Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Bentuk Investasi yang Menjanjikan Demi Wujudkan Masa Depan Cerah

Mulailah berinvestasi demi menciptakan finansial yang stabil di masa mendatang.

7 Bentuk Investasi yang Menjanjikan Demi Wujudkan Masa Depan Cerah
Foto: Dmytro [email protected]

Dalam dunia yang terus berkembang ini, rasanya, tidak ada kata ‘telat’ bagi Anda untuk mencoba hal-hal baru. Dari berbagai macam hal yang dapat merepresentasikannya, nampaknya investasi adalah contoh yang tepat. Terlebih dengan kondisi pandemi seperti saat ini, di mana Anda perlu menuangkan banyak perhatian terhadanya demi menciptakan finansial yang stabil di masa mendatang. 
 
Hingga saat ini, dunia investasi menyuguhkan berbagai opsi untuk Anda coba dan ikuti. Berbagai perusahaan investasi pun terus berusaha secara maksimal dalam memberikan Anda kenyamanan dalam menekuninya. Di antara banyaknya pilihan investasi yang tersedia, terdapat beberapa bentuk darinya yang dapat dikatakan menjanjikan, khususnya di Indonesia.

Meskipun begitu, ketekunan dan kecermatan tetap Anda perlukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Perlu diingat juga bahwa, pada umumnya, tingkat risiko yang dimiliki oleh sebuah bentuk investasi mencerminkan tingkat bunganya. Semakin tinggi risiko kegagalan atau kerugian, semakin tinggi pula bunganya, begitu pula sebaliknya. 
 
Berikut adalah tujuh pilihan atau bentuk investasi yang dapat Anda coba.
 
1. Emas
 
Investasi emas terkenal akan keamanan dan keuntungannya. Oleh karena itu, opsi yang satu ini cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Tiap tahunnya, pergerakan nilai emas cenderung stabil, menjadikan kemungkinannya sangat kecil untuk Anda mengalami kerugian. Selain itu, pada umumnya, investasi dengan bentuk atau fisik yang nyata, seperti emas, cocok untuk Anda pilih dalam keadaan ekonomi yang terus fluktuatif seperti saat ini. 
 
Kemudahannya untuk dijual pun memberikan nilai tambah dalam bentuk investasi yang satu ini. Jika ingin memaksimalan keuntungan, pilihlah emas batangan karena kualitas fisiknya yang akan tahan lebih lama, dibandingkan emas dalam bentuk perhiasan. Saat ini, transaksi jual beli emas sudah tersedia secara online, membuat Anda lebih mudah untuk bertransaksi. 
 
2. Saham
 
Saham dapat dikatakan sebagai bentuk investasi yang paling umum dan marak dicoba oleh banyak orang. Kepemilikan saham menandakan bahwa Anda telah menjadi bagian dalam penyertaan modal atas suatu perusahaan. Opsi investasi dalam hitungan lot ini memang dapat memberikan Anda banyak keuntungan, namun Anda perlu tekun dalam mengelolanya. Kecermatan pun diperlukan dalam menimbang berbagai keputusan agar mampu menghasilkan keuntungan yang maksimal. 
 
Sebelum memutuskan saham perusahaan apa yang ingin Anda beli, pastikan bahwa perusahaan tersebut menjanjikan. Hal tersebut dapat Anda lihat dan ketahui dari fluktuasi harga saham sebelum-sebelumnya atau biasa disebut dengan track record.

Bagi Anda para pemula, akan lebih baik dan aman jika Anda berinvestasi pada saham perusahaan yang cenderung stabil. Selain itu, sudah banyak aplikasi investasi saham yang memberikan penjelasan komprehensif dan panduan mengenai cara melakukannya sehingga Anda terhindar dari kerugian besar. 
 
3. Properti
 
Opsi yang satu ini dapat dikatakan sebagai bentuk investasi yang mampu memberikan Anda berbagai macam keuntungan. Selain karena harganya yang akan terus meningkat tiap tahunnya, karena semakin terbatasnya lahan, investasi properti dapat dilakukan untuk berbagai macam motif dan tujuan.

Salah satu bentuk investasi properti adalah dengan membeli tanah atau rumah dan menjualnya ketika diperlukan atau harga jual yang sedang melambung tinggi. Selain itu, nyatanya, dengan membeli sebuah tanah atau rumah untuk Anda tinggali, secara tidak langsung Anda telah berinvestasi, ketika rumah tersebut nantinya Anda jual. Selain itu, penyewaan juga dapat dijadikan pilihan yang menguntungkan. 
 
4. Reksa Dana

Sama seperti saham, sudah tersedia banyak aplikasi reksa dana yang dapat Anda coba, mulai dari yang ramah bagi pemula hingga yang advanced. Jenis investasi yang satu ini pun erat kaitannya dengan manajer investasi, di mana pihak yang memiliki titel tersebut berperan mengelola aset investasi Anda. Setelah menentukan nominal yang diinginkan, merekalah yang menentukan dan mengatur pos-pos dari investasi tersebut. 
 
Namun, perlu diketahui bahwa berinvestasi dalam bentuk reksa dana juga memerlukan pengetahuan yang mencukupi, baik itu dari segi pemahaman akan sang investasi maupun berbagai risiko yang dapat dihadapi. Oleh karena itu, cukupkanlah bekal Anda sebelum terjun dalam dunia investasi yang satu ini. 
 
5. Surat Berharga Negara (SBN)
 
Sebagai investasi yang resmi diterbitkan oleh pemerintah, keamanan dari jenis investasi ini tak perlu diragukan. Bentuk dari Surat Berharga Negara (SBN) adalah surat hutang milik negara, sehingga dengan membeli SBN, Anda seakan meminjamkan modal untuk pembangunan negara. Jika sudah masuk waktu jatuh tempo, modal yang Anda berikan akan dikembalikan, beserta bunga yang dihasilkan.

Selain menunggu waktu jatuh tempo, Anda pun bisa menjualnya ke investor lain, namun dengan ketentuan yang berlaku. Walaupun modal yang dibutuhkan lebih tinggi dari opsi-opsi investasi lainnya, bunga yang didapat akan sebanding dengan nominal yang Anda keluarkan. 
 
6. Deposito 
 
Bagi Anda yang mengutamakan keamanan dibandingkan dengan keuntungan, deposito adalah pilihan yang paling tepat. Jika SBN dikeluarkan oleh negara, deposito dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), membuatnya sangat terjamin. Terlebih, investasi deposito akan diawasi secara ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Namun, Anda tidak dapat mengharapkan keuntungan atau bunga yang besar dari jenis investasi ini. Bunga yang didapat akan disesuaikan dengan BI rate yang berlaku, di mana pada umumnya tidak mencapai lebih dari 7% per tahunnya. 
 
7. Peer To Peer (P2P) Lending
 
P2p lending adalah contoh bentuk investasi yang sedang ‘naik daun’ seiring dengan berkembangnya platform atau aplikasi digital. Dengan berkecimpung dalam investasi berikut, Anda akan berhubungan secara langsung dengan sang peminjam dana. Jika Anda ingin bertemu dengan pihak yang sesuai dengan modal yang dimiliki, Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi digital p2p lending. Pada umumnya, aplikasi tersebut dapat membantu mencarikan Anda peminjam dana yang sesuai dengan kemampuan investasi Anda.
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: Dmytro [email protected]