlu diragukan bahwa tayangan komedi adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menghibur diri sekaligus mengisi waktu luang. Jika Anda menginginkan tontonan komedi yang ringan dan dapat dinikmati untuk sehari-hari dalam jangka panjang, barangkali sitcom adalah jawabannya. 
 
Situation comedy atau biasa disingkat menjadi sitcom adalah jenis dari serial televisi komedi yang biasanya memiliki banyak musim, yang tiap musimnya terdiri dari belasan hingga dua puluhan episode. Pada umumnya, setiap episode dari sebuah sitcom berdurasi sekitar 20-30 menit. Berdasarkan berbagai paparan di atas, tayangan tersebut cocok untuk menemani hari-hari luang Anda. Selain karena terasa ringan, sitcom dikenal akan tidak adanya keterkaitan antar-episode, membuatnya dapat dengan mudah ditonton kapanpun, tanpa perlu takut lupa akan cerita dari episode sebelumnya. 
 
Kali ini, Bazaar akan membagikan sepuluh sitcom terbaik untuk Anda tonton yang tersedia di Netflix Indonesia. 
 
1. Friends

Tontonan yang satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu sitcom yang paling terkenal dan bertahan sepanjang masa. Bagaimana tidak, serial televisi keluaran tahun 1994 ini masih terus diminati hingga saat ini oleh para penonton setianya. Hal tersebut dapat terjadi berkat plotnya yang sederhana namun membekas di hati penonton. 
 
Terdiri dari sepuluh musim, Friends bercerita mengenai persahabatan antara Rachel Green (Jennifer Anniston), Monica Geller (Courtney Cox), Phoebe Buffay (Lisa Kudrow), Joey Tribbiani (Matt LeBlanc), Chandler Bing (Matthew Perry), dan Ross Geller (David Schwimmer). Kelimanya tinggal di lokasi yang berdekatan, di mana kamar Monica dan Rachel berada tepat di depan kamar Joey dan Chandler. Tempat tinggal kelimanya yang berdekatan membuat mereka dengan mudah menghabiskan waktu bersama sehari-harinya. 
 
Tayangan yang diciptakan oleh David Crane dan Marta Kauffman ini mengangkat banyak bahasan dan persoalan di tiap episodenya, mulai dari impian, pekerjaan, kisah percintaan, hingga keluarga dari masing-masing karakter, membuatnya sangat relate dengan kehidupan nyata. Nampaknya, banyak sekali penonton yang jatuh cinta pada sitcom tersebut karena kekuatan tali persahabatan yang diciptakan oleh mereka, membuat penonton ingin merasakan persabahatan murni seperti yang mereka miliki.
 
Ketenaran tayangan tersebut pun dibuktikan dengan sebuah fitur unik dan menarik yang dihadirkan oleh Google. Jika Anda mengetik nama karakter Friends di Google Search, akan muncul sebuah gambar atau animasi yang terletak di sebelah nama mereka. Jika Anda klik, gambar tersebut akan menghasilkan suara dan gerakan yang merujuk pada scene ikonis dari masing-masing karakter.
 
 
2. How I Met Your Mother

Serupa dengan serial Friends, tontonan yang satu ini mengisahkan persahabatan di antara 5 orang, yaitu Ted Mosby (Josh Radnor), Robin Scherbatsky (Cobie Smulders), Barney Stinson (Neil Patrick Harris), Lily Aldrin (Alyson Hannigan), dan Marshall Eriksen (Jason Segel). Namun, uniknya serial komedi tersebut memiliki alur mundur atau kilas balik. Disutradarai oleh Pamela Fryman, How I Met Your Mother terdiri dari sembilan musim. 
 
Sesuai dengan judulnya, keseluruhan cerita yang disuguhkan adalah mengenai Ted Mosby yang sedang bercerita kepada kedua anaknya, bagaimana ia bisa bertemu sang istri yang juga merupakan ibu mereka. Walaupun memiliki inti cerita tersebut, setiap episode dari How I Met Your Mother dikemas dengan baik dan menyisipkan berbagai cerita menarik yang tentunya menghibur. Sisipan cerita yang dimasukkan menyentuh berbagai macam sisi kehidupan, mulai dari pekerjaan, kisah percintaan, pengambilan keputusan, dan lain-lain. 
 
 
3. The Big Bang Theory

Walaupun sama-sama berkisah mengenai persahabatan, serial The Big Bang Theory memiliki keunikannya tersendiri. Tayangan tersebut mengisahkan sekelompok peneliti yang berkumpul dalam lingkaran lingkungan kutu buku. Mereka adalah Sheldon (Jim Parsons), Leonard (Johnny Galecki), Howard (Simon Helberg), dan Raj (Kunal Nayyar). Kelompok pergaulan mereka melebar ketika Penny (Kaley Cuoco), yang digambarkan sebagai kebalikan penuh dari sosok kutu buku, pindah ke apartemen di mana Leonard dan Sheldon tinggal. Dari momen tersebut, cerita pun berkembang, mulai dari perihal pekerjaan, kisah percintaan, keluarga, dan bahasan-bahasan menarik lainnya. 
 
Uniknya, setiap episode dari tontonan yang terdiri dari dua belas musim ini diberikan judul yang sangat terkait dengan istilah sains, mengingat keseluruhan serial sangat kental dengan bahasan tersebut. Namun, tenang saja, karena bahasan tersebut tidak akan membuat Anda bosan dan bahkan menjadi daya tarik utama dari serial tersebut. 
 
4. New Girl

 

Serial berikut dapat dikatakan sebagai sebuah proyek yang mengangkat nama Zoey Deschanel, membuatnya semakin dikenal oleb publik. Cerita yang diciptakan oleh Lamorne Morris dan Elizabeth Meriwether ini bercerita mengenai Jessica Day (Zoey Deschanel), seorang guru di sekolah menengah, yang mengalami patah hati setelah putus dengan kekasihnya. Ia pun memutuskan untuk pindah ke sebuah apartemen baru, di mana apartemen tersebut ditinggali oleh tiga pria, yaitu Nick Miller (Jake Johnson), Winston Schmidt (Max Greenfield), dan Winston Bishop (Lamorne Morris). Momen tersebut menjadi awalan baru bagi Jessica dalam memulai kisah percintaannya kembali dan bertemu dengan berbagai sahabat baru. 
 
New Girl terdiri dari tujuh musim, dimulai sejak tahun 2011 hingga 2018. Walaupun fokus pada hubungan percintaan yang dimiliki para karakternya, cerita dari serial ini juga mampu menunjukkan hubungan pertemanan mereka yang kuat seiring berjalannya waktu. Tiap-tiap dari mereka memiliki karakter yang kuat, membuat cerita dari tayangan ini semakin hidup. Ditambah pula dengan kehadiran berbagai flashback yang menambah humor di dalamnya. 
 
5. Brooklyn Nine-Nine

 

Serial yang terdiri dari tujuh musim ini memiliki plot yang unik dan jauh berbeda dari sitcom lainnya. Brooklyn Nine-Nine akan membawa Anda ke dalam rumitnya pekerjaan detektif, namun dikemas dengan humor yang pintar dan memikat. Setiap karakter memiliki kekuatan dan keunikan masing-masing. Hal tersebutlah yang membuat penyelesaian setiap kasus menjadi menarik dan tidak membosankan. 
 
Sebagai peran utama, Jake Peralta (Andy Samberg) dikenal sebagai detektif yang cermat dan telah menyelesaikan berbagai macam kasus sepanjang kariernya sebagai detektif. Namun, ia juga dikenal sebagai detektif yang sangat sulit untuk mengikuti peraturan yang berlaku, di mana ia selalu melakukan berbagai hal dengan caranya tersendiri. Namun, ketika seorang petinggi baru yang sangat ketat dengan peraturan datang, yaitu Captain Ray Holt (Andra Braugher), Jake diminta untuk lebih sadar akan hal tersebut. 
 
Dalam menjalankan pekerjaannya, ia bekerja sama dengan para detektif cemerlang lainnya, seperti Amy Santiago (Melissa Fumero), Rosa Diaz (Stephanie Beatriz), Charley Boyle (Joe Lo Truglio), dan lain-lain. Tak hanya menunjukkan profesionalitas, mereka pun menunjukkan tali persahabatan yang terbentuk setelah sekian lama menghabiskan waktu bersama sebagai detektif. 
 
6. Modern Family

 

Di saat sitcom-sitcom lain fokus membahas persahabatan atau pekerjaan, sitcom yang satu ini menawarkan cerita segar yang tentu humoris. Sesuai dengan judulnya, tayangan tersebut berkisah mengenai lika-liku berbagai keluarga yang kental dengan kehidupan modern. Bersama-sama, mereka akan mengarungi berbagai situasi yang menantang yang tentu membawa sisi humornya tersendiri. Selain cerita mengenai dinamika keluarga, Modern Family juga menyisipkan kisah mengenai percintaan, pekerjaan, dan hubungan di antaranya.
 
Dengan cermat, serial ini mampu memperlihatkan kekuatan yang dibawa masing-masing karakter, membuat tiap keluarga memiliki keunikannya tersendiri. Beberapa karakter utama yang dihadirkan dalam tontonan tersebut adalah Gloria (Sofia Vergara), Claire (Julie Bowen), Haley (Sarah Hyland), Cameron (Eric Stonestreet), Alex (Ariel Winter), dan berbagai karakter lainnya. 
 
Hingga saat ini, Modern Family masih terus tayang dan para penonton sedang menantikan kehadiran musim sebelas pada bulan April mendatang. 
 
7. The IT Crowd

 

Melalui sitcom The IT Crowd, Anda kembali disuguhkan dengan lingkungan pekerjaan yang terasa unik. Kali ini, lingkungan pekerjaan yang disuguhkan adalah Information Technology atau biasa disingkat dengan IT. Tayangan yang satu ini menceritakan dua pegawai yang bekerja di departemen IT pada sebuah kantor yang berlokasi di London. Keduanya adalah Maurice Moss (Richard Ayoade) dan Roy (Chris O’Dowd). Mereka bekerja bersama dengan kepala departemen yang bernama Jen Barber (Katherine Parkinson). Namun, uniknya, sang kepala departemen tidak ahli dalam bidang IT. Kondisi tersebutlah yang memunculkan berbagai momen lucu dan menarik dalam serial tersebut. 
 
Pertama kali disiarkan pada tahun 2006, The IT Crowd terdiri dari lima musim. Graham Lineham berperan sebagai pencipta program tersebut sekaligus penulis naskahnya. Serial yang satu ini mampu menghibur Anda dengan hubungan ketiga staf IT yang unik dan menyegarkan. 
 
8. The Good Place

 

Nampaknya, The Good Place dapat dikatakan sebagai sitcom yang mengusung tema paling unik. Bagaimana tidak, setting dari cerita tersebut adalah alam baka atau akhirat. Para karakter adalah manusia yang telah kehilangan nyawa dan melanjutkan hidupnya di alam yang kekal tersebut. Seperti pemahaman dan konsep pada umumnya, mereka yang berperilaku baik di dunia akan ditempatkan di surga, namun sebaliknya, mereka yang tidak berperilaku baik akan ditempatkan di neraka. 
 
Kasus unik pun dialami oleh Eleanor Shellstrop (Kristen Bell). Ketika masih menjalani hidup di dunia, ia dikenal sebagai sosok wanita yang egois. Namun, karena sebuah kesalahan pendataan, ia berada di dalam “good place” atau “tempat yang baik” setelah kematiannya. Ia pun tidak ingin identitasnya diketahui agar dapat terus berada di tempat tersebut. Seiring berjalannya waktu, ia berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dibandingkan dirinya ketika masih berada di dunia. 
 
Tontonan yang hadir dalam empat musim ini mengusung konsep yang unik dan berbeda sehingga Anda akan dengan mudah terhibur. Beberapa karakter lain yang hadir dalam tayangan tersebut adalah Tahani Al-Jamil (Jameela Jamil), Michael (Ted Danson), Jason Mendoza (Manny Jacinto), Janet Della-Denunzio (D’Arcy Carden), dan berbagai karakter lainnya. 
 
9. Community

 

Sitcom yang hadir pada tahun 2009 ini mengisahkan tentang seorang pengacara bernama Jeff Winger (Joel McHale) yang memiliki gelar hukum palsu. Setelah kepalsuan tersebut terungkap, gelarnya pun dicabut dan ia dipaksa untuk mengikuti sebuah perguruan tinggi dengan staf serta mahasiswa yang eksentrik. Melalui sitcom ini, Anda akan melihat kesulitan awal yang dialami oleh Jeff. Namun, seiring waktu, ia mampu menyesuaikan diri di dalamnya dan memahami para staf dan mahasiswa yang sebelumnya ia anggap aneh itu. Momen-momen humoris hadir melalui keseharian para warga perguruan tinggi, membuatnya sangat relate dengan kehidupan nyata. 
 
Tontonan yang terdiri dari enam musim ini menghadirkan berbagai aktor dan aktris bertalenta, seperti Alison Brie, Gillian Jacobs, Donald Glover, Danny Pudi, dan berbagai bintang lainnya. 
 
10. Will & Grace

 

Will & Grace beriksah mengenai dua sosok yang merasa putus asa akan kehidupan percintaan mereka. Setelah rumah tangganya tidak berhasil, Grace (Debra Messing) diperbolehkan untuk tinggal sementara di apartemen Will (Eric McCormack), yaitu seorang pengacara gay. Mereka pun bersama-sama mencoba mencari pasangan yang tepat, tentunya dengan bantuan kedua temannya, yaitu Karen (Megan Mullally) dan Jack (Sean Hayes). 
 
Tak hanya terhibur, banyak penonton yang juga mengaku diberikan banyak pelajaran melalui sitcom yang satu ini. Nyatanya, tayangan tersebut juga menyajikan kisah mengenai pertemanan serta kehidupan yang dapat memberikan Anda wawasan berharga. 
 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Courtesy of IMDb dan Netflix)